Header Ads

Cara Penggemukan Ternak Kambing, Cara Termudah Dan Simple

USAHA TERNAK KAMBING PENGGEMUKAN 1.... - Nutrisi, Budidaya Ternak Kambing - Fermentasi Jerami Pakan, Managemen Dasar Penggemukan Ternak Kambing atau
Ternak Kambing Super
Tips Penggemukan Ternak Kambing - Kalau ternak kambing anda kurus, jangan khawatir kami akan memberikan sebuah solusi atau cara termudah buat penggemukan kambing anda sebelum anda menjualnya. Supaya ternak kambing anda gemuk saat akan dijual, sebaiknya belilah kambing yang umurnya sudah mencapai 10 bulanan, sehingga untuk masa penggemukannya tak begitu memerlukan waktu yang panjang cuma sekitar 5 bulanan ternak kambing anda siap dijual.

Biasanya para peternak menargetkan penjualanya  pada waktu hari raya idul adha, jadi 5 bulan saat sebelum hari raya tersebut anda harus sudah mempersiapkan ternak kambing dengan kandangnya, sehingga ketika waktu 5 bulan yang telah dihabiskan buat penggemukan ternak kambing anda. Dan yang terutama untuk langkah penggemukan ini tidak harus dengan cara-cara yang curang dan merugikan orang lain, soalnya kalau hal tersebut terjadi maka itu bisa merugikan diri sendiri selain mendapatkan dosa juga anda tak akan dipercaya oleh konsumen-konsumen lainnya.

Perlu anda ketahui juga dalam memilih hewan kambing yang bakal diternak mesti sehat, tidak memiliki kecacatan dan juga lain-lainnya dengan tujuan supaya waktu selama 5 bulan tersebut benar-benar anda manfaatkan buat penggemukan ternak kambing anda, bukannya malah mengurus kambing yang cacat atau sedang sakit.

Kalau anda memang nekad ingin terjun didunia peternakan namun modal tak mencukupi buat membeli kambing-kambing yang umurnya mencapai 10 bulan, solusinya adalah mencari partner atau orang yang bisa diajak bekerja sama buat usaha tersebut dengan cara atau langkah bagi hasil, dengan begitu anda tak usah mengeluarkan modal yang banyak dan tinggal merawatnya doank hingga tepat pada saatnya ternak kambing anda dijual.

Atau juga sebaliknya, kalau anda tak memiliki modal yang besar serta tak mau sibuk dalam merawatnya, anda carilah kerabat atau orang lain yang sekiranya mau di ajak bekerja sam buat merawat ternak anda dengan cara seperti tadi yaitu bagi hasil, soalnya kalau memakai cara sistem gaji terkadang kita bakal susah mencari orang yang bisa di ajak bekerja sama.

Cara Penggemukan
- Beli kambing yang usianya sudah 10 bulan
- Kasih pakan selama 5 bulan lamanya
- Buat kandang dengan ukuran 6x6 meter untuk isi 20 ekor
- Didalam kandang harus dikasih batas-batas atau sekatan supaya ternak tak beradu
- Kasih pakan 3 kali sehari; pagi, siang dan juga sore
- Berikan sesekali pakan yang bernilai gizi tinggi guna menjaga kesehatannya

Untuk pembuatan mengenai kandang ternak kambing anda, sebainya carilah lokasi yang tak begitu jauh dari tempat tinggal anda supaya bisa mempermudah pemeliharaannya, adapun untuk ukuran kandang yang paling ideal ialah berukuran luas 6x6 meter, itu untuk 20 ekor ternak kambing dan didalam kandang tersebut anda harus membuat sekatan agar kambing-kambing tersebut tak beradu.

Selain itu juga, anda diharuskan untuk memberikan pakan pada ternak kambing anda sebanyak tiga kali dalam satu hari. Saat pagi, siang dan juga sore hari. Dan juga jangan lupa buat memberikan sebuah makanan yang bergizi tinggi untuk kesehatan ternak anda bisa terjaga, untuk itu pilihlah rumput yang bagus rumput yang disukai sama ternak anda.

Demikianlah ulasan tentang berbisnis Tips Penggemukan Ternak Kambing sebelum anda menjualnya. Mudah-mudahan cara tersebut bisa dilakukan oleh semua peternak-peternak yang ada ditanah air khususnya para peternak pemula, terima kasih.

Baca Artikel Lainnya:
Cara memilih bibit ikan gabus super buat bisnis ternak
Cara Mencegah Dan Mengatasi Serangan Penyakit Terhadap Kambing
Cara Merawat Hewan Peliharaan, Dengan 8 Langkah
Diberdayakan oleh Blogger.