Header Ads

4 Cara mudah Memandikan Ayam Bangkok dengan Baik dan Benar

Cara memandikan dan manfaat menjemur ayam aduan, Cara Mengairi Memandikan Ayam Bangkok Sebelum Bertarung, Cara yang Benar Mengairi/Memandikan Ayam Aduan

Cara Memandikan Ayam Bangkok - Memandikan ayam bangkok mempunyai teknik yang khusus, tidak sembarangan asal menyiramkan air pada ayam bangkok tersebut. Karena jika hal tersebut dilakukan, maka justru malah ayam bangkok tersebut menjadi tidak bersemangat lagi, sehingga performa ayam bangkok akan menurun drastis. Hal ini tentu akan merugikan sekali bagi pemilik ayam bangkok, karena ayam bangkok biasanya digunakan untuk melakukan aksi adu ayam. Sehingga jika hanya karena kesalahan dalam memandikan ayam bangkok akan kalah bertarung, sang pemilik pun akan sangat merugi.

Untuk itu, karena memandikan ayam bangkok juga merupakan hal yang cukup penting, maka ahliperawatan.blogspot.com akan menjelaskan tahapan-tahapan apa saja dalam memandikan ayam bangkok yang baik dan benar.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah dengan cara menyediakan air yang bersih sekitar 20 liter saja untuk sekali mandi ayam bangkok. Kemudian sediakan beberapa alat-alat untuk membersihkan ayam bangkok tersebut, misalnya saja seperti spon atau juga kain pembasuh yang lembut. Untuk bahan-bahan pembersihnya bisa menggunakan gula merah, bawang putih, asam jawa dan kunyit. Telur ayam kampung pun juga bisa anda gunakan lho. Dan yang terpenting ialah jangan melupakan kurungan ayam.

Inilah 4 Cara mudah Memandikan Ayam Bangkok

1. Bersihkan tenggorokan ayam
Sesuai apa yang telah diperbincangkan oleh blogayambangkok.blogspot.co.id yang mengatakan bahwa sebelum ayam bangkok dimandikan dengan air bersih, maka bersihkan terlebih dahulu tenggorokan ayam bangkok dengan bulu yang halus atau juga menggunakan kain pembasuh yang masih kering. Kemudian beri makan dan minuman kepada ayam bangkok tersebut.

2. Basuh bulu-bulu ayam
Setelah ayam diberi makan, maka basuhlah bulu-bulu ayam tersebut dengan cara menggunakan spon atau kain pembersih yang sudah anda basahi dengan air secara merata. Utamakan dibagian kepala, paruh sampai dagu ayam bersih.

3. Mandikan ayam
Memandikan ayam bangkok bisa dilakukan dengan cara menyiram ayam bangkok tersebut dengan menggunakan air yang sudah dipersiapkan secara bertahap dan juga berhati-hati. Jangan sampai ayam bangkok kaget dan meronta-ronta. Kemudian anda bersihkan dibagian bulu-bulu ayam tersebut sampai ke sela-selanya dengan menggunakan kain pembersih maupun spon. Tidak perlu menggunakan sabun, apabila si ayam sudah nampak bersih, dan bilas dengan air bersih secara hati-hati.

4. Keringkan bulu-bulu ayam
Setelah anda selesai memandikan ayam bangkok tersebut, maka keringkan bulu ayam dengan mengelapnya menggunakan kain bersih yang masih kering. Kemudian letakkan didalam kurungan diruang yang terbuka, ya sekiranya ruangan yang terkena paparan sinar matahari agar ayam bangkok berjemur selama beberapa saat saja.

Itu saja yang dapat kami sampaikan perihal Cara Memandikan Ayam Bangkok tersebut. Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan saja anda yang memiliki peliharaan ayam bangkok atau ternak ayam bangkok bisa lebih menjaga serta merawat peliharaan kesayangan anda. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.