Header Ads

Cara Mengobati dan Mencegah Kenari Sakit Murung

Mengobati dan Mencegah Kenari Sakit Murung, Mengobati Berbagai Jenis Penyakit burung Kenari, GRIYA KENARI: PENGOBATAN PADA KENARI

Mengobati dan Mencegah Kenari Sakit Murung - Ada banyak macam jenis penyakit kenari, dan salah satunya yang seringkali kita jumpai ialah kenari sakit murung. Burung kenari tidak terlihat bersemangat dan hanya berdiam saja ditenggeran atau juga terkadang hanya dibawah sangkarnya saja sambil berdiam dan murung. Saat musim penghujan akan lebih banyak lagi ditemukan kasus-kasus seperti itu, sebab biasanya penyakit ini penyebab kenari murung banyak berkembang dimusim penghujan, karena medianya cocok sehingga bakteri-bakteri banyak tumbuh kembang apalagi jika kondisinya lembap.

Sakit murung pada burung kenari sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak penyakit, kondisi burung kenari murung ini hanyalah efek dari sakit tersebut yang mana merupakan 'upaya' dari si kenari untuk sembuh dengan menghemat tenaganya. Untuk mengetahuinya anda perlu melakukan pemantauan yang lebih dalam dan ciri-ciri yang lebih banyak lagi supaya diagnosa terhadap penyakit burung kenari tersebut lebih akurat. Namun terkadang kita tak tahu apa penyakit dari kenari murung. Untuk pertolongan pertama pada burung kenari murung anda bisa dengarkan penjelasan dari tim ahliperawatan.blogspot.com dibawah ini.

Tips Mengobati Kenari Sakit Murung

Seperti yang sudah pernah disampaikan oleh sumbernya binatangpeliharaan.org yang mengatakan, kita harus mengetahui dahulu utamanya yang menyebabkan burung kenari murung dan bisa memulai pengobatan mengenai sakitnya. Namun jika tidak mengetahui sakitnya maka kita bisa melakukan sebuah perawatan maksimal dan juga mencoba pola perawatan seperti dibawah ini:
  1. Jemur burung kenari pada suhu panas yyang tidak menyengat (08.00 - 09.00).
  2. Berikan pakan kenari dengan mencampurkan niger seed, sebab bisa menghangatkan.
  3. Berikan protein tambahan, misalnya seperti telur puyuh maupun kroto.
  4. Pada air minumnya berikan multivitamin (air minum yang sudah matang atau air kemasan).
  5. Masukkan dan kerodong sangkar jika cuacanya sedang mendung. Wajib di kerodongi saat malam supaya tidak kedinginan.

Jika sakit pada kenari masih berlanjut atau bahkan semakin parah, maka pemberian obat-obatan wajib segera anda berikan sebab bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan serius.

Tips Mencegah Kenari Sakit Murung

Untuk pencegahan supaya burung kenari tidak murung lagi, anda bisa melakukan perawatan-perawatan harian biasa yang anda lakukan setiap hari dengan tambahan-tambahan lainnya seperti:
  1. Sayur-sayuran harus masuk dan di seling.
  2. Bersihkan kandang, jangan sampai udara lembap didalam kandangnya.
  3. Gunakan air matang untuk minum kenari.
  4. Kerodong kandang kenari jika cuaca sedang dingin.

Nah, saya rasa informasi cara Mengobati dan Mencegah Kenari Sakit Murung tersebut ini bisa memberikan sedikit tambahan pengetahuan atau wawasan yang penting khususnya bagi para peternak burung kenari. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.