Header Ads

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare

Kucing Mencret atau Diare? Nih, Penyebab dan Cara Mengatasi, Solusi mengatasi kucing sakit diare ( mencret ), P3K Diare pada Kucing

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare - Bagi para pecinta kucing tentunya ingin binatang peliharaannya terbebas dari berbagai macam jenis penyakit ataupun virus supaya tetap sehat dan lucu. Salah satu jenis penyakit yang cukup membuat para pecinta atau pemilik kucing khawatir ialah mencret dan diare.

Ciri-ciri kucing terkena penyakit mencret atau diare yaitu adanya gangguan yang terjadi dibagian saluran cerna atau usus yang ditandai dengan adanya perubahan pada tinja kucing yang lebih encer dan meningkatkan frekuensi BAB yang berlebih pada si kucing.

Jika kucing kesayangan anda telah terkena penyakit tersebut, hal yang pertama harus diketahui ialah penyebab kenapa si kucing bisa terkena diare atau mencret. Biasanya penyakit tersebut terjadi karena infeksi virus yang menyerang kucing yaitu adenovirus dan juga rotavirus. Jika penyakit tersebut berlangsung lama maka bisa dikatakan diare akut, dan hal tersebut terjadi karena alergi makanan, malabsorsi dan bahkan pemberian obat yang berlebihan.

Selain terkena infeksi yang disebabkan oleh virus, ternyata ada beberapa menu makanan yang menjadi penyebab kucing terkena diare atau mencret. Salah satu cara menangani kucing tidak mau makan ialah dengan mengganti menu makannya yang biasa anda berikan tiap hari. Namun harus berhati-hati jika salah pilih maka akan berdampak buruk pada kesehatan si kucing peliharaan anda. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi dan mengobati kucing mencret dan diare, ketahui dahulu beberapa makanan yang memicu gangguan pencernaan si kucing dari ahliperawatan.blogspot.com.

Kumpulan Makanan Penyebab Kucing Kesayangan Mencret atau Diare

Sayuran yang belum di cuci dengan bersih
Menurut sumber informasi dari sukakucing.com bahwa variasi menu makanan kucing yyang bisa anda pilih adalah sayu-sayuran, tetapi perhatikan dahulu kebersihannya. Jika sayuran maupun buah-buahan tersebut tidak di cuci bersih maka akan menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan si kucing yang disebabkan oleh bakteri maupun parasit didalamnya. Sebelum anda berikan pada kucing kesayangan anda, cucilah terlebih dahulu dan kemudian kukus supaya tekstur lebih empuk dan juga mudah untuk dimakan.

Pemilihan produk susu yang sembarangan
Kucing yang minum produk susu dari merk sembarangan bisa menjadi pemicu diare, sebab pada dasarnya hewan menggemaskan ini tidak bisa mencerna laktosa. Maksudnya ialah sebagian besar susu itu mengandung laktosa yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh si kucing. Menu makanan lain yang juga mengandung laktosa ialah susu, keju, es krim dan juga yogurt.

Makanan sisa
Jangan biarkan si kucing kesayangan anda dibiarkan saja keluar rumah, karena hal ini akan membuat si kucing memakan makanan sisa atau juga makanan yang ada di tempat sampah ketika kucing lapar. Hal ini bisa menjadi pemicu terganggunya saluran pencernaan si kucing dan juga membuat si kucing mencret ataupun diare.

Minuman air yang tidak higienis
Salah satu penyebab kucing mencret ialah minum air sembarangan. Hal ini disebabkan kucing terlalu bebas keluar masuk rumah serta tidak begitu diperhatikan dengan baik dan benar apakah si kucing meminum air higienis ataukah tidak. Selain itu juga kucing bisa diare, minum air sembarangan bisa menyebabkan keracunan. Untuk itu, lebih baik anda batasi area kucing anda, dan jangan biarkan kucing keluar rumah supaya kesehatannya bisa terjaga.

Pemilihan produk susu yang tidak tepat
Salah satu kondisi tubuh yang dimiliki si kucing ialah tidak bisa mencerna laktosa, karena itu kucing tidak bisa mencerna produk susu. Untuk itu, jangan sampai anda memberikan produk susu seperti krim, yogurt, susu, keju dan juga es krim. Daripada anda memberikan susu ataupun makanan olahan susu yang lainnya, lebih baik anda memberikan air putih saja.

