Header Ads

Cara Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Gabus di Kolam Terpal - 1001Budidaya, Pembesaran Ikan Gabus di Kolam Terpal atau Kolam Semen, 10 Cara Lengkap Budidaya Ikan Gabus - Seputarikan.Com
Ternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Cara Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal - Ikan gabus merupakan salah satu ikan jenis yang dipakai buat keperluan konsumsi. Menurut penelitian, ikan gabus ini telah diketahui mempunyai kandungan protein albumin yang begitu tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk tubuh manusia, mengingat kandungan albumin ini salah satu dari bagian protein yang sangat penting. Dengan adanya kandungan nutrisi yang dipunyai oleh ikan gabus, dengan mengonsumsi ikan gabus yang secara rutin maka dipercaya bisa mengatasi berbagai jenis macam penyakit yang berbahaya seperti hepatitis, stroke maupun infeksi paru-paru.

Kandungan nutrisi tinggi pada ikan gabus juga sudah diyakini bisa memperbaiki kondisi pada gizi buruk yang seringkali terjadi kepada anak-anak, ibu hamil maupun bayi. Selain itu juga, ikan gabus bisa membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka. keyakinan terhadap khasiat dari ikan gabus ini diperkuat dengan adanya beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli. Namun sayangnya sampai saat ini budidaya pada ikan gabus ini masih belum sangat populer khususnya dikalangan masyarakat.

Peluang Bisnis Beternak Ikan Gabus
- Dengan kandungan nutrisi ikan ini yang sangat begitu baik, tentunya ikan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hanya saja untuk saat ini masyarakat masih banyak yang belum menyadari tentang hal tersebut, sehingga tingkat konsumsi pada ikan gabus ini masih kalah dengan konsumsi ikan-ikan jenis yang lainnya. Namun kebenaran dari khasiat ikan gabus sudah bisa dibuktikan dengan secara ilmu pengetahuan, sehingga sebenarnya nanti cepat atau lambat orang-orang (Masyarakat) akan bisa mengenal manfaat dari ikan ini. Mungkin inilah saatnya buat kita-kita untuk bisa mencoba usaha beternak ikan gabus.

- Selain khasiatnya yang cukup besar, masih ada beberapa faktor dukungan lainnya yang harus kita cermati dengan baik dalam mengembangkan usaha ternak ikan gabus. Faktor pendukungnya ialah bahwa ternyata merawat atau beternak ikan ini tak membutuhkan sebuah proses yang rumit. Cara beternak ikan ini umumnya memang sama saja seperti cara beternak ikan-ikan lainnya seperti lele misalnya. Kemudian faktor pendukung lainnya ialah belum banyaknya pesaing dikarenakan untuk saat ini ikan tersebut masih belum begitu diminati atau dilirik oleh para pengusaha ternak ikan konsumsi lainnya.

Panduan Membudidayakan Ternak Ikan Gabus Dalam Kolam Terpal
- Bagi anda yang sudah membaca dan tertarik serta ingin mencoba membudidayakan ikan gabus tersebut, berikut ini kita akan bahas bersama-sama mengenai cara teknik beternak ikan gabus. Untuk mengembangkan ikan gabus, ada beberapa macam jenis tempat atau wadah yang bisa anda pakai seperti tambak atau juga kolam. Namun kali ini kita akan membahas mengenai tempat kolam terpal, yang mana cara ini sudah digunakan oleh peternak-peternak ikan karena cara ini dinilai sangat lebih efisien dan juga ekonomis.

Tips Membudidayakan Ikan Gabus
- Tips yang bisa kita perhatikan cara membudidayakan ikan gabus dalam kolam terpal ialah yang pertama-tama buatlah kolam terpal ikan yang baik, aman dan juga terletak di tempat yang cukup ideal buat budidayakan ikan. Kemudian pelajarilah mengenai pengetahuan penting cara membudidayakan ikan gabus, baik mengenai panen tiba, sehingga hasil yang bakal kita dapatkan bisa maksimal. Selanjutnya pelajarilah bagaimana alur dari pemasaran yang bakal kita lakukan sehingga nanti kita tak kebingungan saat menyalurkan hasil panen nantinya.

Tips Membuat Wadah Kolam Ikan Terpal
- Kolam Terpal umumnya dibikin dengan bentuk persegi panjang serta ukurannya sangat beragam, itu tergantung berapa banyaknya bibit ikan yang bakal kita ternak didalamnya. Pembuatan kolam terpal sangat mudah dan bisa dilakukan seperti menggali tanah atau membuat kerangka diatas tanah. Biasanya kedalaman pada kolam terpal berukuran sekitar satu meter kedalaman. Buat kolam terpal yang diatas tanah, kita perlu membuat sebuah kerangka yang berbentuk persegi panjang tentunya harus yang kokoh, bahan-bahan material yang dipakai ialah beton, kayu atau juga besi. Dan untuk kolam yang didalam tanah, kita hanya cukup menggali tanah dengan ukuran sesuka hati.

- Setelah kerangka atau juga galian tanah kolam tersebut selesai dibuat, sebaiknya kita harus menyiapkan sebuah terpal yang ukurannya kira-kira menutupi galian tersebut. Terpal yang bakal kita pasangkan di galian tak bisa kita langsung pasang atau langsung dipakai untuk memelihara bibit ikan gabus tersebut, melainkan kita mesti terlebih dahulu untuk merendamkannya dengan air kurang lebih selama tiga hingga 4 hari. Untuk pemasangan terpal harus dilakukan dengan teknik menata terpal tersebut didalam galian tanah yang telah disiapkan terlebih dahulu, lali ikat pada bagian pinggir terpal tersebut dengan bahan yang sudah diperlukan kayak tali, kawat bendrat atau juga paku.

Cara Beternak Ikan Gabus
- Beternak ikan gabus sangatlah mudah, bisa mulai dilakukan untuk penyebaran bibt ikan yang sudah kita beli. Namun, sebelumnya untuk menebar bibit ikan ke dalam kolam, hendaknya anda atau kita biarkan dahulu air yang ada didalam kolam yang sudah dicampurkan dengan biodicon df selama satu minggu agar plankton tumbuh banyak didalam air tersebut. Setelah bibit kita tebarkan, kita sebaiknya untuk menunggu dahulu selama dua hari saja sebelum memberikan pakan buat pertama kalinya.

- Namun kita harus mengingat bahwa sebaiknya jangan pernah memberikan pakan ke ikan yang sedang stress. Selanjutnya kita tinggal untuk merawatnya hingga besar dan juga memberikan pakan secara rutin serta rajin-rajin membersihkan kolam terpal ikan secara rutin.

Demikianlah ulasan Cara Beternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat dan juga selamat mencobanya dirumah serta jangan pernah menyerah untuk mencoba usaha ternak sendiri. Terima kasih banyak.

Baca Artikel Lainnya :
Trik Cara Memancing Ikan Gabus
Cara memilih bibit ikan gabus super buat bisnis ternak
Tips Membudidayakan Ikan Gabus, 5 Cara Langkah Mudah
Diberdayakan oleh Blogger.