Header Ads

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Usia 1 Hingga 6 Bulan

10 cara merawat anak ayam bangkok tumbuh super cepat, Cara perawatan ayam bangkok agar tumbuh besar 7 hingga 8, Cara merawat ayam bangkok anakan usia 3 minggu
Anak Ayam Bangkok
Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Usia 1 Hingga 6 Bulan  - bisa anda lakukan dengan cara seperti induk ayam yang sedang bertelor atau mengerami telornya selalu menjaga kebersihan pada kakinya agar tak mengotori telor-telor tersebut yang sedang ia erami. Setelah anak ayam bangkok tersebut menetas dan bulu-bulunya pada mengering langsung dipisahkan ke dalam kandang isolasi (kandang + lampu) agar memberikan kehangatan kepada anak ayam tersebut seperti induknya yang memberikan kehangatan. Kalau daerahnya sangat panas maka berikanlah sebuah lampu listrik dengan tegangan 25 watt saja, namun jika didaerah tersebut sangat dingin maka berikan lampu listrik yang bertenaga 40 watt.

Induk ayam bangkok yang sudah menetaskan semua telor-telornya lalu dimandikan (bagusnya direndam atau juga direnangkan didalam kolam) hingga badannya terasa dingin dan tentunya cara tersebut dilakukan selama tiga hari, dan kalau pakannya terpenuhi maka nilai gizinya selama 2 minggu setelah dimandikan ayam indukan tersebut akan bertelor kembali.

Sekarang tibalah saatnya buat merawat anak-anak ayam bangkok tersebut, buat mendapatkan ayam bangkok yang sangat tangguh, maka sejak anakkan harus anda perhatikan cara-cara pemberian pakannya yang benar. Sebenarnya sih pakan yang dijual dipasaran telah memenuhi syarat nilai gizi buat pertumbuhan anak ayam yang lebih baik, namun ada bagusnya juga anda selingi pakan tambahan buat penunjang ketangguhan pada ayam tersebut. Anak ayam bangkok yang sudah berusia satu hari bisa diberikan sebuah larutan gula aren guna penambah tenaganya dan juga berikanlah selama 10 hari.

Lalu air minumnya mesti diganti sama air bersih dan harus dicampurkan dengan obat minum buat anak ayam tersebut. Untuk hari ke 2, anak ayam bisa diberikan pakan popur yang dijual dipasaran (code 311), makanan tersebut banyak sekali mengandung lemak dan pakan tersebut diberikan hingga anak ayam bangkok berusia 40 hari.

Setelah usianya 40 hari, Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Usia 1 Hingga 6 Bulan ini pakannya harus diganti dengan pakan yang lebih tinggi lagi codenya yakni 511 dan bagusnya lagi dicampur sama telor itik, tiap 10 anak ayam harus diberikan campuran 2 telor itik, dan pemberian tersebut mesti dilakukan 2 hari sekali saja hingga usianya mencapai 2.5 bulan. Setelah itu, wadah pakan dan juga wadah minuman harus sering diperhatikan kebersihannya, jangan sampai wadah tersebut ditumbuhi lumut atau juga jentik-jentik nyamuk. Setiap habis makan wadahnya dibersihkan dan juga rajin-rajinlah dalam membersihkan kandang ayam tersebut.

Kandang ayam bangkok yang bagus harus memiliki ventilasi yang sangat cukup buat sirkulasi udaranya, dan usahakan kandang tersebut menghadap ke cahaya matahari pagi soalnya cahaya matahari pagi itu sangat membantu buat pertumbuhan tulang ayam. Jika usianya menginjak 5 bulan, maka pakannya dicampur dengan nasi (perbadingan 50:50) dan dilakukan setiap pagi hari. Dan untuk sore harinya berikanlah pakan gabah atau padi. Di usia seperti itu ayam sudah bisa diberikan multi-vitamin dan juga vitamin B komplek, disamping itu bisa juga diberikan obat minyak ikan hiu plus tablet calk guna membantu dalam pertumbuhannya dan cara itu dilakukan hanya satu kali dalam seminggu.

Setelah ayam tersebut usianya 6 bulan, alangkah baiknya saat melakukan pergantian pakan dengan padi atau gabah tersebut sebaiknya pakan itu anda rebus dahulu hingga padinya mengembung lalu diberikan ke ayam dalam keadaan sudah dingin.

Terima kasih sudah membaca Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Usia 1 Hingga 6 Bulan ini, semoga bagi anda dan juga pengunjung lain yang mempunyai peliharaan anak ayam aduan tersebut sebainya mencoba untuk melakukan cara-cara di atas guna memerikan ayam anda menjadi lebih sehat dan kuat.

Baca Artikel Lainnya :
Cara Merawat Hewan Peliharaan, Dengan 8 Langkah
Cara Merawat Anjing Peliharaan Yang Baik Dan Benar
Cara Merawat Kucing Persia, 8 Cara Termudah
Diberdayakan oleh Blogger.