Header Ads

Macam-macam Jenis Penyakit pada Kenari

Berbagai Macam Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Kenari, Macam-macam Penyakit pada Kenari, Mengobati Berbagai Jenis Penyakit burung Kenari

Macam-macam Penyakit pada Kenari - Dalam memelihara burung kenari terkadang kita menemukan banyak kasus atau penyakit yang kerapkali menyerang burung kenari kita. Tentunya sebagai pemelihara kita akan merasa gelisah dan was-was jika burung kenari kita sedang mengalami sakit, oleh karena itulah dalam hal memelihara burung kenari kita harus waspada dan juga bersiap-siap kemungkinan jika burung kenari kita terserang penyakit.

Memang terkadang di musim-musim tertentu ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang kenari. Misalnya saja seperti jamur pada kenari yang biasanya menyerang ketika cuaca hujan atau udara lembab. Burung kenari yang sakit biasanya terlihat berbeda, yangg tainya ceria lalu menjadi lemas dan terlihat lebih burung kenari yang sakit juga tak mau berbunyi lagi.

Tim ahliperawatan.blogspot.com akan menginformasikan beberapa jenis penyakit yang seringkali menyerang kenari supaya kita menjadi lebih waspada dan juga bisa menemukan solusi tepatt untuk menyembuhkan penyakit kenari kita. Namun sebelum itu, dalam memberikan obat-obatan tentunya kita terlebih dulu harus mengetahui apa saja penyebab kenari sakit, apakah disebabkan oleh bakteri, jamur, virus atau lainnya. Dan perhatikan juga pola perawatan kenari sebab perawatan yang tepat dan juga kandang yang terjaga kesehatannya bisa mencegah burung kenari terserang penyakit.

Berikut Jenis-jenis Penyakit yang Sering Menyerang Kenari

1. Jamur pada kenari
Penyakit jamur pada kenari. Jamur ini umumnya terdapat pada kaki kenari dan membuat burung kenari. Ciri-cirinya ialah biasanya kenari mengangkat satu kaki dan juga terdapat seperti gundukan pada jari kenari. Faktor penyebab utamanya ialah udara lembab serta kondisi kandang yang sangat kotor. Jika kondisi lembab, biasanya burung kenari akan mudah terserang penyakit jamur dan juga ditambah kotoran pada kandang tidak dibersihkan maka akan mempercepat pertumbuhan jamur-jamur disekitar kandangnya. Sebagaimana informasi ini yang sudah dijelaskan oleh sumbernya binatangpeliharaan.org.

2. Kenari sakit lemas

Penyakit sakit lemas pada burung kenari. Untuk jenis penyakit ini faktor penyebabnya ialah karena kenari kekurangan vitamin dan juga mineral, selain itu perawatan yang salah atau juga kenari yang sedang kurang fit. Seperti halnya manusia saja, terkadang merasa panas dingin gitu lho. Nah, untuk mengobati penyakit lemas pada kenari bisa memberikan vitamin dan mineral, dan juga perawatan yang tepat.

3. Kenari cacingan
Penyakit lainnya yakni cacingan. Kenari cacingan ditandai perubahan pada fisiknya yang makin kurus meskipun banyak makan, selain itu juga bulunya semakin kusut. Jika sudah parah kemudian akan muncul cacing atau telur cacing pada kotorannya. Untuk mengatasi penyakit cacingan kenari, berikan beberapa obat-oobatan cacing atau juga pakan alami yang mampu mengusir cacing dari kenari.

4. Kenari sakit mencret
Penyakit yang selanjutnya ialah penyakit mencret. Penyakit mencret, berak kapur, berak hijau biasanya akan timbul dengan ditandai mencret diawal. Jika semakin parah maka akan menghasilkan kotoran yang berwarna hijau pekat dan bercampur putih seperti kapur. Penyakit tersebut diakibatkan oleh bakteri pada makanan atau minuman. Bakteri tersebut tinggal di kotoran kenari yang mana terbawa pada makanan atau minuma kenari, sehingga tak sengaja tertelan.

Bakteri-bakteri yang tumbuh didalam tubuh kenari akibatnya bisa menyebabkan penyakit mencret pada burung kenari. Pengobatan yang paling tepat ialah memberikan obat-obatan yang mengandung antibiotik dan juga vitamin.

Kira-kira seperti itulah informasi yang diberitakan oleh beberapa sumber situs ternama di internet yang menjelaskan mengenai Macam-macam Penyakit pada Kenari tersebut. Mudah-mudahan saja bermanfaat dan berguna untuk para penangkar burung kicauan. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.