Header Ads

Cara Membantu Kucing Kesayangan Melahirkan

Membantu Kucing Kesayangan Melahirkan? Kenapa Tidak!. 3 Cara untuk Membantu Kucing Melahirkan, Cara Menangani Kucing Melahirkan

Bantu Kucing Kesayangan Melahirkan - Sama halnya seperti manusia. Hewan kucing pun juga merupakan mahluk hidup yang bisa berkembang baik. Jika anda sedang mengurus atau merawat kucing dirumah sebagai peliharaan, dibutuhkan beberapa pengetahuan mengenai kucing kapan akan melahirkan anak-anaknya.

Kucing mengandung biasanya antara 65 sampai 67 hari. Jika anda sudah mengetahui kucing peliharaan anda telah mengandung, bagi pecinta kucing harus menyiapkan serta membantu kucing melahirkan anaknya supaya tidak mengotori kandang ataupun tempat dirumah anda. Untuk itu, disini ahliperawatan.blogspot.com akan memberitahukan beberapa cara membantu kucing melahirkan. Simak informasinya dibawah ini:

Tips Membantu Kucing Melahirkan Anak-anaknya

Siapkan persalinan
Hal yang pertama perlu anda perhatikan ialah tanda-tanda kehamilan si kucing. Jika anda sudah mengetahui bahwa kucing sedang mengandung, maka bawalah ke dokter hewan untuk dilakukan suatu pemeriksan. Jika si kucing sedang hamil memasuki masa kehamilan 42 hari, tentunya nutrisi sangat dibutuhkan karena untuk menjaga perkembangan janin dan juga kucing hamil supaya mendapatkan asupan gizi yang tepat.

Sebelum anda membantu kucing melahirkan, anda jugaharus membuatkan sarang khusus untuknya. Sebab kucing membutuhkan ketenangan, kehangatan dan juga tempat yang aman ketika ia melahirkan anaknya. Biasanya kucing hamil yang akan melahirkan akan mencari tempat yang cocok dan nyaman saat kehamilannya mendekati masa-masa melahirkan.

Jika kucing sudah memberikan tanda-tanda seperti itu, anda harus menyiapkan tempat khusus supaya kucing bisa melahirkan dengan aman dan juga nyaman. Selain kandang, anda harus memperhatikan juga mengenai asupan makan untuk si induk kucing supaya nafsu makannya tidak berkurang. Setelah itu, catatlah masa kehamilan pada kucing. Biasanya kucing hamil sampai 67 hari, jika lebih dari itu maka sebaiknya segera anda bawa ke dokter hewan supaya ditindak lebih lanjut lagi.

Mengatasi persalinan kucing sendiri
Seperti yang telah disebutkan oleh sukakucing.com bahwa sebelum mengatasinya, sebaiknya anda harus mengetahui dahulu tanda-tanda kucing mau melahirkan semakin dekat seperti berjalan terengah-engah, muntah-muntah, gelisah sembari mencari tempat bersembunyi, mendengkur cukup keras, sibuk membersihkan diri tidak terkecuali dibagian saluran kucing.

Setelah mengetahu tanda-tanda tersebut, anda tidak perlu panik dan anda tetap tenang. Langkah yang pertama yang perlu anda lakukan ialah menyiapkan beberapa alat-alat pembantu melahirkan yaitu gunting, handuk, stering, tali benang plastik, alkohol dan juga alat penghisap air ketuban.

Setelah semua alat-alat tersebut sudah disiapkan. Pertama-tama lakukanlah elusan sayang pada si kucing dengan lemah lembut supaya memberikan efek rileks. Kelahiran normal pada kucing kampung biasanya merobek plasenta pada anaknya serta menjilati air ketuban. Hal ini dilakukan induk supaya bulu anaknya jadi bersih dan juga cepat mengering. Setelah itu, induk kucing menggigit tali pusar serta ari-ari anaknya. Insting alami pada kucing kampung sangat baik dan berbeda dengan ras kucing lainnya.

Informasi di atas diperkuat karena adanya campur tangan dari manusia, sehingga insting si kucing ras tidak sebaik kucing kampung. Proses melahirkanmemerlukan waktu selama 15-30 menit saja sampai anak-anaknya keluar semua dari rahim indukannya.

Jika proses melahirkan tersebut telah selesai, sebaiknya bersihkan dahulu indukan kucing dibagian puting susunya. Kemudian pangkal tali pusar diikat dengan benang nilon dan setelah itu anda potong tali pusar si anak kucing tersebut. Dan lakukan hal ini sebanyak anak kucing yang ia dilahirkan. Setelah itu, proses yang selanjutnya ialah mengeringkan cairan di tubuhnya. Lalu gosoklah secara perlahan-lahan dan juga hati-hati supaya tidak menyakiti anak kucing yang baru lahir.

Nah, untuk tahap selanjutnya ialah menaruh induk dan juga anak-anak kucing ke tempat yang berbeda selama satu minggu. Pada minggu berikutnya, anda taruh induk kucing dan juga anak-anak kucing kedalam kandang yang sama supaya bisa memberi asi alami.

Nah, kini anda sudah mengetahui tentang Bantu Kucing Kesayangan Melahirkan dirumah. Mudah-mudahan dengan adanya informasi ini untuk para pecinta kucing bisa mengetahui membantu dan cara mengatasi kucing yang sedang hamil hingga melahirkan. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.