Header Ads

Cara mudah Ternak Murai Batu, Omset Puluhan Juta

Cara Ternak Murai Batu - Memang untuk judul artikel ini kurang meyakinkan, sebab saya sendiri pun juga kebingungan untuk menentukan judulnya, maka dari itu saya membuat judul cara ternak murai batu omset puluhan juta tersebut. Dalam tata cara beternak burung murai batu sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah.

Susahnya ialah jika kita belum mengetahui tentang teknik dan caranya, begitu juga dengan sebaliknya. Mudahnya jika kita sudah mengetahui teknik dalam tata cara ternak burung murai batu. Hal yang pertama harus dipersiapkan yaitu kandang dan juga indukan murai batu yang berkualitas unggulan. Indukan murai batu yang digunakan merupakan pondasi kunci sukses dari beternak murai batu.

Semakin bagus dan berkualitas indukan murai batu yang anda gunakan, maka hasilnya pun akan membuat anda tersenyum lebar karena bisa menghasilkan murai batu anakan yang super siap untuk digembleng menjadi calon indukan maupun calon sang juara dalam kontes.

Tips Beternak Murai Batu

Sesuai penjelasan dari tim ahliperawatan.blogspot.com di atas, persiapkan kandang terlebih dahulu sebelum anda memulai beternak burung murai batu dan wajib diperhitungkan persiapan-persiapannya seperti bahan-bahan, modal dan juga lokasinya. Lokasi yang paling tepat untuk beternak murai batu ialah di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian, nyaman dan juga jauh dari hiruk-pikuknya keramaian baik dari suara motor, mesin maupun manusia.

Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula, cara beternak murai batu secara sederhana, Cara menjodohkan murai batu ala Om Wowok Pati

Selain itu juga, lokasi yang paling tepat untuk beternak murai batu yaitu didaerah yang tidak ada burung berkicau lainnya disekitar lokasi kandang ternak. Jika sampai hal itu terjadi, maka peternakan yang akan anda rintis bisa dipastikan akan mengalami gagal total, apalagi jika terdapat burung merpati yang dapat membuat murai batu kelabakan.

Lokasi yang akan anda buat kandang pun juga harus tersinari cahaya matahari langsung guna membuat burung murai batu tampil sehat dan juga jarang terkena penyakit. Pastikan lokasi kandangnya aman dari hembusan angin secara langsung, maka dari itu buatkanlah pelindung kandangnya dari tembok, papan atau juga lokasi kandangnya didinding guna menghindari hembusan angin langsung masuk kedalam kandang penangkaran.

Tips Membuat Desain Kandang Ternak Murai Batu

Sebenarnya sih desain kandang ternak murai batu itu tidak ada patokan khususnya, anda bisa sesuaikan dengan lokasi yang sudah tersedia, yang terpenting ialah lokasi kandang bisa mendapatkan cahaya matahari secara langsung, yang mana manfaat dari cahaya matahari tersebut untuk menyuplai vitamin D pada murai batu.

Cara Sukses Ternak Burung Murai Batu Untuk Pemula, cara beternak murai batu secara sederhana, Cara menjodohkan murai batu ala Om Wowok Pati

Selain itu juga didalam lokasi kandang harus dipersiapkan segala kebutuhan dari murai batu, misalnya saja seperti tempat minuman, tempat pakan, tempat bertelur dan tempat khusus mandi. Menurut sumbernya trikburung.com, desain kandang ternak murai batu harus mempunyai dua pintu yang fungsinya sebagai pintu utama dan juga pintu darurat. Pintu utama digunakan untuk keluar masuknya kandang peternakan agar lebih mudah dan juga tidak membuat murai indukan kelabakan. Sedangkan pintu darurat gunanya menyiapkan segala kebutuhan lainnya, misalkan seperti pakan dan minuman setiap harinya.

Bahan-bahan Kandang Yang Digunakan
Mengenai masalah bahan-bahannya, silahkan anda sesuaikan dengan budget anda. Jika budget lebih anda bisa menggunakan dindingnya dari tembok agar lebih kuat dan tahan lama sebab untuk beternak murai batu anda harus mematangkan tekad, jangan mencoba-coba saja. Atau bisa juga menggunakan kayu untuk kandang murai batu, tetapi untuk dindingnya bisa menggunakan batu bata ataupun batako. Cara seperti inilah yang biasa digunakan oleh para peternak murai batu agar hasilnya memuaskan.

Selain dinding, anda perhatikan juga lantai kandangnya. Lantai kandang jangan anda semen, biarkan saja tetap alami, atau bisa anda campurkan dengan pasir. hal tersebut agar kotoran burung murai batu mudah meresap dan juga terurai tanpa menimbulkan bau busuk yang bisa mengundang berbagai penyakit.

Di dalam kandang ternak berikan atau buatkan tanaman hidup agar lebih kelihatan alami. Selain itu bisa tambahkan aksesoris lainnya seperti bebatuan alam, kolam ukuran kecil supaya suhu didalam kandang lebih stabil dan sejuk seperti di habitat aslinya di alam liar.

Bahan-bahan Perlengkapan Kandang
Bahan-bahan perlengkapan lainnya meliputi tempat mandi buat murai, bisa ditempatkan baskom maupun loyang yang di isi dengan air agar indukan murai bisa mandi setiap harinya tanpa anda ikut campur tangan. Kemudian tempat bertelur, anda bisa membuatnya menggunakan rangkai kayu dan dengan alas serta dinding triplek, buatlah berbentuk persegi dengan ukuran 30x30 kemudian tingginya 30 cm yang mana ukuran tersebut mampu membuat indukan merasa nyaman ketika bertelur dan juga mengeraminya.

Selanjutnya susun sarang jika si indukan murai batu sudah mulai akan bertelur, biasanya murai akan mencari bahan-bahan sarangnya secara mandiri, maka bahan-bahan sarang tersebut bisa anda serak-serakan didalam kandang ternak. Bahan-bahan tersebut bisa berupa daun cemara, merang, daun pinus maupun jerami padi yang halus.

Tips Memilih Calon Indukan Ternak
Untuk yang terakhir ialah memilih induk murai batu yang berkualitas unggulan. Jika ada lebih budgetnya, maka sangat disarankan sekali membeli indukan murai batu yang sudah pernah juara. Hal ini adalah salah satu kunci sukses ternak burung murai batu. Karena memilih indukan merupakan pondasi utama dalam usaha ternak murai yang akan anda lakukan.

Dengan begitu perihal Cara Ternak Murai Batu  tersebut ini bisa anda jadikan sebagai referensi bisnis kedepannya, karena dengan menjalankan bisnis ini secara serius akan mendatangkan hasil yang akan membuat anda tersenyum selalu. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.