Header Ads

Tips Perawatan Mengatasi Kenari Over Birahi

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi Dengan Benar, Perawatan Mengatasi Kenari Over Birahi, Solusi Mengatasi KENARI Yang Over Birahi

Perawatan Mengatasi Kenari Over Birahi - Semua pecinta kicau manisa pasti mendambakan suara kenari gacor yang rajin serta bisa dinikmati setiap waktu. Baik itu burung kenari yang dipelihara untuk rumahan ataupun burung kenari yang biasanya dibawa untuk lomba. Namun ada kalanya kendala yang seringkali dialami para pecinta burung kenari tersebut yaitu over birahi. Over birahi ini adalah salah satu "mimpi buruk" bagi sebagian penggemar kicau manisa, baik itu kenari maupun jenis burung lainnya.

Bagaimana tidak? Burung kenari yang tadinya santai (anteng) dan rajin bersuara di tenggeran bisa menjadi kenari yang pemalas untuk bersuara (ngeplong), yaa paling hanya bersuara monoton saja. Ditambah lagi seringnya ngeruji (seperti mau keluar dari kandang/menabrak ruji kandang) tentunya akan menjadi suatu pemandangan yang kurang begitu enak untuk dinikmati ketika menyawang kenari sendiri.

Kenari over birahi ketika lomba pun juga seringkali dialami oleh para pecinta kicau mania lho. Ketika dibawa kelapangan dan melakukan sebuah pemanasan, eh..tiba-tiba burung kenari kesayangannya langsung saja ngeruji dan nge-drop. Tentunya hal ini sangatlah tidak menyenangkan sekali, boro-boro ingin juara untuk bersuara pun susahnya minta ampun. Burung kenari over birahi pun juga berdampak buruk ketika diternak, burung kenari jantan akan jadi terlalu agresif dan bahkan mengejar-ngejar kenari betina dengan secara kasar, sehingga sang betina takut dan bahkan terkadang tidak mau kawin.

Over birahi pada burung kenari betina yang sedang bertelur tersebut juga sangat beresiko telur tersebut tidak jadi, sebab burung kenari betina yang over birahi akan sering-sering meninggalkan sarang telurnya dan bahkan tidak mau mengerami telur-telurnya. Jika seperti maka kemungkinan besarnya telur burung kenari tidak akan menetas atau telur burung kenari gagal. Jika burung kenari yang dipelihara dirumahan , maka tidak akan rajin untuk bersuara lagi.

Untuk mengatasi burung kenari over birahi ada beberapa cara-cara yang harus dilakukan dan diterapkan dengan baik dan benar seperti yang akan kita jelaskan dari tim ahliperawatan.blogspot.com ini.

Cara Atasi Kenari Over Birahi

Di kutip dari sumbernya binatangpeliharaan.org yang mengatakan, over birahi itu adalah suatu kondisi birahi burung kenari yang terlalu berlebihan, sehingga burung kenari memiliki hasrat untuk melampiaskannya dengan secara berlebihan yakni kenari bisa menjadi sangat agresif dan galak. Namun jika kondisi burung kenari kurang birahi, maka burung kenari tak akan rajin berbunyi, oleh sebab itu kondisi birahi pada burung kenari haruslah stabil. Caranya ialah kita atur pada pola perawatannya sesuai karakter kenari tersebut. Berikut perawatannya:
  1. Stop terlebih dulu pemberian EF (extra fooding) pada burung kenari misalnya seperti pemberian kroto, telur puyuh dan buah apel. Sebaiknya di stop dahulu, sebab menu makanan tersebut itu mengandung protein yang sangat tinggi sehingga dapat mengakibatkan birahi kenari naik. Lihat kondisi jika burung kenari sudah mulai membaik.
  2. Jika dalam menu makanan kenari ada biji niger-nya, maka sebaiknya jangan anda berikan terlebih dahulu sebab biji tersebut bisa menghangatkan tubuh burung kenari itu sendiri.
  3. Kurangi durasi penjemuran, maksimal 1 jam saja atau lebih bagus lagi cukup 30 menitan saja. Asalkan mendapatkan sinar matahari.
  4. Tambahkan frekuensi mandinya, dan lakukan 2 hingga 4 kali mandi dalam sehari. Pagi, siang, sore dan malam hari serta atur saja waktunya. Jika perlu mandikan saja kenari disaat malam hari guna menurunkan birahinya. Tunggu sampai agak kering kemudian kerodongi kembali kandangnya.
  5. Berikan mentimun atau juga oyong untuk sebagai menu makanan tambahan secara rutin pada burung kenari.
  6. Jika perlu umbar saja burung kenari dikandang uumbaran supaya kenari bisa menghabiskan waktu dan energinya didalam kandang sehingga akan mengurangi birahinya.
  7. Untuk tambahan bisa dikawinkan dengan kenari betina yang sudah siap kawin. Kawin tak perlu banyak-banyak, cukup kenari bisa menyalurkan hasratnya saja.

Cukup sudah penjelasan singkat tentang Perawatan Mengatasi Kenari Over Birahi tersebut, semoga saja burung kenari anda yang bermasalah seperti itu bisa anda atasi dengan mudahnya. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.