Header Ads

Tips Cara Belajar Mengenal Ciri-Ciri Pada Kelinci

Karakter dan Sifat dari 12 Shio | Norma.web.id, Tips Mendeteksi Kesehatan Kelinci Melalui Kotorannya, Belajar Mudah Tanpa Mengenal Susah: November 2014
Mengenal Ciri-Ciri Kelinci
Cara Belajar Mengenal Ciri-Ciri Kelinci - Hewan kelinci bisa digolongkan kedalam kelompok hewan mamalia. Kelinci sudah masuk di kategori sebagai kerabat Leporidae dan juga kadang sering di identikkan sama Arnab. Hewan cantik dengan bulu lebat ini sangat begitu populer untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan maupun juga hewan ternak. Selain bulunya bisa kita ambil, dagingnya pun ternyata terasa begitu enak dan nikmat serta dagingnya sangat mengandung rendah lemak seperti protein.

Di negara Indonesia daging hewan kelinci memang masih belum begitu populer. Namun jika dinegara-negara lainnya daging kelinci begitu sangat populer dan bahkan daging tersebut sudah menjadi bagian dari dunia perindustrian kuliner yang sangat cukup besar dan terutamanya di wilayah bagian Eropa. Walaupun populer banyak dari kita ini yang tidak bisa membedakan hewan kelinci dan juga hewan lainnya seperti pika.

Dan juga tidak jarang pula masyarakat yang beranggapan hewan tikus itu satu kerabat sama kelinci. Padahal hal ini sepenuhnya sangat salah. Walaupun ciri-ciri hewan kelinci itu hampir sama dengan hewan pika dan juga tikus, namun hewan kelinci sebenarnya berasal dari kerabat yang lain atau berbeda.

Tampilan Fisik Kelinci
- Kelinci hewan mamalia sehingga dia mempunyai sebuah kelenjar susu. Secara kasat mata, kelenjar susu hewan kelinci  sudah ditandai dengan adanya sebuah putting di area perutnya.

- Kelinci betina mempunyai sepasang uterus, sehingga dia bisa mempunyai anak yang lebih dari satu atau juga disebut sebagai multiple impregnations.

- Kelinci sendiri sudah digolongkan sebagai hewan yang bersusu satu.

- Kelinci merupakan hewan dengan pola makan herbivora. Dia menyukai makanan kayak rumput, sayuran, biji-bijian dan juga sayur-sayuran.

- Adapun siklus dari reproduksinya dalam satu tahun betina kelinci bisa menghasilkan 5 kali untuk melahirkan sang anak kelinci.

- Bayi kelinci yang masih baru dilahirkan hanya bisa menghandalkan makanan dari sang indukannya.

- Kelinci betina akan siap lagi untuk dibuahi oleh pejantan hanya dalam jangka waktu satu minggu saja saat dirinya melahirkan bayi kelinci.

- Kelinci mempunyai gigi yang tumbuh dengan secara terus-menerus dalam seumur hidupnya sendiri.

- Kelinci mempunyai karakter yang alamiah yaitu sangat siaga sekali dalam hal apapun atau pergerakan apapun.

- Seluruh tubuhnya sudah dilapisi oleh bulu-bulunya. Pada beberapa ras, bulu itu tumbuh dengan secara alami atau terus-menerus muncul.

Perbedaan Kelinci Dengan Pika
- Pika merupakan hewan mamalia yang berukuran sangat kecil dengan tungkai yang pendek, telinganya melengkung dan juga tak mempunyai ekor. Hewan pika sering kali dianggap sebagai kerabat dari kelinci. Bahkan banyak sekali yang beranggapan kalau mereka itu sama. Hal ini adalah kurang tepat. Sebab, walaupun sama-sama hewan mamalia namun mereka sangat berbeda kerabat. Jadi jika kita runut dari urutan pada taksonominya, maka hewan kelinci mempunyai tata binomial yang berbeda.

System Taksonomi Kelinci
- Kingdom (Animalia)
- Superphylum (Chordata)
- Phylum (Vertebrata)
- Class (Mammalia)
- Order (Lagomorpha)
- Family (Leporidae)
- Genera (Pentalagus, Bunolagus, Nesolagus, Sylvilagus, Brachylagus, Poelagus, Oryctolagus, Romerolagus)

System Taksonomi Pika
- Kingdom (Animalia)
- Phylum (Chordata)
- Class (Mammalia)
- Order (Lagomorpha)
- Family (Ochotonidae)
- Genus (Ochotona)
- Species (Ochotona Dauurica)

Jadi, kalau dirunut hewan kelinci dan juga pika sama-sama berada di sisi ordo yang sama yaitu Lagomorpha. Namunn hewan kelinci kemudian telah dimasukkan ke dalam kerabat dari Leporidae dan sedangkan hewan pika sendiri telah masuk ke dalam jenis Ochotonidae. Jadi, kalau diurai dari ciri-cirinya hewan kelinci secara kasat mata sangan berbeda dari hewan pika. Baik dari tampilan bulunya, mukanya, ukuran badannya, telinganya dan juga lain-lainnya. Hanya persamaannya ialah mereka berdua sama-sama merupakan hewan jenis pengerat.

Demikianlah ulasan tentang Cara Belajar Mengenal Ciri-Ciri Kelinci dengan benar. Semoga pecinta hewan kelinci yang sudah melihat dan juga membaca artikel ini bisa membantu menambah wawasan pengetahuan sedikit tentang mengenal ciri-ciri dari hewan kelinci, terima kasih banyak.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Memelihara Kelinci Bagi Pemula, Cara Terbaik
Cara Merawat Bayi Kelinci Dengan Baik Ala Erik Priana
Cara Merawat Kelinci Hamil, Ala Erik Priana
Diberdayakan oleh Blogger.