Header Ads

6 Cara Mudah Mengobati Kucing yang Terkena Kutu

6 Cara Mudah Mengobati Kucing Terkena Kutu, 3 Cara Mengobati Kucing Terkena Kutu Terbukti Efektif, Cara Mengatasi Dan Membasmi Kutu Pada Kucing

Cara Mengobati Kucing yang Terkena Kutu - Kutu kucing nama latinnya ialah 'Ctenocephalides' yang merupakan suatu hewan hewan dari golongan jenis serangga. Tidak hanya menyerang hewan peliharaan anda, kutu kucing pun juga bisa menyerang manusia dengan melalui gigitan ke kulit. Akibatnya kulit anda akan lecet-lecet atau luka-luka, tetapi tidak menyebabkan infeksi yang serius.

Sedangkan pada kucing, kutu tersebut bisa mengakibatkan iritasi sampai infeksi pada kucing kesayangan anda. Jika catlovers melihat tingkah laku si kucing sering menggaruk-garukan kakinya kebagian leher, maka cobalah car tahu faktor penyebabnya. Jika anda mengetahui ternyata mendapati kutu dibagian leher si kucing, anda tidak usah panik dulu. Anda bisa untuk mencoba beberapa solusi terbaik cara menangani penyebab kutu pada kucing tersebut yang sudah dipersiapkan oleh ahliperawatan.blogspot.com berikut ini:

6 Cara Mengatasi Kutu Pada Kucing

Alat mandi anti kutu dan jamur
Salah satu cara yang cukup ampuh dalam menangani masalah kutu pada kucing yaitu dengan memandikannya. Seperti yang dilansir oleh sukakucing.com bahwa anda bisa menggunakan shampoo anti kutu dan jamur yang bisa anda dapatkan di petshop-petshop terdekat anda. Tidak hanya membersihkan kutu pada kucing saja, namun shampoo tersebut ini juga mampu membasmi sampai telur-telur kutu yang telah menempel pada bulu-bulu maupun kulit kucing anda.

Langkah-langkah dengan menggunkan shampoo seperti anti kutu dan jamur pada si kucing ini cukup mudah yaitu dengan cara memandikan kucing kesayangan anda, kemudian usapkan shampoo pada seluruh tubuh si kucing sampai merata dan setelah itu anda bilas dengan menggunakan air bersih. Jika sudah bersih, maka usapkan shampoo sampai merata pada si kucing, lalu tunggulah 5 menit saja setelah itu anda bilas kembali sampai bersih.

Supaya masalah kutu tidak mengganggu kucing anda, maka gunakanlah shampoo anti kutu dan jamur tersebut dalam dua minggu sekali saja. Sedangkan tujuan untuk pencegahannya, anda bisa memandikan si kucing satu bulan sekali saja. Tips ini bisa dilakukan untuk anak kucing yang masih berusia dibawah 2 bulan.

Menggunakan minyak telon atau tawon
Jika anda tidak mau memakai obat-obatan yang dirasa asing bagi para pecinta kucing, anda bisa memakai minyak telon atau juga minyak tawon untuk mengatasi kutu pada kucing. Cara mengatasi kutu pada kucing dengan minyak telon atau minyak tawon sangat mudah, anda cukup usapkan minyak tawon ataupun minyak telon dibagian yang terkena kutu atau di area sela-sela seperti ketiak si kucing. Cara ini cukup ampuh dan aman bagi hewan peliharaan anda.

Kalung anti kutu
Jika pecinta kucing kesulitan untuk memandikan kucingnya, cara alternatif lainnya ialah membasmi kutu pada kucing yaitu dengan kalung anti kutu. Terapi kutu seperti ini berbetuk kalung dan juga bisa dipakaikan kepada leher si kucing. Waktu pemakaian bisa sampai 1 bulanan supaya si kucing terhindar dan mengusir kutu-kutunya dengan aroma obat yang keluar dari kalung antu kutu tersebut.

Obat tetes pembasmi kutu
Alternatif cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membasmi kutu pada si kucing ialah dengan menggunakan obat tetes anti kutu. Anda bisa menemukan obat tersebut di petshop-petshop terdekat anda dengan berbagai jenis merk yang bisa anda pilih sesuka hati. Penggunaan obat tersebut bisa diteteskan pada tengkuk si kucing atau juga leher dibagian atas karena si kucing tidak bisa menjilat bagian tersebut.

Supaya pembasmian kutu kucing bisa secara tuntas, maka lakukanlah pengulangan satu bulan kedepan. Sedangkan untuk pencegahannya, anda gunakanlah dua sampai tiga obat tetes anti kutu dalam per tahunnya. Sebelum menggunakan obat ini anda usahakan baca terlebih dahulu aturan pakainya, sebab obat tersebut tidak dianjurkan pada anak kucing usia yang dibawah 2 bulanan.

Bedak anti jamur dan spray anti kutu
Saat ini banyak obat-obatan untuk mengatasi kutu pada si kucing, misalnya saja seperti spray anti kutu dan juga bedak anti jamur. Spray disini tidak disemprotkan pada peliharaan anda sampai basah dan hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatan si kucing. Untuk penggunaan spray anti kutu tersebut, anda bisa membaca ketentuannya terlebih dahulu pada kemasannya. Perhatikan juga jangan anda 'menyemprotkan' spray tersebut ke area mata, muka dan mulut kucing.

Suntik ivermectin
Tidak sedikit dari orang-orang yang mengira suntik ivermectin untuk mengatasi jamur, akan tetapi sebenarnya suntik ivermectin tersebut untuk membasmi kutu pada si kucing. Seperti obat lainnya, suntik ivermectin ini akan membasmi kutu-kutu maupun cacing dewasa pada kucing, sayangnya tidak sekaligus membunuh telur-telurnya. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, bisa anda lakukan cara tersebut kurang lebih 3 kali antara 3-4 minggu. Cara tersebut ini sangat beresiko sekali dan disarankan untuk dibawa ke dokter hewan supaya di suntik ivermectin.

Nah, mungkin setelah anda menyimak ulasan perihal Cara Mengobati Kucing yang Terkena Kutu ini, anda bisa lebih menjaga dan merawat hewan peliharaan kesayangan anda dirumah supaya tidak terjadi masalah seperti yang dibahas dalam artikel ini. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.