Header Ads

Kenapa Harga Telur Naik Kenapa Harga Telur Bisa Naik Drastis Di As?

Kenapa Harga Telur Naik? Ini 3 Penyebabnya

Telur Naik

Sudah tahu nih kalau harga telur belakangan ini semakin meroket. Padahal dulu kan, telur tuh harganya stabil banget. Nah, ternyata ada beberapa alasan kenapa harga telur jadi naik. Penasaran apa aja?

Penyebab pertama kenapa harga telur naik adalah karena musim kawin para ayam jadi nggak stabil. Jadi, biasanya para peternak bakalan kesulitan mengatur produksi telur. Selain itu, cuaca juga berpengaruh lho. Kalau cuaca lagi nggak bersahabat, produksi telur bisa turun drastis. Jadi wajar aja kalau harga telur jadi mahal.

Penyebab kedua kenapa harga telur melambung tinggi adalah karena kenaikan harga pakan ayam. Ayam butuh makanan yang sehat dan bergizi biar bisa menghasilkan telur yang berkualitas. Nah, kalau harga pakan ayam naik, otomatis biaya produksi telur juga ikut melonjak. Makanya jangan kaget kalau harga telur jadi makin mahal.

Nah, yang terakhir nih, penyebab harga telur meroket adalah karena tingginya permintaan pasar. Jadi, masyarakat suka mencari telur karena harganya murah dan gampang didapat. Makanya, saat permintaan tinggi tapi pasokan rendah, harga akan naik dengan sendirinya. Begitu deh, kecintaan masyarakat terhadap telur bikin harga jadi nggak terkendali.

Kenapa Harga Telur Naik? Mendag Zulkifli Hasan Sebut karena Bansos

Harga Telur

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, salah satu alasan kenapa harga telur naik adalah karena program bantuan sosial (Bansos). Ia mengatakan jika ada penyaluran Bansos yang menyasar pada kelompok masyarakat kurang mampu, mereka akan mengalokasikan lebih banyak uang untuk membeli telur dan kebutuhan pokok lainnya. Akibatnya, permintaan akan telur jadi tinggi dan harga pun ikut naik.

Jadi, jangan heran kalau tiap bulan harga telur selalu naik. Kita sebagai konsumen harus bijak dalam mengelola keuangan agar bisa tetap membeli telur meskipun harganya mahal. Gimana, tertarik untuk lebih bijak dalam membeli telur setelah tahu penyebabnya?

Diberdayakan oleh Blogger.