Header Ads

Teknik Khusus Cara Mencuci Hasil Panen Sarang Walet

Teknik Mencuci Hasil Panen Sarang Walet, Teknik Mencuci Hasil Panen Sarang Walet, Cara mencuci sarang walet

Teknik Cara Mencuci Hasil Panen Sarang Walet - Tidak hanya sekedar mengambil sarang walet saja yang memiliki teknik khusus, namun juga dalam hal mencuci sarang walet hasil panen memiliki cara tersendiri. Pencucian pada sarangg walet juga mempengaruhi baik dan buruknya sarang walet itu sendiri. Jika salah dalam hal mencuci sarang walet, maka resikonya ialah sarang walet akan menjadi buruk dan nilai harga jualnya pun juga akan menurun dan bahkan bisa sampai menurun drastis lho.

Sebenarnya, apa sih tujuan dari mencuci sarang walet tersebut?

Tujuannya tidak lain ialah agar sarang walet hasil panen tersebut bersih dari segala macam jenis kotoran-kotoran yang menempel pada sarang. Terkadang juga ada banyak kotoran-kotoran yang menempel di sarang walet lho. Dan untuk membersihkan kotoran tersebut dengan cara mencuci sarang walet hingga bersih.

Sebenarnya ada dua cara mencuci sarang walet tersebut, yakni dengan cara pencucian dengan skala kecil dan juga cara pencucian dengan skala besar. Namun, tim ahliperawatan.blogspot.com hanya akan membahas mengenai cara pencucian dengan skala kecil saja. Dan untuk mengetahui kedua cara pencucian tersebut, mari simak selengkapnya dibawah ini:

Teknik Pencucian Dengan Cara Skala Kecil

Seperti yang telah dipublikasikan oleh trikburung.com bahwa metode pencucian dengan skala kecil tersebut hanya digunakan untuk mencuci sarang walet dalam jumlah sedikit saja. Peralatan untuk mencuci sarang walet tersebut diantaranya ialah ember besar, kipas angin, cutter, handuk, sikat gigi, pinset, lampu, meja, saringan dan juga tong sampah.

Cara mencuci sarang walet dengan skala kecil
  1. Letakkan semua sarang-sarang walet tersebut kedalam ember besar yang berisikan air.
  2. Air yang digunakan ialah air hujan atau air dari mata air lainnya. Yang paling penting ialah airnya bersih dan tidak tercemar.
  3. Bersihkan sarang walet menggunakan sikat gigi.
  4. Setelah itu, sediakan ember lainnya yang juga berisikan air bersih.
  5. Masukkan kembali sarang walet yang telah anda sikat dan kemudian anda sikat kembali dengan menggunakan sikat gigi sampai benar-benar bersih.
  6. Karena hal tersebut belum bisa menjamin tingkat kebersihan dari sarang walet itu sendiri, jadi rendamlah lagi sarang waletnya didalam ember yang besar dan berisikan air bersih. Rendam, selama satu hari penuh.
  7. Setelah direndam selama satu hari penuh, lalu diangkat dan kemudian keringkan dengan menggunakan handuk yang sudah disediakan sebelumnya.
  8. Handuk yang digunakan harus berbahan halus. Sebab, bahan-bahan yang halus bisa membuat air mudah meresap.
  9. Setelah itu, bersihkan kembali sarang waletnya dari bulu-bulu yang tersisa menggunakan pinset.
  10. Supaya sarangnya benar-benar kering, maka keringkan kembali sarang walet tersebut menggunakan kipas angin.
  11. Setelah itu, baru sarang walet dikemas didalam wadah ataupun tempat.

Nah, sangat bermanfaat sekali Teknik Cara Mencuci Hasil Panen Sarang Walet tersebut bagi para pembudidaya-pembudidaya burung walet khususnya yang masih pemula. Semoga anda tertarik untuk mencoba melakukan cara-cara teknik di atas, silahkan saja! Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.