Header Ads

Ciri-ciri Khas dan Sifat Kucing Maine Coon

Ciri-Ciri dan Sifat Kucing Maine Coon | KucingPedia.com, Maine Coon | Ras Kucing | kucingkita.com, Ingin beli kucing maine coon? baca artikel ini dulu - Okdogi.com

Ciri-ciri Khas dan Sifat Kucing Maine Coon - Kucing maine coon adalah salah satu jenis ras kucing yang tertua didunia, dimana jenis kucing ini berasal dari maine, Amerika Serikat yang konon katanya dipercaya sebagai nenek moyang dari ras kucing anggora dan Norwegia Forest. Kucing ras ini memiliki mata yang cukup tajam, moncong dan hidung serta mulutnya yang khas. Selain itu juga, kucing jenis ini memiliki keterampilan berburu yang sangat cerdas dan juga menjadi salah satu jenis ras kucingg yang terpopuler didunia.

Lalu, apakah cuma itu saja?

Agar anda lebih mengetahui jelasnya mengenai ras kucing maine coon tersebut, kami selaku pemiliki ahliperawatan.blogspot.com akan membeberkan informasi penting tentang beberapa ciri-ciri dari ras kucing Maine Coon tersebut.

Inilah Ciri-ciri Kucing Maine Coon

1. Tubuh yang beradaptasi
Anda pastinya tahu bahwa di negara Amerika Serikat sana memiliki iklim yang dibilang sangat ekstrem. Nah, dengan cuaca seperti itu, semua anggota tubuh kucing ras ini akan beradaptasi. Seperti yang diberitakan oleh kucingpedia.com ras kucing ini bulunya mengkilap, tebal dan bahkan sampai anti air lho. Bulu di area leher, perut serta kakinya tebal dan berfungsi sebagai pelindung tubuh dari salju atau cuaca dingin. Ekor kucing ras ini panjang dan juga berbulu tebal, pastinya ia akan merasa hangat ketika tidur dengan melingkarkan tubuhnya sendiri.

2. Tubuh yang besar & panjang
Kucing ras ini cukup tinggi, berotot serta bertulang besar. Pejantan Maine Coon biasanya memiliki berat sebesar 6-9 kg dan panjangnya mencapai 1m, sedangkan betinanya memiliki berat yang lebih kecil 4-6 kg. Spesialnya tambahan bulu dimusim dingin sekitar 7cm, sehingga bulu tersebut membuat tampak kucing iini lebih besar dan panjang. dan bahkan pernah tercatat ras kucing ini panjangnya mencapai 121 cm.

Seperti ras kucing besar lainnya, meski memiliki tubuh yang besar dan panjang, tapi pertumbuhan serta perkembangan maine coon sangat lambat. Ini bisa dibuktikan dengana bentuk tubuh si kucing dewasa baru yang bisa mencapai usia 3-5 tahun

3. Bentuk kepala unik
Ciri-ciri fisik utama dari ras kucing maine coon terdapat dibagian kepala, bentuk tubuh, tekstur bulu dan juga bulu dibagian leher yang menyerupai seekor singa. Bagian kepala ras kucing ini memiliki telinga besar, lancip dibagian ujungnya serta diselimuti bulu tebal. Kepalanya berukuran sedang dan lebar, dahinya agak sedikit melengkung dan dengan tulang pipi menonjol. Matanya lebar dan sedikit berbentuk oval, bisa terlihat bulat saat matanya terbuka lebar. Hidungnya lebar dan sedikit agak melengkung dibagian ujungnya dan dengan dagu yang tajam menambah ciri-ciri dari ras kucing maine coon tersebut.

Kemudian dibagian lehernya berukuran sedang dan agak sedikit melengkung tapi kuat. Panjang kakinya sedang saja dan dengan tulang serta otot yang kuat.

4. Ekor yang nampak seperti kemoceng
Ekor jenis kucing ini panjang dan lebar dibagian pangkalnya, kemudian makin menipis pada ujung dibalut dengan bulu-bulunya yang lebat. Ekornya ada yang bilang seperti kemoceng.

5. Warna-warni kucingnya
Salah satu dari banyaknya keunikan pada ras kucing ini ialah memiliki banyak varian warna. Warna pola kucing maine coon ada yang klasik atau makarel (cokelat+abu-abu), merah (cokelat+kejinggaan+krem), solid (putih/hitam/merah/biru), tortoiseshell (hitam+biru), dan juga silver (perak-hitam/perak-merah/perak-biru/perak krem).

Sifat Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon adalah jenis ras kucing yang sangat ramah dan juga bersahabat dengan manusia, semakin ia sering anda membelainya maka ikatan yang anda jalin bersama kucing ras ini akan semakin bagus serta akan lebih suka berada disekitar anda. Kucing ini bisa dibilang sangat mandiri, meskipun ia dibesarkan dirumah oleh anda, tetapi ia akan cepat untuk beradapttasi di alam liar dan bahkan ia suka bermain di air lho.

Nah, kini anda sudah mengetahu Ciri-ciri Khas dan Sifat Kucing Maine Coon tersebut. Apakah anda berminat untuk memeliharanya dirumah? Silahkan saja, namun anda harus berhati-hati untuk tidak tertipu dengan penjualan jenis ras kucing yang akan anda beli. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.