Header Ads

Faktor Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas

5 Faktor Penyebab Telur Kenari Gagal Menetas Dan Solusinya, Faktor Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas, Penyebab dan Cara Mengatasi Telur Burung Kenari Gagal Menetas

Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas - Berapa lama telur burung kenari menetas? Kenapa telur kenari tidak menetas? Mungkin beberapa pertanyaan-pertanyaan yang senada seperti ini seringkali ditanyakan oleh para pemula pecinta burung kenari yang sedang mencoba untuk mengembangbiakkan kenari. Tahap bertelur telah dilalui dan tinggal tahapan penetasan telur. Burung kenari akan menetaskan telur-telurnya antara 14-16 hari, umumnya sih sekitar 14 hari.

Pada tahapan penetasan telur inilah yang seringkali terjadi kegagalan. Telur-telur kenari tidak menetas ini bisa disebabkan karena beberapa faktor. Pendapat tim ahliperawatan.blogspot.com juga karena burung kenari hidup terkurung, jadi hormon-hormon yang ada tidak bisa berkembang dengan sempurna, berbeda dengan burung kenari yang hidup bebas di alam liar.

Tingkat keberhasilan dalam penetasan telur burung kenari di alam liar tentunya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan burung kenari yang ditangkarkan, namun jangan berkecil hati dulu karena burung kenari yang ditangkarkan tetap bisa menetaskan telur-telurnya meskipun terkadang kita harus mengoptimalkan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Faktor Telur Burung Kenari tidak Menetas

Telur infertile
Sumber informasi yang dikutip dari binatangpeliharaan.blogspot.com menyatakan, telur yang infertile atau telur yang tidak terbuahi menyebabkan telur-telur kenari gagal menetas. Tidak terbuahi (tak terjadi pembuahan) yang artinya telur kosong, sel induk jantan (sperma) tak membuahi telur betina. Tanda-tanda telur yang tidak infertile ialah jika dipecahkan telur tersebut tidak berbau busuk dan tidak terdapat janin.

Jika sudah terdapat janin namun tidak menetas, itu disebabkan janin mati didalam dan tidak tumbuh, bisa diakibatkan oleh faktor-faktor lainnya. Telur infertile bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
  1. Indukan kenari kurang matang. usia aman untuk dijadikan indukan burung kicauan berbeda-beda untuk burung kenari yakni sekitar 1 tahun, (bisa 8 bulan jantan 6 bulan betina). Sesuaikan umur optimal dengan kenari yang sedang ditangkarkan supaya organ reproduksinya matang. Jika sudah matang tentunya kemungkinan besar terjadinya pembuahan tinggi.
  2. Tidak terjadi pembuahan. Hal ini bisa diakibatkan kenari jantan yang kering sel induknya atau juga sel induk kenari jantan tidak masuk dan tidak membuahi telur dikarenakan terhalang oleh bulu dibagian kloakanya (dubur).

Suhu extrim
Penetasan telur kenari sangat dipengaruhi oleh keadaan suhu. Suhu yang pas, tepat dan optimal mampu menetaskan telur dengan baik, namun suhu yang terlalu panas  bisa mengakibatkan telur kenari tidak menetas. Perubahan suhu dan juga cuaca bisa menjadi faktor penentu dari keberhasilan telur menetas. Solusinya tempatkan sangkar/kandang diruangan yang teduh, terlindung dari paparan sinar matahari langsung serta angin secara langsung.

Indukan kurang vitamin
Indukan kenari yang kurang vitamin akan mengakibatkan janin yang berkembang didalam telur tidak bisa berkembang dengan baik. Solusinya berikan vitamin dan juga extra food.

Gangguan dari luar
Gangguan disini bisa diakibatkan oleh binatang lain yang mengganggu seperti kucing, kecoa, cicak, semut dan lain sebagainya. Atau juga karena kondisi yang tak menentu, terkadang sering terguncang sangkarnya.

Faktor indukan
Terkadang ada kenari indukan yang malas mengerami telur-telurnya. Seringkali keluar kandang dan bahkan ada kenari yang tidak mau mengerami telur-telurnya. Jika hal ini terjadi pada kenari anda yang masih muda bisa dimaklumi. Anda bisa menunggunya sampai usianya optimal, namun jika terjadi pada kenari indukan yang sudah berumur dan sudah beberapa kali bertelur tetapi tetap saja tidak mau mengerami telurnya, berarti kenari indukan tersebut sudah karakter bawaannya. Solusinya anda bisa mengganti indukan betina dengan yang lain.

Kurang berdoa
Urusan rezeki Allah S.W.T. semua yang memegang. Jika bukan rezeki anda telur kenari tidak menetas dan bisa jadi anda diberi ujian supaya lebih rajin lagi beribadahnya. Perbaiki sholat dan banyakin berdoa.

Jika anda sebagai pemula dan sudah menyimak ulasan mengenai Penyebab Telur Burung Kenari Gagal Menetas ini, mungkin saat ini anda sedang memilih beberapa indukan-indukan kenari yang akan dijadikan sebagai indukan ternak kenari. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.