Header Ads

Cara Perawatan Burung Lovebird Menjelang Perlombaan

Perawatan Lovebird Sebelum Kontes, Perawatan Lovebird Harian dan Lomba Agar Ngekek Panjang, Cara Perawatan Lovebird Menjelang Lomba

Cara Perawatan Burung Lovebird Menjelang Perlombaan - Merawat burung lovebird yang sudah siap masuk ke perlombaan agar mampu berkicau dengan suara ngekek panjang memang tergolong cukup sulit jika anda belum tahu teknik dan cara melakukan perawatan secara benar. Dan begitu juga sebaliknya, jika anda sudah mampu mengerti serta mengenali burung lovebird, maka untuk membuat burung lovebird mengeluarkan kicauan sambil bergaya ngekek, mungkin akan lebih mudah nan simpel.

Dalam dunia burung berkicau. Lovebird tergolong salah satu jenis burung yang mempunyai ekunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh burung-burung kicauan jenis lainnya. Gaya berkicau ngekeknya bagaikan orang mabuk, hal itulah yang membuat kebanyakan orang-orang ingin mengenal jauh lebih dekat dengan burung lovebird.

Bisa dikatakan jika lovebird mempunyai suara kicauan yang cukup merdu nan indah. Selain keindahan suara kicauannya, lovebird tersebut juga mempunyai beberapa varian kombinasi waran yang cukup memukau bagi orang-orang.

Banyak sekali orang-orang yang sengaja untuk memburu lovebird yang sudah jadi dan sudah mampu berkicau dengan sempurna. Seringkali kita temui jika suara ngekek lovebird tersebut bisa mencapai 2-4 menit tergantung dari kualitas serta pelatihan harian yang diberikan pada lovebird tersebut. Disini tim ahliperawatan.blogspot.com sudah mempersiapkan penjelasan mengenai cara-cara perawatan lovebird saat menjelang perlombaan. Untuk selanjutnya, simak info dibawah ini:

Cara Perawatan Burung Lovebird Saat Menjelang Perlombaan

Untuk tahap melakukan perawatan pada lovebird menjelang lomba, tak ada perawatan khusus yang harus anda lakukan lho. Intinya sih lakukan saja pelatihan pada lovebird anda dengan melakukan suara pemasteran serta beberapa latihan-latihan rngan. Dan jangan lupa juga makanan harian selalu anda kombinasikan.

Untuk membuat burung lovebird anda menjadi juara, ada beberapa faktor-faktor penting yang harus anda renungkan, dan salah satunya oalah faktor trah dan keturunan. Trah yang bagus nan berkualitas akan lebih mudah untuk menjadikan burung lovebird mengikuti sang indukan, misalnya indukan lovebird sudah pernah juara dan mempunyai kicauan serta suara ngekek yang tergolong unik, maka keturunan yang akan dihasilkannya akan lebih dominan mengikuti sang induknya.

Perawatan Lovebird Sebelum Kontes, Perawatan Lovebird Harian dan Lomba Agar Ngekek Panjang, Cara Perawatan Lovebird Menjelang Lomba

Sebagaimana saran yang diberikan dari trikburung.com untuk para penangkar lovebird, jika ingin membeli lovebird maka tanyakan terlebih dulu trah dan keturunan pada sang penangkar. Hal itu untuk mengetahui garis keturunan dan rekan jejak sang indukan yang nantinya juga akan dibutuhkan jika sudah masuk dalam tahap masa perawatan serta pelatihan khusus untuk masuk kontes.

Perawatan Harian Burung Lovebird

Jangan hanya sebelum ikut kontes saja lovebird anda dilakukan perawatan, lebih bagus lagi dilakukan latihan dan juga perawatannya setiap hari. Karena latihan yang anda berikan juga akan sangat mempengaruhi kualitas suara yang akan dihasilkan lovebird. Selain itu juga, lovebird akan lebih mudah untuk anda tempah dan mudah menuruti sang juragan sesuai yang diinginkan, misalnya dilakukan pemasteran harian, memberi makan berkualitas yang bisa membangkitkan gairah berkicau dari lovebird tersebut.

Tahap yang pertama harus dilakukan untuk membuat burung lovebird berkicau gacor dan juga mampu ngekek panjang, hal berikut ini yang perlu anda lakukan setiap hari pada burung lovebird tersebut.