Sebenarnya sih ada beberapa jenis minuman dan makanan yang berbahaya bagi kucing. Maka dari itu, para pecinta kucing harus selalu memperhatikan kucing peliharaannya dirumah supaya tidak mengkonsumsi makanan yang bisa membuat kucing menjadi sakit.

Umumnya, jika kucing kesayangan anda terkena mencret atau diare, nafsu makannya akan berkurang serta tidak seperti biasanya. Anda bisa mensiasatinya dengan cara memberikan makanan secara rutin, tetapi porsi yang sedikit. Jika si kucing sudah mengalami mencret sampai 1 minggu maka bisa dikatakan diare akut.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kucing yang terkena mencret dan diare?

Tips Mengatasi Kucing Terkena Mencret atau Diare

Memberi cairan oralit khusus hewan
Sebenarnya sih ada beberapa cara ampuh mengatasi kucing mencret atau diare yakni memberi kucing oralit khusus kucing supaya tidak makin parah. Oralit tersebut biasanya dijual dijual di petshop terdekat anda. Terkadang juga ada saran yang menganjurkan untuk memberikan obat adsorben seperti kaolin.

Obat tersebut sebenarnya berfungsi sekedar meredakan dehidrasi dan tidak menghentikan buang air besar secara berlebihan. Tips lainnya ialah dengan selalu menjaga kebersihan si kucing  dan kandangnya supaya tidak terkena lagi, dan juga mencegah penyebaran penyakit tersebut ke kucing lainnya.

Memberi multivitamin
Tidak hanya manusia saja, kucing pun juga bisa diberi multivitamin untuk menjaga ketahanan tubuhnya dari berbagai macam penyakit. Para pecinta kucing bisa membeli vitamin di toko-toko hewan terdekat anda. Selain menjaga kesehatan tubuhnya, multivitamin khusus kucing tersebut juga bisa membantu melawan virus yang menyebabkan mencret atau diare pada si kucing.

Memberi makan tempe
Pertolongan lainnya yang bisa anda lakukan untuk si kucing yang mencret ialah memberikannya tempe. Salah satu menu makanan manusia ini mempunyai manfaat yang ampuh untuk mengatasi kucinga diare. Jika dirumah para pecinta kucing terdapat tempe, masak dahulu supaya kucing mau memakannya.

Para pecinta kucing bisa memberi multivitamin dan juga nutrisi khusus hewan yang bisa dibeli di petshop terdekat anda supaya tubuh si kucing tidak lemas karena banyak mengeluarkan kotoran berlebih. Cobalah anda memberi obat cacing khusus untuk kucing jika obat adsorben tidak berhasil menangani permasalahan anda. Bisa saja, si kucing mencret karena cacingan.

Coba mengganti makanan yang diberikan
Mengganti menu makanan kucing bisa menjadi opsi lain yang bisa para pecinta kucing lakukan. Jika penyebab kucing mencret karena pergantian menu makannya, maka jangan langsung menggantinya. Lakukanlah secara bertahap sedikit demi sedikit supaya kucing terbiasa.

Sementara tidak diberi makan atau mempuasakan kucing
Hal ini bertujuan supaya bisa menetralisir pencernaan pada si kucing yang terkena mencret maupun diare. Namun, jangan biarkan si kucing tidak makan begitu lama, itu justru malah berdampak buruk pada kesehatan si kucing. Jika kucing dewasa yang terjangkit oleh penyakit itu, durasi untuk tidak diberi makannya kurang lebih satu hari atau bahkan 24 jam dengan memberi air putih. Sedangkan untuk anak kucing cukup 12 jam saja atau setengah hari.

Menjaga kebersihan kandang
Jika kucing terkena penyakit mencret atau diare, maka cobalah untuk menjaga kebersihan kandangnya semaksimal mungkin. Jika kotoran si kucing tidak segera anda bersihkan maka akan membuat kondisi kucing lebih tidak sehat serta memperparah penyakitnya.

Tetapi jika kucing mencret atau diare dan disertai darah, BAB yang berlebih dengan warna pucat, dehidrasi berat, lemas lebih dari satu minggu, maka segeralah bawa si kucing ke dokter hewan.

Itulah pembahasan perihal Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Mencret atau Diare tersebut. Mudah-mudahan saja anda setelah menyimak ulasan yang tertera di atas bisa memberikan pelajaran penting dalam menjaga dan mengatasi masalah pada kucing kesayangan anda dirumah. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.