Header Ads

Cara Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang

Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang, Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang, Cara Mengobati Kaki Burung Yang Terluka

Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang - Pada kali ini tim ahliperawatan.blogspot.com akan intensif membahas mengenai burung kenari selama beberapa hari. Khususnya mengenai kesehatan burung kenari. Kemarin sempat mempublikasikan mengenai cara mengobati kenari sakit murung yang dapat dijadikan sebagai referensi perawatan burung kenari yang sedang murung. Dan kali ini akan membahas mengenai pengobatan kaki kenari luka pincang.

Pincang pada kaki kenari bisa disebabkan oleh luka, kejepit, benturan, kaki berkerak, terkilir atau juga salah memegang burung kenari sehingga terjadi stres pada otot-otot kenari. Sebabnya bisa berbagai macam oleh karena itu pemilik diharuskan mengetahui dahulu apa penyebabnya sehingga tindakan yang akan anda lakukan sesuai dengan masalahnya dan juga ampuh untuk menyembuhkan kaki kenari yang sedang pincang.

Selain disebabkan luka dalam (tidak terlihat), kaki kenari pincang pun juga bisa disebabkan oleh luka luar lho. Biasanya karena burung kenari yang terlalu aktif atau juga panik berterbangan didalam sangkar, maka burung kenari membentur sangkar/kandang dan terjadilah luka. Atau bisa juga kenari tak terpantau dan diserang oleh kucing dan mengenai kakinya, sehingga terjadilah kaki kenari luka dan pincang. Jika benar-benar terjadi seperti itu, maka pemilik tepat sekali datang ke situs ini.

Tips Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang

Kenari pincang luka dalam (salah otot, keseleo, benturan, kejepit dan lain-lain)
Pada dasarnya sihkaki burung kenari yang mengalami masalah keseleo atau stres otot ringan ini akan sembuh dengan sendirinya, asalkan saja makanan dan juga minumannya full masuk. Tetapi sebagai seorang pecinta buruung tentunya tidak akan tega jika melihat kenari kesayangan kita pincang ketika jalan ataupun bertengger, maka dari itulah kita harus melakukan suatu usaha untuk membantu mempercepat penyembuhan burung kenari kita, sebagaimana yang dilansir oleh situs binatangpeliharaan.org.

Namun, sebelum anda melakukan tindakan ini pastikan dulu kaki burung kenari tidak patah (sangat penting). Kaki burung kenari yang patah tandanya ada benjolan (crack/fraktur) pada kaki kenari. Jika keseleo maka tak ada benjolan pada kaki burung kenari. Berikut dibawah ini upaya penyembuhan burung kenari yang mengalami masalah luka dalam:
  1. Berdoa, bismillah semoga masalah pada burung kenari disembuhkan.
  2. Siapkan minyak urut, minyak tawon, minyak sereh, counterpain dan lain-lain (air perasan sereh maupun jahe).
  3. Tangkap burung kenari dengan lembut, dan jangan sampai mempengaruhi lukanya.
  4. Bersihkan kaki kenari dengan air hangat, kemudian cuci sampai kering.
  5. Urut pelan-pelan kaki burung kenari sambil diluruskan, sambil menggunakan minyak urut seperti diatas. Dari kaki hingga paha bagian yang sakit.
  6. Setelah itu, rawatlah dengan baik dan tunggu selama beberapa hari ada perubahan.

Cara-cara diatas inii untuk mengobati masalah kenari keseleo maupun kaki terjepit benang atau di sangkar. Sedangkan untuk burung kenari yang mengalami masalah luka luar misalnya terkena serangan kucing, maka penanganannya tentu berbeda lagi, diantaranya:
  1. Berdoa, bismillah semoga masalah kenari kesayangan kita sembuh.
  2. Tangkap burung kenari dengan lembut, dan jangan sampai memperparah luka pada kenari.
  3. Bersihkan kaki kenari dengan air hangat, kemudian cuci sampai kering.
  4. Bersihkan bagian luka kenari dengan antiseptic (betadine, rifanol dan lain-lain).
  5. Pantau terus barangkali ada luka memarnya juga. Bisa anda kombinasikan dengan cara keseleo asalkan jangan mengenai lukanya.
  6. Setelah itu, rawatlah dengan baik dan anda tunggu proses penyembuhannya, biasanya beberapa hari pasti sudah ada perubahan.

Ulasan untuk Mengobati Kaki Kenari Luka dan Pincang tersebut ini sangat dibutuhkan oleh para penangkar burung kenari di Indonesia, maka dari itu tidak heran jika para penangkar kenari semakin banyak yang mencari-cari ulasan cara mengobati luka kaki pada kenarinya tersebut. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.