Header Ads

Tips Membesarkan Ikan Gabus Di Dalam Kolam

10 Cara Lengkap Budidaya Ikan Gabus - Seputarikan.Com, 1000 Cara Lengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal, Membesarkan Ikan Gabus Dalam Kolam - Penyedia Bibit
Membesarkan Ikan Gabus Di Dalam Kolam

Cara Membesarkan Ikan Gabus Di Dalam Kolam - Didaerah yang sesuai sama tempat hidupnya atau habitatnya, ikan ini tumbuh subur, baik di perairan yang umum atau juga di kolam-kolam tempat peliharaan. Ikan gabus ini tumbuh subur di setiap genangan air, rawa, selokan rumah dan lainnya. Tentunya akan sangat lebih baik lagi jika ikan ini sengaja kita budidayakan. memelihara serta membudidayakan ikan tersebut sangatlah mudah dan tak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar. Jika dipelihara oleh kita dengan baik, maka hasilnya pun juga akan melimpah jika dibandingkan dengan ikan yang dibiarkan begitu saja dalam artian tumbuh dengan secara alami tanpa adanya campur tangan kita manusia.

Penyiapan Kolam
- Kolam ikan gabus yang bagus sebaiknya direkayasa sedemikian rupa supaya kolam tersebut memiliki pintu pemasukan serta pembuangan air dan juga kemaliran di dasar kolamnya. Sebelum anda isi air kolam tersebut, kolam harus diberi dahulu pupuk supaya bisa merangsang pada pertumbuhan atau munculnya plankton yang tumbuh didalam air serta organisme yang lainnya bisa dijadikan sebagai bahan makanan alami buat ikan. Pupuk yang bisa anda berikan ialah pupuk hijau maupun pupuk kandang.

Pupuk Kandang
- Pupuk kandang merupakan pupuk yang asalnya dari kotoran binatang atau hewan. Penadaan pupuk ini pastinya tak membutuhkan biaya yang sangat besar, soalnya kita tak bisa mendapatkannya di peternakan manapun. Cara pemberian pupuknya ialah dengan menebarkan pupuk dengan secara merata ke dasar kolam tentunya yang masih kering, kemudian isilah kolam tersebut dengan air hingga setengah penuh agar pupuk tadi terendam air dan biarkanlah selama beberapa hari saja.

- Setelah beberapa hari, di dalam kolam tersebut akan tumbuh hewan plankton yang tumbuh banyak diperairan serta beberapa macam organisme-organisme lainnya. Dan untuk tahap selanjutnya isilah kembali kolam ikan tersebut dengan air sebanyak 1/2 hingga 3/4 bagian kolam ikan.

Pupuk Hijau
- Pupuk hijau ialah pupuk yang asalnya dari tanaman dan juga sisa makanan. Penebaran pupuk hijau ini sangat berbeda dengan penebaran pupuk kandang. Pupuk hijau tak perlu ditebarkan di kolam tempat pemeliharaan ikan gabus, namun pupuk hijau diletakan saja di bak tersendiri. Dan prosesnya ialah sebagai berikut :

1. Masukkan pupuk ini ke bak penampungan. Bak ini terletak diantara saluran pemasukan dan juga bak pemeliharaan ikan. Jadi, air yang akan masuk ke dalam bak pemeliharaan akan terlebih dahulu melalui bak penampungan.

2. Tutuplah saluran pada bak penampungan ikan dan juga bak pemeliharaan dengan rapat agar ikan tak keluar dari kolam pemeliharaan.

3. Bukalah saluran dari pemasukan air yang mengalir ke bak penampungan. Dengan begitu air akan memenuhi pada bak penampungan tersebut dan juga pupuk hijau ini akan terendam air dengan sendirinya. Maka terjadilah sebuah proses pembusukan dan pada akhirnya tumbuhlah plankton dan juga tumbuh-tumbuhan air.

Penebaran Ikan
- Setelah dilakukan pemupukan serta kolam dibiarkan beberapa hari, maka setelah itu kita siapkan benih ikan gabus tersebut dan tebarkan ke dalam kolam. Untuk itu, terlebih dahulu kita harus bisa memindahkan benih ikan dari dalam kolam pemijahan dan ke tempat pembesaran.

- Penebaran benih ikan sebaiknya dilakukan saat pagi hari ketika menjelang matahari terbit. Sebelum benih ikan ditebarkan, terlebih dulu diadakan penyesuaian suhunya. Caranya ialah kantung yang sudah berisi benih ikan lalu dimasukkan ke kolam. Biarkan selama beberapa menit saja. Kemudian kantung ikan tersebut dibuka kembali dan biarkanlah air pada kolam masuk kedalam kantung ikan tadi, sehingga ikan-ikan akan dengan sendirinya masuk kedalam kolam pembesaran.

- Benih ikan yang sudah di masukkan kedalam air kolam sebaiknya diberi sebuah pakan yang komersial dan dengan kandungan protein yang cukup banyak seperti 23,13%. Pakan harus diberikan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu pagi dan juga sore, dan masing-masing pakan yang diberikan bertakaran 1,5% dari berat atau bobotnya benih ikan gabus. Biasanya benih ikan ini dari pemijahan mempunyai berat atau bobot rata-rata sebsar 80 gram/ekor. dan ukuran dari padat tebarnya sekitar 75 ekor dalam per-meter kubik. Hasil percobaan yang menunjukan bahwa dengan hanya memakai pakan yang komersial tersebut bisa memberikan sebuah hasil yang jauh lebih menguntungkan.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Membesarkan Ikan Gabus Di Dalam Kolam. Semoga bermanfaat buat anda dan nantikan informasi-informasi berikutnya yang tak kalah menarik dengan artikel ini.

Baca Artikel Lainnya :
Trik Cara Memancing Ikan Gabus
Cara Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal
Tips Membudidayakan Ikan Gabus, 5 Cara Langkah Mudah
Diberdayakan oleh Blogger.