Header Ads

Cara Mudah Mengobati Kaki Kenari Patah

Menangani & merawat burung yang patah kaki, Cara Mengobati Kaki Kenari yang Patah, Cara Menyambung Kaki Burung Kenari Yang Patah Lengkap

Cara Mengobati Kaki Kenari Patah - Burung kenari merupakan jenis burung kicau yang memiliki ukuran tubun sangat kecil, secara otomatis ukuran kakinya pun juga kecil oleh karena itulah tidak aneh memang karena terkadang kita sendiri sering menjumpai kaki kenari patah dikarenakan beberapa hal. Dengan ukuran kaki yang sangat kecil, memang sangat rawan terhadap kaki yang patah, ditambah kenari merupakan jenis burung yang super aktif bergerak sehingga tak menuutup kemungkinan terjadinya kaki patah pada kenari.

Jika anda menjumpai hal yang seperti ini terkadang para penangkar malah ada yang ogah-ogahan untuk mengobati kaki patah pada kenari, akhirnya kenari hanya ditelantarkan dan dirawat seadanya. Mudah-mudahan saja kita bukan termasuk orang yang seperti itu yaa. Mengobati kaki kenari yang patah tidak mustahil dilakukan, dan bahkan memiliki peluang sembuhnya sangat besar, sudah banyak buktinya orang-orang yang pernah berhasil ketika mencoba merawat kenari yang kakinya patah sampai sembuh seperti semula.

Untuk mengobati burung kenari kaki patah anda perlu mengetahui kondisi pada kenari terlebih dulu. Maksudnya kondisi patahannya seperti apa dan lokasi kaki patahnya dimana. Kondisi kenari kaki patah tersebut itu ada 2 kemungkinan yakni patah terbuka atau patah tertutup. Patah terbuka ialah kondisi kaki kenari patah hingga tulang terlihat keluar atau ada luka yang keluar, sedangkan untuk patah tertutup ialah kondisi kaki kenari patah di dalam sehingga tak sampai ada luka yang keluar. Penangan untuk kedua jenis dari patahan tersebut sebenarnya sama saja namun ada tambahan untuk patahan terbuka.

Disini tim ahliperawatan.blogspot.com akan menjelaskan ada beberapa langkah-langkah yang bisa anda lakukan pada kenari kesayangan anda yang mengalami patah kaki. Simak saja selengkapnya:

Tips Mengobati Kaki Kenari yang Patah

Sebagaimana yang dilansir dari situs binatangpeliharaan.org, sebelum melakukan tindakan sebaiknya anda siapkan terlebih dulu beberapa peralatan-peralatan yang akan dibutuhkan misalnya seperti solatip (solatip terbuat dari kertas), gunting, lidi, karton atau juga tusuk gigi, betadine atau juga antiseptic lainnya. Setelah semua alat-alat tersebut siap dan carilah seorang partner supaya memudahkan anda dalam melakukan suatu tindakan.

  1. Tangkap burung kenari dengan lembut dan jangan sampai memperpatah luka pada kakinya. Peganglah dengan benar supaya kenari merasa nyaman.
  2. Cucilah dengan air hangat dan keringkan sampai benar-benar mengering dengan tisu itu lebih baik, jika lukanya termasuk patah terbuka maka bersihkanlah lukanya dengan antiseptic hingga bersih.
  3. Siapkan mal atau juga cetakan kaki kenari dengan karton. Buatlah cetakan sesuai dengan bentuk kaki burung kenari yang patah tersebut. Gunakanlah lidi untuk memudahkan menekuk karton.
  4. Luruskan kaki burung kenari yang patah sejajar supaya tulangnya menempel. Siapkan lidi-nya untuk menopang kaki kenari supaya tidak banyak bergerak nantinya.
  5. Lekatkan karton untuk membungkus kaki kenari yang patah dengan solatip, dan jangan lupa untuk selipkan lidi buat sekedar untuk memperkuat topangan. Balut hingga paha supaya kaki tidak banyak bergerak.
  6. Sementara itu singkirkan tangkringan jika burung kenari terlihat lemah. Letakkan minuman dan makanan dibawah terlebih dulu supaya mempermudah kenari. Berikan juga vitamin serta mineral pada air minumnya.
  7. Rawatlah dengan sabar, jika kenari sudah terlihat bisa berjalan maka anda bisa berikan tangkringan lagi. Dalam waktu beberapa minggu kaki burung kenari biasanya sudah ada perubahan dan bahkan bisa sembuh.

Mungkin dengan dibuatkannya informasi tentang Cara Mengobati Kaki Kenari Patah ini dapat bermanfaat serta berguna bagi para pecinta burung kicauan yang mempunyai masalah seperti itu ataupun hanya sekedar pelajaran tambahan untuk referensi kedepannya. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.