Header Ads

Cara Mudah Memandikan Burung Kenari

Cara Memandikan Burung Kenari - Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang suka mandi. Baik dilihat dari habitat aslinya ataupun didalam sangkar, burung kenari seringkali terpantau mandi sendiri. Di alam bebas burung kenari kerapkali mandi digenangan air ataupun sumber air lainnya seperti danau maupun sungai, tempat tinggal burung kenari biasanya tidak jauh dari perairan. Ketika didalam sangkar biasanya kenari mandi didalam cepuk air minum jika suasana cuacanya sedang panas-panasnya. Mandi bagi burung kenari memang sangat penting, disamping dapat membersihkan tubuhnya, mandi juga bagi burung kenari dapat menyegarkan tubuh, bagi burung kenari peliharaan mandi itu bisa mengontrol kondisi birahi atau juga bisa mengatasi kenari over birahi.

Burung kenari yang rutin mandi setiap harinya akan terlihat jauh lebih mengkilap dan bulu-bulunya bersih dibandingkan dengan kenari yang jarang sekali dimandikan. Bahkan kondisi birahinya pun bisa stabil apabila burung kenari rutin dimandikan. Mandi memang sangat baik bagi kenari namun waktu dan durasinya harus tepat. Jika berlebihan maka tidak bagus untuk burung kenari, terlebih lagi jika kondisi kenari sedang drop maupun kurang sehat.

Tim ahliperawatan.blogspot.com akan menjelaskan mengenai cara-cara memandikan burung kenari dengan benar, simak saja selengkapnya dibawah ini:

Cara Memandikan Burung Kenari

Seperti yang dilansir dari binatangpeliharaan.org yang mengatakan bahwa memandikan burung kenari itu memang baik bagi kesehatan kenari, selain itu juga bisa membuat kenari lincah dan yang paling penting birahi kenari bisa terkontrol dengan stabil. Jadi insya Allah bisa semakin gacor kenari dalam berkicau. Namun memandikan burung kenari juga ada cara atau teknik khusus agar burung kenari tidak stres nantinya.

Tips Cara Memandikan Burung Kenari Yang Baik Dan Benar, Cara Memandikan Burung Kenari Dengan Baik dan Benar, Cara Menjemur Burung Kenari Dan Manfaatnya

Ada 2 cara memandikan burung kenari. Yang pertama ialah dengan menggunakan sprayer (Semprotan), yang kedua menggunakan tempat mandi (Tempat air minum yang berukuran besar) atau bisa juga menggunakan keramba mandi. Memandikan burung kenari anakan juga bisa lho namun cukup di pagi hari saja. Terkadang juga da yang memandikan burung kenari dengan air hangat ketika malam, namun pastikan terlebih dulu air tidak terlalu panas cukup suam-usam kuku saja ya.

Cara memandikan burung kenari dengan semprotan
  1. Pertama anda perhatikan lingkungan serta kondisi burung kenari tersebut, apakah dalam kondisi yang prima ataukah sedang sakit. Jika dalam kondisi bulu ke atas atau juga sedang lesu maka sebaiknya kenari jangan dimandikan terlebih dulu, jika kondisi kenari lincah dan segar bugar silahkan anda mandikan. Perhatikan juga lingkungan disekitarnya, yang terutama ialah cuacanya, jika sehabis hujan dan masih dalam kondisi mendung maka sebaiknya kenari jangan dimandikan dahulu, terkecuali cuaca sedang cerah silahkan saja dimandikan.
  2. Waktu normal untuk memandikan burung kenari yaitu antara pagi hari pukul 07.00 - 09.00 dan pada sore hari pukul 15.00 - 16.00. Namun ada kalanya burung kenari butuh dimandikan pada siang dan juga malam hari yakni ketika kondisi sedang over birahi.
  3. Keluarkan kandang dan bersihkan kotoran serta sisa makanan didalam sangkar. Kemudian keluarkan pakan serta air minum kenari supaya tidak terkena air semprotan.
  4. Setel atau setting semprotan supaya keluarnya halus, kemudian mulailah semprotkan air pada burung kenari dalam kandang. Semprotkan dan arahkan ke tubuh dan juga sayapnya, jangan sampai anda arahkan ke matanya yaa. Dan jangan sampai juga menyemprotkan burung kenari dari arah depan sampai ke arah lainnya.
  5. Setelah air didalam sprayer habis setengah atau juga kenari sudah basah, maka segera angin-anginkan kenari ditempat yang sejuk dan jangan langsung anda jemur. Tunggu sampai air di bulu-bulu kenari turun, setelah itu barulah anda jemur. Hal ini dilakukan agar bulu-bulu kenari tidak pecah nantinya.
  6. Jemur sekitar 1 sampai 2 jam saja, sampai benar-benar mengering.
  7. Setelah kenari kering, masukkan kembali pakan dan juga air minumnya kedalam sangkar, atau juga anda bisa tambahkan sayur kesukaannya didalam sangkar tersebut.

Cara memandikan burung kenari dengan cepuk
  1. Langkah 1-3 anda samakan dengan cara seperti di atas.
  2. Siapkan cepuk berukuran besar, biasanya untuk pakan ayam atau wadah lainnya. Isi air kemudian masukkan kedalam kandang burung kenari.
  3. Biarkan kenari mandi dengan sendirinya didalam cepuk.
  4. Jika masih tidak mau mandi, anda bisa memancingnya dengan menggunakan sedikit menyemprotkan air kepada bulunya.
  5. Jika burung kenari sudah selesai mandi, anda bisa ambil kembali cepuknya.

Tips Cara Memandikan Burung Kenari Yang Baik Dan Benar, Cara Memandikan Burung Kenari Dengan Baik dan Benar, Cara Menjemur Burung Kenari Dan Manfaatnya

Jika burung kenari anda adalah tipe burung kenari yang suk mandi sendiri, maka sangat beruntung sekali karena anda tidak usah repot-repot menyemprotkan aiir pada kenari. Namun bagii penghobi burung sih tiidak ada kata capek untuk merawat burung kesayangan mereka.

Nah, kira-kira apaka anda sudah bisa Cara Memandikan Burung Kenari dirumah anda sendiri? Jika belum bisa, anda bisa mencoba cara-cara yang sudah dijelaskan dalam artikel diatas tersebut. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.