Header Ads

Cara Memelihara Kelinci Bagi Pemula, Cara Terbaik

Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula | binatang.net, Tata Cara Merawat Kelinci Bagi Pemula -... - Toko Kelinci, Tips Memelihara Kelinci untuk Pemula | Ammy Rabbit's
Kelinci
Tips Memelihara Kelinci Bagi Pemula - Banyak sebagian orang yang suka dengan binatang dan ada juga yang tak begitu suka dengan binatang. Yang tidak suka dengan binatang terkadang dirinya alergi dan sebagainya, sedangkan bagi orang yang menyukai binatang terkadang sampai ada yang memelihara binatang tersebut dirumahnya. Dan hewan-hewan yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan ialah Kucing, Anjing, Burung dan lain-lainnya.

Kali ini kami ingin memberikan sebuah tips-tips memelihara hewan kelinci bagi pemula seperti anda yang gemar sekali dengan kelinci, berikut adalah cara-cara  memeliharanya dengan baik dan benar.

1. Jangan membeli kelinci kecil yang usianya masih dibawah 2 bulan. Soalnya hal tersebut dapat mengakibatkan kelinci anda mudah mati dikarenakan kekebalan pada tubuhnya sangat rentan.

2. Kelinci di petshop atau juga di pinggir jalan, para penjual sering mengatakan usia kelinci 1 bulan dan bahkan ada juga yang mengatakan usianya 2 bulan. Kita tak tahu persis akan hal tersebut soalnya kita tak menerima kalender kelahirannya. Para pedagang atau penjual sering kali berbohong dengan mengatakan usia-usia kelinci kecilnya sudah 1 bulan, padahal terlihat masih kecil-kecil sekali, umumnya yang dijual mereka masih berusia 20-25 hari (itu yang sebenarnya). Sebab jika usia 2 bulan saja sudah tak diperbolehkan untuk dibeli, maka usia 1 bulan sudah jelas akan lebih gawat.

3. Kelinci yang usianya dibawah 3 bulan akan sangat rawan sekali jika anda bawa pergi jauh dari sekitar rumahnya, minimal 100 km.

4. Jangan percaya kelinci tak diperbolehkan untuk minum. Karena semua mahluk hidup akan membutuhkan air minum, apalagi kelinci anakan yang masih baru dipisahkan dari ibunya.

5. Jangan percaya jika kebutuhan air minum kelinci cukup dari rerumputan, soalnya rumput yang sudah layu kadar airnya begitu minim. Sebaiknya berikan air putih yang matang atau bisa juga air mentah saja, sebab kebutuhan kencingnya sangat begitu banyak.

6. Kangkung bukanlah pakan yang terbaik. Setiap tumbuhan yang berjenis bambu sangat berpotensi menyimpan kandungan gas. Jangan terkecoh dengan kesukaan kelinci, kelinci suka memakan kangkung karena ia lapar dan tidak ada makanan lain. Jika kelinci sudah lapar, apapun akan ia makan.

7. Kubis dan juga kangkung menyimpan potensi kandungan gas yang begitu tinggi, yang mana bisa mengakibatkan air kencingnya berbau (amoniak).

8. Jangan percaya jika dimusim hujan bisa mengakibatkan kelinci-kelinci pada mati. Sebenarnya itu bukan soal dari musim hujannya, namun kelembaban serta kebersihannya yang jadi akar permasalahan. Jika bisa ditangani dengan secara baik dan benar maka dijamin kelinci anda atau siapapun tidak akan mengalami kematian.

9. Pakan kelinci ialah rumput. Anakan kelinci yang usianya dibawah 3 bulan sangat cocok memakan rerumputan daripada pelet. Pemberian pelet kayak bekatul dan juga ampas tahu masih diperbolehkan namun dengan jumlah sedikit saja. Jika usianya sudah 2,5 bulan maka diperbolehkan untuk menambah porsi pelet tersebut kurang lebih 50 gram. Sedangkan jika usianya diatas 3 bulan maka bisa diberikan tambahan pelet sebanyak 100 gram dalam satu hari. Kelinci anakan sangat cocok memakan rumput, sebab sistem pencernaannya sangat labil.

10. Penyakit seperti kudis atau budugen disebabkan kandang atau tempat rumahnya jorok. Kuku kelinci yang sering kali menginjak kotorannya akan membawa virus penyakit tersebut ke area telinga. Sebaiknya kandang dibersihkan selalu dengan air hangat dan sebaiknya juga kuku kelinci dipotong saja jika sudah memanjang.

11. Wortel makanan yang sangat baik bagi kelinci dewasa maupun anakan. Gizi wortel sangat tinggi sehingga harus memakan wortel tersebut sebanyak-banyaknya.

12. Jangan percaya jika kelinci anakan sudah bisa dibawa kemana-mana. Hal ini akan membuat ia celaka, soalnya kelinci kecil yang usianya dibawah 2 bulanan masih sangat begitu rawan stress. Stress akan mengakibatkan sistem pencernaannya terganggu.

13. Jangan percaya juga jika air membuat hewan kelinci mati. Sebarnya bukan airnya yang akan membuat kelinci itu mati, namun dikarenakan adanya penyakit. Penyakit yang telah ditimbulkan oleh bakteri yang bernama protozoa. Sebaiknya pastikanlah air tersebut bersih.

14. Jangan percaya jika kelinci-kelinci yang dijual itu adalah keturunan murni. Sebab, usia kelinci 1 bulan memang terlihat murni, namun setelah dewasa ia akan berubah jenisnya. Jika anda ingin kelinci yang benar-benar bibit bagus harus melihat indukannya terlebih dahulu.

15. Jangan pernah membawa kelinci kedalam kardus jika bepergian, soalnya akan menimbulkan sumpek dan kepanasan. Banyak sekali kejadian kelinci seperti itu yang mengakibatkan pada kematian. Itu disebabkan adanya beberapa faktor seperti.
- Stress karena dipisahkan dari ibunya atau induknya
- Perjalanan jauh
- Dehidrasi kekurangan air

Nah, seperti itulah mengenai Tips Memelihara Kelinci Bagi Pemula. Semoga tips-tips yang diberikan dari kami bisa memberikan pelajaran tambahan sedikit supaya kelak anda tak merasa rugi ketika membeli kelinci-kelinci tersebut, terima kasih.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Merawat Kelinci Hamil, Ala Erik Priana
Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Tak Cepat Mati
Cara Merawat Bayi Kelinci Dengan Baik Ala Erik Priana
Diberdayakan oleh Blogger.