Header Ads

Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Inilah Perbedaan Kenari Jantan dan Betina yang Paling Lengkap, Cara Jitu Membedakan Kenari Jantan Dan Betina, Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Akurat 100%

Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina - Burung kenari saat ini sudah menjadi burung yang banyak ditangkarkan atau dipeliharan oleh sebagian banyak orang. Mengingat kenari ini mudah untuk berkembangbiak, sebelum mengembangbiakan burung kenari tentunya kita terlebih dulu harus bisa membedakan kenari jantan dan betina. Penentuan jenis burung kenari itu memang cukup sulit bagi para pemula, terlebih lagi jika burung kenari tersebut belum dewasa atau masih bakalan, untuk membedakan burung kenari jantan dan betina pada bakalan malah akan lebih sulit memang. Mengingat burung kenari ini adalah jenis burung yang memiliki bentuk sama antar kenari jantan dan betina, dibutuhkan pengamatan khusus untuk membedakan kenari jantan dan betina tersebut.

Kenari dewasa bisa terlihat perbedaannya lho dengan mudah yakni antara burung kenari jantan dan betina. Dan bahkan tak usah merabanya pun juga sudah terlihat perbedaannya (bagi sebagian orang). Nah, untuk pengamatan yang jauh lebih efektif lagi, disini ahliperawatan.blogspot.com akan memberikan informasi ciri-ciri kenari jantan dan betina tersebut. Simak selengkapnya:

Tips Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Sebagaimana yang dikutip dari sumbernya binatangpeliharaan.org yang menjelaskan tentang cara membedakan burung kenari jantan dan betina tersebut terbagi dua cara dan disetiap cara-caranya terdapat beberapa tahapan-tahapan yang sangat penting bagi pecinta kenari.

Membedakan kenari jantan dan betina saat masih kecil atau bakalan
  1. Terdapat urat yang berwarna merah gelap (Kehitaman) dibagian perut hingga kloaka (Dubur) anak burung kenari ketika usianya 3-7 hari. Garis ini adalah pembuluh vena atau saluran kelamin jantan. Apabila pada kenari anakan betina garis-garis tersebut tidak ada.
  2. Perbedaan postur tubuh pada burung kenari jantan dan juga betina saat masih muda. Biasanya untuk kenari jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan nampak agak panjang dari anakan kenari betina ketika masih diloloh indukannya. (Usia dibawah 1 bulan)
  3. Perbedaan lainnya terdapat di kepala kenari muda. Untuk kepala burung kenari jantan anakan lebih pipih dan burung kenari betina muda bentuk kepalanya lebih cenderung agak sedikit bulat. (Usia 2-3 bulan)
  4. Perbedaan yang paling jelas saat burung kenari sudah mulai besar. Kenari jantan anakan akan ngeriwik setelah dirinya dipisahkan dari induknya, sementara saudaranya yang kenari betina tidak ngeriwik hanya berdiam saja. (Usia dibawah 4 bulan)
  5. Lihat juga pada kloakanya (anus/ven) pada burung kenari. Jika burung kenari jantan maka kolakanya akan terlihat jauh lebih menonjol dan lurus. Sedangkan untuk kenari betinanya akan terlihat datar dan rata.

Membedakan kenari jantan dan betina dewasa
  1. Perbedaan suara pada burung kenari. Kenari jantan tentunya mempunyai suara yang sangat keras, kicauan yang ngerol serta suaranya yang bervariasi. Sedangkan untuk kenari betina tidak mengerol, dan suaranyya standar tidak memiliki banyak variasi. Burung kenari betina ada juga sih yang ngerol namun putus-putus dan lebih cenderung monoton suaranya serta tidak senyaring suara jantan.
  2. Perhatikan juga dibagian mata kenari. Ambil garis lurus paruh serta matanya. Pada kenari jantan posisi matanya sejajar dengan paruh, sedangkan untuk kenari betina posisi matanya terdapat diatas paruhnya.

Nah, untuk anda yang pecinta burung kenari pemula yang sekiranya masih belum banyak pengalaman mengenai perbedaan jantan dan betinanya, anda bisa belajar dari artikel Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina tersebut. Insya Allah informasinya bermanfaat besar bagi anda. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.