Header Ads

Jenis Anjing Tekel dan Biografinya

sifat anjing tekel, harga anjing tekel, anjing tekel mix, anjing tekel putih, cara merawat anjing tekel, anjing dachshund, makanan anjing tekel, anjing tekel campuran, jenis anjing tekel, perawatan anjing tekel, makanan favorit anjing tekel, cara memelihara anjing tekel, berapa harga anjing tekel
Jenis Anjing Tekel - Anjing dengan tubuh yang panjang dan juga kaki yang pendek merupakan ciri khas dari anjing trah Dachshund atau anjing Teckel. Trah ini memiliki berbagai fungsi; anjing sahabat, anjing jaga, dan juga anjing keluarga. Padahal , anjing jenis tekel ini pertama kali di peruntukan untuk berburu saja. Karena anjing ini memiliki kaki yang pendek sehingga sering mengalami kesulitan untuk melewati semak-semak belukar dan akhirnya anjing ini tidak lagi dipergunakan sebagai teman manusia untuk berburu.

Sejarah
Nenek moyang anjing Tekel ini berasal dari negara Jerman . Dachshund dan Basset Hound berasal dari nenek moyang yang sama. Meskipun bertubuh kecil dan pendek, Dachshund mempunyai sifat yang sangat berani, ia tidak segan-segan untuk menyerang binatang yang lebih besar dari ukuran tubuhnya. Dachshund sendiri berasal dari kata Dachs yang berarti Badger (sejenis binatang seperti bajing yang hidup dibawah tanah biasanya banyak ditemukan di Negara Eropa) dan Hound yang berarti anjing Jerman.

Anjing ini memiliki indra penciuman yang sangat tajam, ia sangat cepat mengetahui keberadaan hewan Badger meskipun dibawah tanah. Dachshund bisa dengan mudah menelusuri lorong-lorong dibawah tanah yang di buat oleh Badger karena badannya yang sangat kecil, pendek dan panjang. Oleh karena itulah, sekarang anjing jenis ini sangat senang menangkap tikus . Anjing trah ini sekarang juga banyak digunakan oleh kepolisian untuk membantu dalam pelacakan obat-obatan terlarang. Selain nama Dachshund dan tekel anjing ini juga dikenal dengan sebutan nama anjing sosis di seluruh dunia karena tubuhnya yang panjang seperti menyerupai sosis.

Karakteristik
Ukuran anjing Dachshund di bagi menjadi 2 jenis, yaitu Standard dan Miniature. Dachshund mempunyai tubuh yang 2 kali lebih panjang dibandingkan tinggi badannya. Jantan mempunyai tinggi badan antara 9-11 in dan dengan berat badan maksimal 7,5 Kg. Betina mempunyai tinggi antara 8-9 in dengan berat badan antara 6-7 Kg.

Dachshund mempunyai 3 jenis bulu; yaitu bulu pendek, bulu panjang dan juga bulu kasar (wire haired) . Warna; balck and tan, red and tan, red, brown sable, grey, dan daple. Sekarang ini banyak ditemukan Dachshund berwarna white daple dengan warna mata biru. Untuk anjing show, Dachshund diharuskan berwarna black and tan, red and tan, red, brown sable. Warna daple tidak diperbolehkan untuk mengikuti show.

Dachshund sendiri merupakan anjing yang sangat lincah dan suka bermain. Anjing ini termasuk salah satu jenis anjing yang mudah dilatih, sangat setia dan juga merupakan anjing penjaga yang hebat.

Perawatan
Untuk anjing tekel yang berbulu pendek, anjing ini mempunyai sedikit bau badan. Perawatan bulunya juga sangatlah mudah, hanya perlu disikat 2 kali saja dalam seminggu . Bulunya yang sangat pendek tidak perlu sering-sering dimandikan cukup di lap saja dengan kain lap karet yang basah setiap harinya. Untuk yang berbulu panjang, harus disisir sedikitnya 2 kali saja dalam sehari. Sedangkan yang berbulu kasar perlu ditrimming.

Hindari Dachshund melompat dari tempat yang cukup tinggi seperti ranjang, kursi atau meja untuk menghindari cedera pada tulang belakangnya.

Puppies
Dachshund bisa melahirkan antara 3-7 ekor anakan. Breeding Dachshund sangat mudah sekali karena tingkat kematian bayi Dachshund sangat rendah. Jarang sekali Dachshund melahirkan dengan proses bedah Cesar dikarenakan Dachshund memiliki tulang pinggul yang cukup besar.

Back to Homepage
Diberdayakan oleh Blogger.