Header Ads

Cara Menjodohkan Kelinci Jantan Dan Betina

Cara Mengawinkan Kelinci Jantan dan Betina | Binatang, Cara Mengawinkan Kelinci Secara Benar - Facebook, Cara mengawinkan kelinci secara benar | KELINCI UNTUK
Kelinci Jantan Dan Betina
Tips Menjodohkan Kelinci Jantan Dan Betina - Banyak orang yang tak tahu mengenai cara-cara untuk mengawinkan dua ekor kelinci jantan dan juga betina dengan benar, nah kali ini kami bakal memberikan tips-tips yang sebenarnya buat anda pecinta hewan kelinci. Namun sebelum anda kawinkan kelinci tersebut, anda harus menempatkan wadah atau kandang kelinci yang suasananya nyaman dan juga berikan pakan yang cukup, soalnya jika hewan merasa dirinya nyaman itu adalah sebuah modal dasar buat berkembang biak.

Hewan kelinci boleh dikawinkan kalau usianya sudah dewasa dan juga kematangan kelaminnya sudah cukup. Rata-rata umumnya usia kelamin kelinci matang sangat berbeda-beda dan tergantung jenis dari kelincinya atau tipe-nya. Biasanya kematangan dari reproduksinya bisa dibedakan dengan ukuran dari tubuhnya yang besar. Untuk kelinci yang tipe-nya kecil umumnya di usia 4,5 hingga 5 bulan, dan untuk kelinci yang tipe sedang umumnya di usia 5,5 hingga 6,5 bulan saja, dan juga untuk kelinci yang memiliki tipe ukuran besar biasanya sesuai usianya menginjak 7 bulan keatas.

Namun ada peringatan buat anda, jangan kawinkan hewan kelinci yang masih belum siap kawin soalnya itu bisa merusak kelinci anda sendiri. Pejantan bisa berubah menjadi kerdil dan juga pertumbuhan tubuhnya terganggu, sedangkan untuk betinanya biasanya akan gagal bunting, namun jika ia berhasil bunting juga maka keturunannya akan mengalami kekurangan gizi atau tidak sehat, lemah dan juga cacat.

Dan berikut dibawah inilah cara-cara mengawinkan kelinci dengan baik, benar dan bagus. Dengan memakai cara seperti yang telah dituliskan kami yakin anda akan merasa puas.Simak informasinya dengan detil :

1. Pisahkan hewan kelinci jantan dan juga betina, serta pastikanlah usianya sudah sangat cukup ok untuk dijodohkan atau dikawinkan.

2. Pertama bawalah hewan betina anda ke kandang pejantan, dan jangan sampai terbalik ya. Ini supaya kelinci pejantan mendominasi kandang dan juga menjadi pede sekali, sehingga si pejantan akan sangat cepat untuk mengawini si betina. Usahakan suhunya adem atau sejuk biasanya pada pagi hari, sore maupun malam hari, soalnya perkawinan di suhu yang lebih dari 27 derajat sangat kurang baik. Perkawinan seharusnya dilakukan pada pagi harinya antara pukul 6 hingga jam 8 pagi atau malam juga boleh.

3. Setelah hewan betina ditempatkan didalam kandang pejantan, biarkan beberapa saat saja, supaya mereka bisa berputar-putar serta bercumbu mesra. Pastikan kandangnya aman dan juga nyaman supaya proses perkawinannya menjadi sangat mudah.

4. Setelah pejantan menaiki si betina biasanya hanya beberapa menit saja, kemudian setelah itu angkatlah betina tersebut dari kandang si pejantan dan istirahatkan selama 10 hingga 15 menit saja guna memberikan jeda waktu perkawinannya. Setelah itu, anda masukan kembali si betinanya kedalam kandang pejantan, dan lakukanlah beberapa kali.

5. Jika si betinanya sudah mulai tak mau kawin, sebaiknya sudah selesaikan lalu kembalikan lagi betinanya kedalam kandangnya. Biasanya kawin sekali saja kelinci sudah bisa jadi. Namun untuk memastikannya ialah lakukan dengan beberapa kali saja.

6. Jika anda mengawinkan kelinci di tempat terbuka atau alam bebas tak perlu di istirahatkan dan biarkan mereka sendiri yang mengatur waktu jeda perkawinannya secara alami. Biarkanlah si kelinci berkeliaran di lapangan bersama-sama. Nanti juga mereka akan kawin lagi. Cukup setengah jam saja mereka berdua berada di lapangan, lepas itu kembalikan ke kandangnya.

7. Terkadang ada juga hewan kelinci betina yang menolak jika dikawinkan. Ini biasanya disebabkan oleh ketidaksiapannya untuk kawin. Namun alasan yang sangat paling kuat ialah kelinci masih belum siap. Karena hewan kelinci betina bisa kawin meski dalam kondisi hamil, menyusui dan juga beranak, soalnya rahim yang dimiliki kelinci ada dua. Akan tetapi jangan sampai hewan kelinci anda kawin saat dirinya sedang hamil atau juga menyusui. Sebab hal itu akan menyiksa dirinya nanti dan juga bisa mengganggu pada kesehatannya sendiri.

Sebab-Sebab Kelinci Betina Tak Mau Dikawinkan
- Betina tak begitu suka dengan pejantan itu. Solusinya ialah ganti saja pejantannya dengan pejantan yang lain atau berbeda warnanya.
- Betina merasa tak nyaman didalam kandang. Solusinya ialah kawinkan di lapangan atau ditempat bebas atau juga ganti kandangnya yang lebih luas lagi.
- Betina sedang mengalami kondisi stress. Rawat dahulu hingga kelinci kembali ceria atau tenang dan juga coba ulang kembali beberapa hari kemudian.

Nah, seperti inilah ulasan Tips Menjodohkan Kelinci Jantan Dan Betina. Setelah beberapa minggu kemudian si kelinci dijamin akan terlihat besar tubuhnya dan umumnya kelinci akan melahirkan bayi-bayinya setelah berusia 30 hingga 34 hari saja, terima kasih banyak.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Merawat Bayi Kelinci Dengan Baik Ala Erik Priana
Tips Cara Belajar Mengenal Ciri-Ciri Pada Kelinci
Cara Memelihara Kelinci Bagi Pemula, Cara Terbaik
Diberdayakan oleh Blogger.