Header Ads

2 Cara Memanen Sarang Burung Walet

Teknik Panen Sarang Walet Secara Benar, 2 Cara memanen sarang burung walet yang benar dan tidak rusak, Umur Dan Teknik Panen Sarang Burung Walet

Cara Memanen Sarang Burung Walet - Hal yang sangat paling sulit ketika kita memelihara burung walet ialah setelah panen berlangsung. Kebanyakan para penangkar burung walet merasa hal yang tersulit dalam memelihara burung walet iala setelah proses pemanenan sarang walet dilakukan.

Mengapa begitu?

Sebab setelah panen sarang burung walet inilah kita akan dipaksa supaya memutar otak bagaimana caranya supaya pada induk burung walet tidak curiga jika sarang-sarangnya akan diambil. Setelah proses pemanan dilakukan, maka sebaiknya langsung dipikirkan bagaimana cara agar induk walet tersebut tidak curiga sarang-sarangnya akan diambil dari tempatnya.

Hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja lho. Jika membiarkan begitu saja, maka sarang walet tersebut tidak ganti dengan sarang yang baru, maka induk walet akan bisa tahu bahwa sarang-sarangnya sudah tidak ada lagi dan akibatnya akan fatal.

Jika hanya satu kawanan yang pergi saja sih tidak masalah, akan tetapi bagaimana jika seluruh kawanan burung walet meninggalkan gedung walet yang sudah anda buatkan?

Bukankah kita yang akan rugi? Untuk itu, saran dari tim ahliperawatan.blogspot.com setelah panen dilakukan maka sebaiknya anda langsung untuk memikirkan bagaimana cara agar sarang walet bisa digantikan dengan sarang imitasi.

Ada beberapa cara memanen sarang burung walet, dan semuanya berbeda dalam hal cara mengganti sarang-sarang walet dengan sarang imitasi pasca panen. Diantaranya ialah:

Panen dengan cara panen rampasan
Diantara seluruh cara-cara memanen sarang walet, cara yang paling beresiko tinggi ialah cara panen rampasan iinilah. Kenapa begitu? Sebagaimana yang dilansir dari trikburung.com menjelaskan bahwa karena panen dengan cara merampas tersebut inilah bisa membuat burung-burung walet pergi dari gedung sebab merasa sudah tidak aman lagi baginya.

Memang panen dengan cara yang seperti ini bisa menguntungkan dua kali lipat. Namun, pikirkan juga setelah melakukan cara panen rampasan tersebut. Sebaiknya, sebelum anda melakukan cara panen rampasan itu, sediakan terlebih dulu sarang-sarang imitasi yang terbuat dari pohon cemara. Jadi, setelah sarang-sarang walet dipanen, maka sarang imitasi tersebut langsung anda letakkan saja ditempatnya.

Panen dengan cara panen buang telur
Tidak seperti cara panen rampasan yang sangat beresiko tinggi setelah panen dilakukan. Panen buang telur ini tidak memiliki resiko yang tinggi. Cara panen buang telur ini juga tidak sama seperti cara panen rampasa. Cara memanen sarang walet dengan membuang telur ialah dengan mengambil sarang walet yang sudah ada telurnya. Saat hendak diambil, maka sebaiknya tukar sarang tersebut menggunakan sarang imitasi yang terbuat dari bahan pohon cemara.

Dan jangan lupa juga untuk meletakkan telur-telur burung walet yang berada di atas sarang walet yang asli tersebut ke sarang imitasi. Dengan begitu, burung walet tidak akan merasa curiga  bahwa sarangnya telah diganti dengan yang imitasi.

Nah, melakukan Cara Memanen Sarang Burung Walet tersebut ini memang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan juga pemikiran yang cukup agar kelak proses pemanenan tidak membuat kerugian yang besar bagi peternak-peternak burung walet. Anda mau coba, silahkan saja?. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.