Header Ads

Tips Memandikan Kucing Peliharaan di Rumah, Panduan Terlengkap

Tips Memandikan Kucing di Rumah

Tips Memandikan Kucing Peliharaan di Rumah - Mandi merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh kita tetap bersih dan terbebas dari kuman. Seperti layaknya manusia, kucing pun perlu untuk membersihkan dirinya dari kotoran. Selain membersihkan, dengan mandi pun juga bisa membuat bulu-bulu kucing menjadi lebih bagus lho.

Biasanya kucing membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati tubuhnya sendiri. Namun hal tersebut tetap saja tidak akan cukup untuk membersihkan tubuh kucing anda dari adanya jjamur, kutu, kotoran atau juga bakteri-bakteri yang bisa membuat kucing tersebut tidak sehat.

Cara memandikan kucing itu sebenarnya tidaklah sulit, tetapi pasti ada kendala sedikit saat memandikannya seperti kucing akan takut air, berontak lalu mencakar anda.

Nah, agar anda tahu bagaimana cara memandikan kucing anda sendiri dengan baik, menurut sumber berita kucingpedia.com telah menjelaskan bahwa untuk memandkan kucing kesayangan anda ada beberapa tahapan-tahapan yang wajib anda ketahui terlebih dahulu seperti berikut ini:

Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

Sebelum anda memulai untuk memandikan kucing kesayangan anda dirumah, anda harus mempersiapkan terlebih dahulu alat-alat mandinya seperti yang ada dibawah ini.

Persiapan wajib:
  • Ember dengan berisikan air hangat
  • Shampoo kucing, bukan shampoo manusia
  • Bedak khusus untuk kucing
  • Sisir
  • Gunakan blower, jangan menggunakan hair dryer
  • Handuk
  • Cottonbuds
  • Handuk lembut atau handuk khusus

Opsional:
  • Baby oil
  • Bedak bayi (alternatif bedak)
  • Kanebo (alternatif handuk)

Jika sudah anda persiapkan semua alat-alat untuk memandikan kucing, maka anda tinggal empraktekkan langkah-langkah memandikan kucing peliharaan anda dirumah.

Langkah-langkah Memandikan Kucing

1. Membasahi seluruh tubuh kucing
- Pertama-tama anda basahi terlebih dulu seluruh bagian tubuh si kucing dengan air hangat yang sudah anda persiapkan tadi dan basahi secara merata sampai ke kulit kucing, namun jangan sampai telinga si kucing kemasukan air lho.

2. Gunakan shampoo
- Setelah tubuh kucingg semua basah, saatnya tinggal anda menggunakan shampoo khusus kucing yang telah anda persiapkan sebelumnya. Shampoo-kan si kucing sampai merata keseluruh bagian tubuh, namun ingat jangan sampai mata , mulut dan hidung kucing  terkena shampoo tersebut.

- Anda bisa sambil mengusap-usap tubuh si kucing, lalu memijitnya agar shampoo yang tadi anda berikan bisa merata, meresap sampai ke akar-akar bulunya.

3. Bilas
- Jangan lupa anda membilas si kucing agar shampoo dan juga kotoran yang berada pada tubuh kucing menghilang. Lakukanlah dengan menggunakan air yang hangat tadi, lalu pastikan tidak ada sisa shampoo sedikitpun di tubuh kucing anda.

4. Keringkan tubuh si kucing
- Keringkan tubuh si kucing dengan menggunakan handuk yang lembut dan bersih, lalu gosok seluruh bagian tubuh si kucing dengan secara perlahan-lahan dengan menggunakan handuk tadi. Lakukan cara yang keempat ini sampai si kucing benar-benar kering.

5. Bersihkan telinga si kucing
- Setelah kucing mandi, alangkah bagusnya lagi anda bersihkan telinga si kucing dengan menggunakan cottonbuds dan dipadukan dengan baby oil. Bersihkanlah telinganya seperti layaknya manusia membersihkan telinganya sendiri secara perlahan-lahan agar kucing tidak merasa kesakitan.

Tips Memandikan Kucing

1. Memotongg kuku-kuku si kucing
- Sebisa mungkin anda potong kuku si kucing saat sebelum memandikannya, hal ini bertujuan untuk meminimalisir luka yang anda alami jika si kucing tersebut sampai ketakutan dan mencakar anda saat mandi. Tapi jangan dipotong terlalu dalam ya, tetap potong secara merata dan sedang-sedang saja karena kuku kucing akan diperlukan untuk mempertahankan diri.

2. Menyikat untuk meratakan shampoo
- Ketika mulai memandikan si kucing dengan shampoo, anda bisa menggunakan alat sikat khusus untuk meratakannya. Gosok si kucing dengan sikat secara perlahan-lahan dan berhati-hati. Hal ini tujuannya untuk bulu-bulu kucing yang rontok serta menggumpal bisa dikeluarkan.

3. Mengetahui waktu yang tepat
- Kapan sih waktu yang baik untuk memandikan kucing? Hal ini sebenarnya tergantung jika si kucing anda terlihat kotor sekali atau banyak kutunya, sehingga lebih baik anda segera memandikannya.

- Jika secara umumnya, sebaiknya mandikan kucing cukup seminggu sekali saja untuk menjaga kebersihan, kesehatan serta kecantikan si kucing tersebut.

Dari langkah-langkah diatas tersebut, anda bisa menyimpulkan bahwa memandikan si kucing itu sebenarnya tidaklah sesulit apa yang selama ini kita bayangkan. Cukup membutuhkan ketelatenan, berani dan juga kesabaran.

Itulah beberapa Tips Memandikan Kucing Peliharaan di Rumah tersebut. Semoga bermanfaat dan juga semoga dengan menyimak ulasan ini anda lebih mahir dalam memandikan kucing dirumah. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.