Header Ads

Pakan yang Paling Bagus Untuk Ternak Burung Walet

Pakan Paling Bagus Untuk Ternak Burung Walet, Berbagai Cara Membuat Jenis Pakan Burung Walet, Mendatangkan Burung Walet Menggunakan Pakan dan Air Sarang

Pakan yang Paling Bagus Untuk Ternak Burung Walet - Di alam bebas, burung walet biasanya mencari pakan didaerah pertanian. Kenapa di daerah pertanian? Sebab di daerah pertanian terdapat banyak sekali hewan-hewan serangga yang berterbangan. Untuk burung walet yang dibudidayakan atau ditangkarkan, biasanya sumber pakannya berasal dari penangkaran juga. Pada zaman dulu, orang-orang menangkarkan burung walet dibiarkan lepas begitu saja supaya burung-burung walet mencari pakannya sendiri.

Jadi, para penangkar tidak bersusah payah untuk mencari pakan-pakan untuk burung waletnya karena burung walet tersebut sudah mencari pakannya sendiri di alam bebas. Namun, pada saat ini penangkaran burung walet tidak membiarkan burung waletnya berkeliaran diluar gedung atau rumah sarang walet buatan. Ada satu faktor yang membuat penangkar tak mengeluarkan burung-burung waletnya dari dalam gedung atau rumah sarang waletnya.

Faktor yang pertama ialah jika sekelompok burung walet belum hafal letak gedung atau rumah sarang walet mereka, maka bisa saja sekelompok burung-burung walet tersebut akan singgah digedung atau rumah sarang walet lainnya.

Jadi, intinya ialah penangkar-penangkar takut jika burung walet dikeluarkan nantinya mereka tidak kembali lagi ke dalam gedung atau rumah sarang walet mereka. Sebab burung walet tidak diperbolehkan untuk keluar gedung, jadi untuk kebutuhan pakan-pakannya tentunya para penangkar tersebut akan menanggung semuanya, sebagaimana yang dikutip dari trikburung.com tersebut.

Sebenarnya meskipun burung walet tak diperbolehkan untuk mencari makanan diluar gedung, sekedar untuk menangkap serangga-serangga yang sedang berterbangan burung walet secara alami mereka akan terbang untuk menangkap serangga-serangga tersebut meskipun tidak diajarkan sekalipun oleh para penangkar. Dan meskipun burung walet tersebut masih anakan juga.

Karena para penangkar tidak membiarkan burung-burung waletnya keluar dari dalam gedung, maka konsekuensinya ialah para penangkar harus mencari pakan-pakan untuk burung walet itu sendiri. Biasanya sih, para penangkar akan mencari pakan-pakan untuk burung walet disekeliling lingkungannya. Yang mereka cari ialah serangga-serangga kecil, misalnya saja seperti semut, laron atau juga kutu.

Jika disekitar lingkungan tempat tinggal para penangkar tersebut sudah tak lagi tersedia pakan-pakan serangga untuk burung walet, maka biasanya para penangkar akan membudidayakan serangga-serangga tersebut untuk stok pakan-pakan burung waletnya agar tidak kehabisan. Biasanya para penangkar akan membudidayakan tumpang sari.

Dan yang paling sering sekali dibudidayakan oleh para penangkar burung walet yang ada di Indonesia ialah membudidayakan kutu. Kutu merupakan menu makanan kesukaan dari burung walet tersebut. Untuk itulah rajin-rajin memberikan burung walet dengan makanan kutu, karena kutu bisa membuat burung walet betah untuk tinggal didalam gedung atau rumah sarang walet buatan tersebut.

Dengan menyimak ulasan tentang Pakan yang Paling Bagus Untuk Ternak Burung Walet tersebut, kini anda sudah lebih tahu dari para penangkar-penangkar burung walet pemula lainnya. Jadi, sebaiknya jika anda memiliki penangkaran burung walet maka cobalah berikan pakan kutu pada burung walet anda. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.