Header Ads

Alat-alat Pendukung Rumah Sarang Walet Buatan

Sarana Perlengkapan Rumah Walet, Sarana Perlengkapan Rumah Walet: Mesin Embun, Sarana Perlengkapan Rumah Walet: Spuyer Nozzle Sprayer

Alat-alat Pendukung Rumah Sarang Walet Buatan - Dalam pembuatan gedung atau rumah sarang walet terdapat 2 peralatan yang wajib terpenuhi yakni peralatan pokok dan juga peralatan pendukung. Untuk peralatan pokok sangat dibutuhkan di gedung atau rumah burung walet tersebut. Sedangkan peralatan pendukung tidak terlalu diperlukan di gedung atau rumah burung walet.

Tetapi, meskipun peralatan pendukung itu hanya sekedar alat untuk mendukung kenyamanan yang diberikan pada burung walet, tak dipungkiri burung walet juga membutuhkan peralatan pendukung tersebut.

Apa saja peralatan-peralatan pendukung gedung atau rumah burung walet tersebut?

Peralatan pendukung untuk gedung atau rumah walet tersebut terbagi atas 4, yakni sirip tempat pembuatan sarang walet, sound system, bak air dan juga sekat dinding. Tim ahliperawatan.blogspot.com akan menjelaskan tentang peralatan-peralatan pendukung tersebut, simak selengkapnya dibawah ini:

Peralatan Pendukung Rumah Walet

Sirip tempat pembuatan sarang
Saat burung walet membuat sarang, burung walet membutuhkan tempat untuk membuat sarang-sarangnya. Tempat untuk membuat sarang walet itulah yang dinamakan sirip. Sirip yang akan digunakan bukanlah sirip sembarangan. Namun, harus sirip yang berkualitas. Sirip yang digunakan ialah terbuat dari alumunium atau juga kayu. Sirip yang baik ialah sirip yang terbuat dari kayu.

Kenapa sirip yang terbaik itu terbuat dari kayu? Kenapa bukan sirip yang terbuat dari alumunium?

Karena sirip yang terbuat dari bahan kayu harganya jauh lebih murah, sedangkan untuk sirip yang terbuat dari alumunium harganya lebih mahal dan semua orang tak mungkin bisa membelinya. Akan tetapi, sirip yangg terbuat dari bahan kayu tersebut tidak akan tahan lama, sedangkan sirip yang terbuat dari bahan alumunium bisa mampu menahan segala hama.

Sound system
Bisa dibilang bahwa sound system tersebut sangat berguna sekali dalam membudidayakan burung walet. Sebab, tanpa adanya sound system si burung walet mungkin tak akan masuk kedalam rumah sarang walet buatan yang sudah disediakan. Sound system mempunyai gelombang elektromagnetik yang bisa menarik burung walet untuk masuk kedalam rumah sarang walet.

Bak air
Fungsi bak air disini bukanlah untuk minuman dari burung walet. Namun bak air tersebut untuk menjaga kelembapan ruangan sarang walet itu sendiri. Terlebih lagi jika didalam rumah sarang walet buatan tersebut suhunya terlalu panas. Kehadiran dari bak air tersebut bisa membantu dalam mendinginkan gedung atau rumah sarang walet saar keadaan musim panas. jadi, burung walet tak kepanasan didalam gedung atau rumah sarang walet saat musim panas tiba.

Sekat dinding
Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh sumbernya trikburung.com yang mengatakan bahwa sekad dinding tersebut berfungsi sebagai pembatas antara ruangan satu dengan ruangan yang lain. Selain itu juga, sekat dinding berfungsi untuk meredam suara-suara yang datangnya dari luar gedung atau rumah sarang walet. Dengan adanya sekatan dinding, maka burung walet akan dengan mudah dalam menandai rumahnya yang baru mereka tempati tersebut.

Kini anda jauh lebih tahu tentang Alat-alat Pendukung Rumah Sarang Walet Buatan tersebut ini. Jika anda memiliki gedung atau rumah sarang walet buatan dan ingin burung walet tetap aman dan nyaman didalamnya, maka sebaiknya lakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.