Header Ads

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Kucing yang Cepat Kotor

Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Kucing Cepat Kotor, Infeksi Telinga (Otitis) Pada Kucing | Penyakit Kucing, Cara membersihkan dan pemberian obat tetes telinga kucing

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Kucing yang Cepat Kotor - Telingan kucing tersebut memang telah dirancang mempunyai pendengaran yang cukup tajam, sehingga tidak heran jika si kucing mampu mendeteksi suara dan bahkan dari pojokan rumah yang tak bisa didengarkan oleh seorang manusia. Ketajaman pendengaran pastinya sangat berharga sekali bagi si kucing agar ia mampu lebih waspada lagi dengan lingkungan sekitarnya.

Vitalnya pendengaran bagi sang kucing tentunya membuat telinganya menjadi salah satu organ tubuhnya yang penting untuk ia jaga. Oleh karena itu, penting sekali bagi anda-anda sebagai seorang pemilik hewan peliharaan kucing untuk bisa memastikan bahwa tidak ada suatu masalah apapun dibagian telinganya maupun bagian-bagian lainnya.

Jika kita perhatikan secara seksama, telinga dari kucing sehat umumnya mempunyai warna pink cerah. Akan tetapi, sayangnya telinga kucing bisa cepat kotor tergantung beberapa faktor penyebab atau kondisi yang dialaminya.

Nah, apa saja faktor penyebab dan juga cara mengatasi telinga kucing cepat kotor?

Kami selaku ahliperawatan.blogspot.com akan memberikan bocoran mengenai pembahasan dalam artikel kali ini. Silahkan anda simak selengkapnya dibawah ini:

Penyebab Telinga Kucing Cepat Kotor

Seperti yang sudah pernah di bahas oleh sukakucing.com tentang mengetahui dahulu faktor penyebab dan cara mengatasi telinga kucing cepat kotor tersebut memang menjadi salah satu kunci supaya si kucing bisa tumbuh sehat tanpa masalah gangguan apapun. Nah, beberapa hal-hal yang umumnya dapat mengganggu kebersihan pada telinga kucing ialah:

  1. Congek - Kucing juga selayaknya seperti manusia bisa menghasilkan congek di telinganya. Congek pada kucing umumnya berwarna hitam atau juga cokelat tua yang bisa memenuhi beberapa bagian telinganya. Congek pada kucing tersebut biasanya tidak dianggap sebagai salah satu masalah yang mengganggu, sehingga tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada si kucing.
  2. Kutu - Kutu bisa menjadi faktor penyebab telinga si kucing cepat kotor karena kutu kucing merupakan parasit yang bisa mampu mengganggu si kucing. Kutu telinga bisa menyebabkan rasa gatal-gatal luar biasa yang bisa membuat si kucing selalu menggerak-gerakan kepalanya sampai membuatnya mencakar telinganya sendiri secara berlebihan.
  3. Infeksi - Hal lain yang bisa menyebabkan telinga kucing cepat kotor ialah timbulnya infeksi yang di sebabkan oleh bakter. Kondisi tersebut merupakan hal yang sangat mengganggu dan juga mungkin berbahaya bagi si kucing, sehingga kucing membutuhkan pertolongan lebih lanjut.

Ketiga hal tersebut di atas merupakan beberapa faktor penyebab telinga kucing jadi cepat kotor yang patut untuk di waspadai. Jika hal tersebut dibiarkan saja tanpa adanya pembersihan maka bisa menyebabkan si kucing merasa terganggu.

Cara Mengatasi Telinga Kucing Cepat Kotor

Anda yang tahu faktor penyebab dan cara mengatasi telinga kucing cepat kotor bisa memastikan bahwa si kucing tetap sehat dan juga aktif. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah cepat kotor pada telingan kucing ialah sebagai berikut:

  1. Membersihkan secara berkala - Kucing itu pada dasarnya mempunyai kemampuan membersihkan diri yang baik. Tetapi ada kalanya kucing tetap membutuhkan bantuan dari sang pemilik. Anda bisa membersihkan telinga kucing tersebut dengan menyiapkan sebuah kain bersih yang sudah anda basahi air atau juga cat ear cleaner. Lalu, usapkan secara pelan-pelan di area telinga si kucing dengan gerakan memutar hingga telinga kucing menjadi lebih bersih atau juga berwarna pink merah.
  2. Memberikan obat tetes telinga - Anda bisa mengatasi kotoran di telinga kucing dengan cara memberikan obat tetes pada cotton ball ataupun tisu. Kemudian, oleskan secara perlahan-lahan bersihkan kotoran yang menempel pada telinga kucing.
  3. Membawa ke dokter - Membersihkan telinga kucing tersebut menjadi suatu hal mudah yang dapat dilakukan secara mandiri jika tidak ada masalah-masalah yang berarti pada telinga si kucing. Tetapi anda yang mendapati telinga kucing kotor yang disebabkan oleh infeksi maupun kutu maka sebaiknya segeralah anda membawanya ke dokter hewan langganan. Dokter bisa segera memberikan sebuah tindakan dengan cara membersihkan kotoran sekaligus memberinya obat yang tepat buat si kucing.

Itulah topik pembahasan kali ini mengenai Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Telinga Kucing yang Cepat Kotor tersebut. Jika anda memelihara kucing dirumah dan mempunyai masalah seperti yang telah dibahas di atas, maka sebaiknya anda bisa mencoba melakukan cara di atas. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.