Header Ads

Kenali Penyebab Kucing Kesayangan Anda Semakin Kurus dan Lemas

Kucing Kesayangan Semakin Kurus dan Lemas? Kenali, Kenali Ciri-ciri Kucing Sakit | Binatang Peliharaan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Kucing

Kenali Penyebab Kucing Kesayangan Anda Semakin Kurus dan Lemas - Tidak semua pecinta kucing suka atau senang melihat hewan peliharaannya nampak gemuk, dan ada pula yang suka atau senang dengan kucing peliharaannya karena mempunyai tubuh yang lebih langsing. Tetapi perlu anda ketahui jika berat tubuh kucing berkurang secara drastis dan disertai dengan suatu kondisi lemas, para pecinta perlu waspada.

Tubuh si kucing lambat laun akan semakin kurus dan lemas, bisa jadi itu adalah gejala dari awal terkena penyakit. Untuk itu, ahliperawatan.blogspot.com akan membahas mengenai apa saja yang membuat peliharaan anda mengalami penurunan berat badan dan mengalami lemas. Simak saja informasi selengkapnya dibawah ini:

Cara Mengatasi dan Penyebab Kucing Semakin Kurus dan Lemas

Gejala awal terkena penyakit
Hal yang paling logis jika kucing kesayangan anda mempunyai tubuh kurus dan tidak normal serta lemas karena terjangkit penyakit. Menurut sumber informasi sukakucing.com bahwa selain 2 gejala di atas, coba anda perhatikan kembali kucing peliharaan anda, apakah ia sering tidur atau tidak? Kemudian pada kotorannya juga apakah ia mencret atau tidak? Jika hal tersebut telah dialami oleh si kucing peliharaan anda, maka bisa dipastikan ia terkena penyakit.

Jika gejala-gejala tersebut dibiarkan saja oleh para pecinta kucing, maka akan berdampak buruk pada kesehatan kucing. Selain tubuh si kucing menjadi kurus, dehidrasi lemas dan bahkan bisa memperburuk kondisinya. untuk itu, para pecinta kucing harus memberikan perawatan khusus kepada hewan peliharaan anda supaya sehat kembali dan bisa diajak bermain.

Tidak mau makan
Faktor penyebab lain yang membuat tubuh si kucing jadi kurus dan lemas yaitu nafsu makan yang berkurang atau bahkan tidak mau makan. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh si kucing, selain kurus dan lemas, daya tahan tubuhnya pun akan menurun sehingga mudah terkena penyakit. Ketahui dahulu apa penyebab dari kucing tidak mau makan? Apakah memang sedang sakit atau ia bosan dengan menu makanan yang selama ini anda berikan.

Jika keluhan para pecinta kucing ini karena nafsu makan si kucing berkurang, maka cobalah untuk mengganti menu makanannya dengan variasi yang baru seperti mencampurkan menu makanan basah atau juga makanan kaleng dan makanan kering khusus untuk kucing. Menu makanan kaleng atau basah bisa menggoda selera makan si kucing ketimbang dengan makanan kering, sebab mengeluarkan aroma bau yang lebih dekat.

Cara lainnya ialah dengan menambahkan vitamin khusus untuk kucing. Hal ini dilakukan supaya nafsu makan si kucing bertambah dan tentunya akan membuat tubuhnya tidak merasa lemas dan juga menambah asupan gizi bagi hewan peliharaan anda.

Terjangkit cacing
Cobalah perhatikan kucing kesayangan anda, apakah dia nafsu makannya masih banyak dan juga teratur atau tidak? Jika tidak ada masalah dengan pola makannya, namun tubuhnya tampak kurusan dan disertai lemas, maka bisa jadi kucing terjangkit cacing. Ciri-ciri kucing cacingan dapat diketahui dari tubuhnya yang semakin kurus, lemas dan lebih suka menyendiri serta perutnya yang nampak buncit dan juga sering minum air putih.

Jika ciri-cirinya terlihat seperti itu, maka segeralah anda melakukan suatu penanganan ekstra dan juga memberinya obat yang bisa anda dapatkan di petshop-petshop terdekat anda.

Setelah anda mengetahui faktor penyebabnya, maka para pecinta kucing harus melakukan sebuah pencegahan dan juga mengatasinya dengan cepat. Jika para pecinta kucing ragu untuk menanganinya sendiri, maka sebaiknya bawa si kucing ke dokter hewan supaya diperiksa lebih lanjut lagi apakah si kucing memang terkena penyakit ataukah hanya sekedar bosan dengan menu makanan-makanan itu saja.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pecinta kucing dirumah supaya kucingnya menjadi lebih gemuk yaitu dengan memberikan menu raw food atau menu makanan yang mengandung protein tinggi, misalnya seperti ikan tuna, ayam atau minyak zaitun. Selain menambah variasi pada menu makanannya, perhatikan juga pada kandang si kucing yang selama ini digunakan. Bersihkan kandang secara berkala supaya bebas dari kuman penyakit.

Mungkin dengan Kenali Penyebab Kucing Kesayangan Anda Semakin Kurus dan Lemas tersebut bisa menjadi sebuah pelajaran yang besar khususnya bagi para pecinta kucing didunia. Jika ada yang mempunyai masalah seperti di atas, sebaiknya cobalah beberapa tips yang telah tertera di atas tersebut. Terima kasih banyak dan semoga berhasil...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.