Header Ads

Cara Mengobati Suara Kenari yang Serak

Cara Mudah Mengatasi / Mengobati Suara Kenari Serak, Cara Mengobati Suara Kenari Yang Serak, Cara Jitu Mengatasi Suara Kenari Serak

Cara Mengobati Suara Kenari yang Serak - Kenari adalah jenis burung kicau finch, burung jenis ini banyak sekali dipelihara oleh orang-orang sebagai burung kicau. Burung kenari biasanya akan memulai ngeplongnya ketika diusia 5 bulan ke atas, biasanya ada yang langsung rajin bersuara dan ada juga yang lambat, tak masalah bagi burung kenari muda sebab memang perlu waktu lagi untuk menguatkan otot-otot bunyinya.

Setelah berbunyi terkadang kenari ada masalah lain yang membuat suara kenari serak. Suara burung kenari serak ini banyak faktor penyebabnya namun pada umumnya ada kotoran-kotoran yang menghambat pada tenggorokan si kenari, biasanya kotoran tersebut berupa lendir. Selain lendir memang ada lagi faktor-faktor penyebab lain dari suara kenari yang serak tersebut yakni radang, entah itu radang tenggorokan atau juga lainnya.

Untuk mengobati suara burung kenari serak ini ada berbagai macam jenis obat dan ramuan yang dapat anda berikan pada burung kenari. Obatnya juga ada yang herbal dan ada yang sintetis, bahkan ada juga tindakan seperti gurah kenari menggunakan daun obat. Tim ahliperawatan.blogspot.com menyarankan gunakanlah satu cara dahulu jika sudah tuntas maka tak usah mencoba cara yang lainnya, jika belum tuntas anda bisa mencoba cara yang berikutnya yang mudah-mudahan saja bisa mengembalikan suara burung kenari menjadi bagus.

Tips Mengatasi Suara Kenari Serak

  1. Pertama jemur di cuaca panas yang tidak begitu terik dibawah jam 9 pagi. Lakukan secara rutin.
  2. Mandi burung kenari juga harus dikurangi sebab kita tak tahu penyebab seraknya suara karena apa, bisa jadi itu karena lendir sehingga harus mengindari suasana udara dingin pada kenari.
  3. Pola makan normal, berikanlah lebih banyak lagi niger seed dan juga canary seed. Namun ada yang bilang kurangilah beberapa makanan seperti sawi, timun, oyong dan juga kunyit terlebih dulu. Karena jenis makanan tersebut dapat memicu lendir serta mengandung getah yang bisa membuat suara burung kenari makin serak. Sebagai gantinya anda berikan daun mengkudu muda untuk menu makanan tambahan obat. Selain itu mengkudu bisa diberikan daun binahong untuk burung kenari.
  4. Berikanlah air bersih yang sudah dimasak matang atau juga air mineral kemasan, sebab air yang langsung dari kran ataupun air kotor sangat kurang baik.
  5. Selama masa penyembuhan, kerodong burung kenari supaya merasa hangat dan juga masukkan kedalam rumah, terlebih jika cuacanya sedang dingin.

Dengan rutin melakukan sebuah perawatan diatas sebenarnya sudah bisa menyembuhkan suara burung kenari yang serak, namun terkadang kita kurang sadar dalam menunggu burung kenari kita sembuh. Maka dari itu ada beberapa ramuan-ramuan yang dapat anda berikan pada kenari kesayangan yang bersuara serak. Ramuan tersebut diambil dari beberapa sumber informasi. Hati-hati ketika melakukan pengobatan tersebut ini jangan membuat burung kenari malah menjadi stres.

Ramuan Obat Untuk Kenari Serak
  • Akar sereh 1 batang
  • Jahe merah 1 buah
  • Air bersih 1 gelas (Air matang atau air kemasan)
  • Madu murni sebanyak 2 tutup botol saja
  • Jeruk nipis 2 buah

Cara membuat ramuan untuk kenari yang suara serak
  1. Parut jahe merahnya terlebih dulu, sebelumnya anda bersihkan dahulu jahenya.
  2. Rebus jahe merah dan juga serehnya dengan segelas air bersih. Tunggu sampai air mendidih dan keluar bau wangi.
  3. Saring dan dinginkan air rebusan tadi.
  4. Kemudian tambahkan madu murni sebanyak 2 tutup botol, dan perasan jeruk nipis.
  5. Aduk semuanya hingga merata, lalu saring lagi jika diperlukan.
  6. Berikan ramuan pada burung kenari yang serak selama seminggu setelah dijemur.

Tips dan cara membuat ramuan yang sudah dijelaskan diatas tersebut kami kutip dari sumber binatangpeliharaan.org yang menurut kami informasinya paling akurat dan plus-plus.

Seperti itulah bagi-bagi informasi tentang Cara Mengobati Suara Kenari yang Serak tersebut. Mudah-mudahan anda yang mempunyai masalah seperti itu pada burung kesayangan anda, bisa mencoba lakukan cara diatas tersebut. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.