Header Ads

Cara Mengobati Jamur pada Kaki Kenari

Mengobati Jamur pada Kaki Kenari, Cara Jitu Mengatasi Jamuran Kaki Pada Burung Kenari, Cara Ampuh Mengobati Jamur Di Kaki Kenari




Mengobati Jamur pada Kaki Kenari - Jamur pada kaki burung kenari memang sudah lumrah ditemukan diberbagai pecinta kicau mania. Ciri-ciri burung kenari yang terserang jamur pada kakinya ialah kenari terpantau seringkali mengangkat salah satu kakinya. Jamur atau juga bubul pada burung kenari diakibatkan oleh kondisi sangkar yang lembab dan juga kotor. Pada kondisi itulah kenari menginjak sangkarnya yang kotor dan lembap sehingga jamur bisa tumbuh subur.

Selain kondisi sangkar, perlu diperhatikan juga kondisi tangkringan burung kenari, kondisi tangkringan yang lembap pun juga bisa menjadi jalan tumbuh kembangnya jamur. Saya pernah mengalami masalah jamur pada kaki kenari kesayangan saya, memang karena keteledoran saya, burung kenari yang sedang digantung terkena aiir hujan, sehingga sangkarnya basah dan lembap, dan akhirnya beberapa hari setelah terjadi seperti itu kenari saya sering mengangkat kakinya.

Jamur tersebut sangat menganggu burung kenari baik di rumahan maupun disaat perlombaan. Ketika lomba burung kenari bisa merasa gatal-gatal dan juga malah sibuk menggaruk-garuk kakinya bukan bersuara lantang, sehingga mengacaukan penampilannya saat lomba. Burung kenari merasa tidak nyaman.

Di tambah lagi hal tersebut bisa berakibat fatal apabila tidak segera anda tangani dengan serius. Oleh sebab itu kita sebagai pemeliharanya sebaiknya menjaga kesehatan burung kenari dari dari masalah jamur tersebut dengan secara rutin untuk membersihkan sangkar dan menjemur kenari, penjemuran tersebut ini juga selain berfungsi untuk menyehatkan, juga supaya sangkar kenari tidak lembap sehingga bisa menekan pertumbuhan jamur didalam sangkar.

Nah, tim ahliperawatan.blogspot.com sudah mempersiapkan beberapa tips-tips penting untuk mengobati jamur pada burung kenari anda. Simak selengkapnya dibawah ini:


Tips Mengobati Jamur pada Kenari


Jika sudah terlanjur burung kenari terserang jamur, maka anda harus segera mengobatinya secara serius. Berikut ini cara-cara pengobatan jamur pada kenari:

  1. Tangkap kenari yang akan anda obati dengan pelan-pelan dan lembut.
  2. Setelah itu anda cuci kaki burung kenari dengan air hangat, dan sesekali di usap-usap supaya melunturkan jamurnya, lalu keringkan dengan tisu atau juga lap bersih hingga benar-benar kering.
  3. Berikan salep anti jamur. Ada banyak merk salep, misalnya seperti salep88, salep bio clean, daktarin dan lain sebagainya.
  4. Lakukan sehari sekali hingga jamur hilang dan bersih.
  5. Bersihkan kandang dengan sabun atau shampoo anti jamur. Lalu keringkan hingga benar-benar mengering.
  6. Cuci kerodong kandang sampai bersih dan mengering.
  7. Untuk jaga-jaga, oleskan seminggu atau juga dua minggu sekali salep anti jamur tersebut untuk pencegahan supaya jamur tidak kembali menyerang.


Dengan melakukan langkah-langkah yang dilansir dari situs binatangpeliharaan.org tersebut diatas bisa memberikan keringanan bagi para penangkar yang mengalami masalah pada kenarinya.

Seperti itulah cara Mengobati Jamur pada Kaki Kenari tersebut. Dipastikan artikel diatas ini telah banyak ditunggu-tunggu oleh para penangkar burung kenari yang memiliki masalah seperti itu. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.