Header Ads

Cara Mengobati Cakaran Kucing Agar tidak Infeksi

6 Cara Mengobati Cakaran Kucing Agar Tidak Infeksi, Related For Cara Mengobati Luka Jika Terkena Cakaran Kuku, 5 Cara untuk Mengatasi Cakaran Kucing

6 Cara Mengobati Cakaran Kucing Supaya Tidak Infeksi - Kucing anda bisa menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling lembut didunia, akan tetapi tetap saja bisa secara tiba-tiba berubah menjadi agresif dan mencakar saat anda bermain dengannya. Sebenarnya, cakaran kucing tersebut hanya merupakan luka ringan yang sedikit meninggalkan bekas goresan sakit dan darah. Meskipun demikian, luka cakaran kucing yang tidak diobati secara berhati-hati akan berpotensi menimbulkan lebih banyak lagi masalah lho.

Lalu, bagaimana sih cara menghadapinya?

Tim ahliperawatan.blogspot.com telah menyiapkan beberapa cara yang perlu anda lakukan sebagai cara mengatasi cakaran kucing supaya tidak semakin parah. Jika anda penasaran, langsung saja simak informasi selengkapnya dibawah ini:

Cara Menangani Cakaran Kucing Agar Tidak Infeksi

Identifikasi kesehatan si kucing yang mencakar anda secara lengkap
Menurut penjelasan dari sukakucing.com bahwa hal yang harus dilakukan sebelum anda mengetahui cara mengobati cakaran kucing tersebut dengan pasti ialah mengetahui informasi terlebih dahulu tentang latar belakang si kucing. Jika kucing tersebut merupakan milik pribadi atau teman dekat anda, maka bisa dipastikan si kucing merupakan kucing rumahan yang mungkin dirawat dengan begitu baik, sehingga meminimalkan kemungkinan terkena infeksi. Jika anda telah tercakar oleh kucing liar, maka sebaiknya anda tingkatkan kewaspadaan.

Perhatikan luka yang didapatkan
Tingkat keparahan cakaran dari kucing tentunya sangat menentukan treatment luka yang bisa anda ambil. Perhatikan luka cakaran yang anda derita, jika hanya terkena lapisan luar kulit saja, maka luka cakaran tersebut tergolong ringan dan mungkin tidak beresiko infkesi, akan tetapi berhati-hatilah anda jika luka yang dialami cukup dalam, sehingga mungkin bisa menjangkau lapisan kulit lainnya.

Bersihkan luka cakaran
Cara mengobati cakaran kucing ialah dengan cara membersihkannya terlebih dahulu dengan menggunakan air yang mengalir selama beberapa menit saja. Anda bisa membersihkan luka cakaran tersebut dengan menambahkan sabun sebagai pembunuh bakteri yang berada didalamnya. Jika anda merasa luka cakaran cukup dalam, anda bisa membersihkan luka cakaran dengan menggunakan alkohol ataupun antiseptik lainnya.

Oleskan madu
Madu itu telah lama digunakan sebagai zat untuk membantu dalam menyembuhkan luka. Madu sendiri mempunyai zat antibiotik natural yang bisa mencegah timbulnya jamur dan juga peradang. Madu juga bisa membuat kulit yang terluka tetap dalam keadaan yang lembap tanpa membuat luka tersebut semakin parah. Kandungan yang berada dalam madu ini juga bisa mencegah timbulnya bakteri-bakteri yang mungkin bisa memperparah kondisi luka. Anda hanya perlu menggunakan madu asli, dan mengoleskan secukupnya dibagian luka bekas cakaran tersebut.

Gunakan baking soda
Beberapa luka cakaran kucing bisa menimbulkan gatal-gatal yang luar biasa mengganggu. Sebenarnya hal ini adalah sesuatu yang sangat baik karena gatal-gatal dikulit merupakan sebuah tanda bahwa tubuh sedang melakukan suatu perlawanan untuk menyembuhkan diri. Anda yang tak tahan dengan rasa gatal-gatal tersebut yang ditimbulkan tak boleh menggaruknya sebab malah bisa menimbulkan infeksi. Ambillah baking soda atau juga sodium bicarbonate secukupnya saja, kemudian aplikasikan kebagian yang terasa gatal-gatal. Voila, gatal-gatal akan menghilang sehingga akan membuat anda lebih tenang.

Biarkan luka terbuka
Jangan menutup luka cakaran dengan perban saat setelah anda mendapatkan luka cakaran tersebut. Anda cukup hanya menjaga kebersihan area yang terlukanya saja, tetapi tetap anda membiarkannya terkena udara segar.

Lakukanlah beberapa cara mengobati cakaran kucing tersebut itu untuk membuat luka cakaran tidak semakin parah. Jika luka yang dialami tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, maka saatnya anda segera pergi ke dokter hewan untuk berkonsultasi lebih lanjut. Hal tersebut sangatlah penting dilakukan guna memastikan anda tidak berpotensi mengalami infeksi yang diakibatkan oleh cakaran kucing tersebut.

Dokter yang anda temui, biasanya ia akan melakukan suatu pemeriksaan umum terlebih dahulu dengan cara memeriksa tingkat keparahan luka cakaran tersebut. Selanjutnya, sang dokter kemungkinan akan memberi beberapa resep termasuk obat oles buat menangani luka cakaran kucing yang anda alami.

Kira-kira itulah perihal 6 Cara Mengobati Cakaran Kucing Supaya Tidak Infeksi tersebut. Jika anda memiliki kasus seperti yang telah dijelaskan diatas, maka sebaiknya anda ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas. Terima kasih dan semoga berhasil...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.