  1. Setiap pagi, jangan lupa selalu memberi udara segar pada burung lovebird atau bisa juga di angin-anginkan dan lakukan beberapa menit saja supaya untuk membiasakan diri burung lovebird menghirup udara bebas ketika pagi hari sesuai yang terjadi jika lovebird di alam liar. Nantinya jika hal tersebut sering atau rutin dilakukan, biasanya lovebird tersebut akan berkicau sedikit-demi sedikit dan dicampur dengan gaya ngekek panjang yang unik. Jangan lupa juga untuk membersihkan kotoran dan sangkarnya, misalnya mengganti air minum, pakan dan lain sebagainya.
  2. Setelah tahap angin-anginkan selesai, kemudian tahap berikutnya mandikan burung lovebird sesuai kebiasaan, bisa mandi dalam keramba khusus atau juga bisa disemprot dengan spreyer. Silahkan anda lakukan sesuai kebiasaan yang anda lakukan. Ketika lovebird sudah dimandikan dan dijemur, gantang jangan terlalu lama-lama yang penting bulunya kering sudah langsung anda teduhkan kembali. Kemudian bisa anda angin-anginkan di teras atau juga disamping rumah agar otak lovebird lebih segar dan rilex sambil mengeluarkan suara kicauan andalannya.
  3. Tahap selanjutnya setelah anda angin-anginkan, maka lakukan pemasteran dengan antar burung maupun kaset. Lakukan pemasteran sampai menjelang sore hari dan lebih bagus lagi jika dilakukan setiap hari. Hal tersebut akan terus membangkitkan naluri serta suara lovebird jadi bervariasi tergantung dari jenis dan irama burung yang digunakan sebagai masteran.
  4. Setelah sore, berikan beberapa makanan harian yang biasa sesuai kebiasaan anda beri, misalnya saja seperti kangkung, kacang panjang, kecambah serta jagung bisa secara bergantian atau juga satu kombinasi, itu tergantung kebiasaan.
  5. Setelah malam hari, lovebird bisa dimasteri hingga pagi. Memasteri lovebird pada malam hari itu sangat bagus jika sangkar lovebird-nya anda kerodongi. Hal tersebut untuk membuat lovebird lebih tenang serta mampu menyerap suara-suara yang didengarnya dari luar.

Perawatan Lovebird Saat Sebelum Masuk Kontes

Seperti yang dikabarkan dari situs trikburung.com bawah tahap yang terakhir dalam perawatan lovebird ialah melakukan perawatan satu minggu saat sebelum masuk kontes. Lovebird yang biasa menjadi juara dilapangan, dilakukan beberapa tahap latihan. Misalnya saja anda berikan makanan khusus dan di masterin serta hal-hal tertentu harus dihindari guna membangkitkan dan menyimpan tenaga suara lovebird agar nantinya di arena kontes lovebird mampu berkicau ngekek dengan sangat sempurna.

Pastikana anda sudah mengetahui kualitas mental dari lovebird tersebut, karena mental juga akan berpengaruh besar. Mental yang bagus bisa membuat lovebird mampu menyesuaikan diri dimanapun saja dengan cepat tanda adanya rasa ketakutan jika melihat manusia banyak atau mendengar kicauan jenis lovebird lainnya.

Hal-hal tersebut ini yang harus dilakukan para penangkar sebelum lovebird-nya masuk lomba, bisa dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut ini:

  1. Satu minggu saat sebelum lovebird masuk perlombaan, jangan lupa perhatikan mental dan melatihnya dengan cara menggantangnya diketinggian. Lakukan beberapa menit saja setiap pagi selama 5 hari secara berturut-turut agar melatih mental juara pada lovebird.
  2. 3 hari sebelum lovebird masuk kontes, burung lovebird sudah tidak dilakukan latihan lagi. Lebih bagusnya tempatkan lovebird di ruangan khusus yang ada sirkulasi udaranya dan jangan sampai lovebird melihat atau mendengar suara burung lainnya.
  3. Berikan makanan yang gizinya tinggi, misalnya biji-bijian berguna untuk menyimpan tenaga serta merangsang suara burung lovebird untuk lebih keras dan juga lantang. Usahakan jangan anda keluarkan sampai masa perlombaan tiba.
  4. Satu hari sebelum lovebird masuk kontes, bisa anda lakukan penjemuran atau diangin-anginkan saja lovebird-nya selama 10 menit. Setelah itu, berikan makanan tambahan yang mengandung mineral serta karbohidrat guna mendongkrak suara lovebird itu sendiri.

Dengan mengetahui Cara Perawatan Burung Lovebird Menjelang Perlombaan tersebut ini, dipastikan anda tergolong sebagai penangkar lovebird pemula tentunya informasi seperti ini sangat dibutuhkan sekali untuk pelajaran penting dalam beternak lovebird khususny. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.