Header Ads

10 Cara mudah Merawat Kucing Peliharaan Untuk Pemula

10 Cara merawat kucing untuk pemula, 10 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula, 10 cara merawat kucing persia untuk pemula

10 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula - Kucing merupakan salah satu hewan atau binatang peliharaan yang sangat paling disukai oleh manusia. Selain lucu, perilaku si kucing juga sangat begitu menggemaskan. Akan tetapi, tahukah anda cara untukk merawatnya? Semua hewan atau binatang mempunyai sifat sensitif yang wajib dipahami oleh para manusia. Jika anda adalah seorang pemula dan ingin mengetahui cara-cara merawat kucing yang baik dan benar, yuuk..ikuti langkah-langkah dasar dibawah ini seperti yang disebutkan oleh merdeka.com.

Inilah 10 Cara Dasar Merawat Kucing Bagi Pemula

1. Anak kucing membutuhkan jumlah kandungan gizi dua kali lebih besar dari kucing dewasa. Meskipun anak kucing tersebut membutuhkan lebih banyak nutrisi, namun itu bukan berarti si pemelihara atau anda harus memberinya makanan-makanan yang berlebihan. Setelah usia anak kucing mencapai 5-6 minggu, maka berikanlah makanan dengan secara rutin sebanyak 4 kali dalam sehari.

2. Jangan anda berikan makanan-makanan anjing untuk hewan peliharaan kucing anda! Karena makanan-makanan anjing itu tidak mengandung taurin, nutrisi yang di butuhkan oleh hewan kucing yaitu untuk mencegah penyakit jantung dan juga penglihatan kabur.

3. Setelah kucing berusia 8-10 bulan, anda bisa membiasakan si kucing anda untuk makan-makanan rumah, misalnya saja seperti nasi dan juga susu. Kebiasaan tersebut ini harus dilakukan sejak dini pada peliharaan kucing anda.

4. Tidak usah memandikan kucing dengan secara teratur. Disaat bulu kucing sudah mulai berbau, maka anda bisa memandikannya dengan menggunakan air dingin. Air panas bisa merusak bulu-bulu kucing anda dan bahkan bisa juga menyebabkan iritasi kulit pada peliharaan kucing anda.

5. Sikat bulu kucing dengan secara rutin dan teratur. Hal tersebut bisa menghilangkan rambut mati, kuman dan bahkan bakteri pada bulu.

6. Pergi keluar dan juga bermain dengannya. Kegiatan fisik seperti ini bisa membantu pertumbuhan serta perkembangan si anak kucing peliharaan anda dengan baik. Hewan peliharaan anda tersebut akan tumbuh sehat dan bahkan lincah.

7. Ajari peliharaan kucing anda dengan kebiasaan hidup sehari-hari. Anda bisa juda memulai mengajarkannya dengan beberapa kebiasaan yang baik untuk kucing peliharaan anda misalnya saja untuk pergi ke toilet, makan maupun ke tempat tidur.

8. Bersikap dengan tegas pada perilaku buruk dari kucing peliharaan anda. Anda harus bersikap lebih tegas pada kucing peliharaan anda yang berperilaku buruk yang telah ia tunjukkan. Dengan begitu, si kucing peliharaan anda akan mengerti mana hal-hal yang baik dan juga mana hal-hal yang buruk.

9. Vaksinasi wajib dilakukan dengan secara rutin supaya menghindarkan kucing peliharaan anda dari serangan penyakit dan juga virus yang mematikan. Untuk itu, lakukan konsultasi dengan dokter hewan terdekat anda.

10. Anda harus rajin-rajin untuk membersihkan peliharaan kucing anda seperti mencuci telinga, gigi dan juga kuku kucing. Sebab, spot-spot tersebut sangatlah rentan terhadap kuman serta bakteri jahat lho. Jika anda dibiarkan kotor begitu saja, hal itu bisa menyebabkan infeksi terhadap kucing.

Jadi, bukan hanya manusia saja yang membutuhkan perawatan khusus, namun juga hewan membutukan perawatan yang super khusus. Soo..jagalah kebersihan hewan peliharaan kucing anda dengan secara rutin dan teratur. Atau jika anda memiliki hewan peliharaan kucing persia, anda bisa baca Cara Mudah Memandikan Kucing Persia Dirumah dengan Baik.

Nah, itulah 10 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula tersebut. Bagi anda yang masih pemula, sebaiknya ikuti langkah-langkah mengenai perawatan hewan peliharaan kucing anda. Terima kasih banyak dan selamat mencobanya...

Sumber berita : http://www.mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.