Header Ads

Perawatan Khusus Persiapan Kenari untuk Lomba

Perawatan Persiapan Kenari Untuk Lomba Agar Juara, Menyiapkan kenari lomba: Melatih mental dan suara panjang, Perawatan Kenari Untuk Persiapan Lomba

Perawatan Khusus Persiapan Kenari untuk Lomba - Burung kenari itu termasuk golongan jenis burung yang tidak absen didalam lapangan perlombaan burung kicauan, baik itu hanya sekedar latihan bersama maupun kontes burung kenari. Cara mempersiapkan kenari untuk lomba sangat penting sekali supaya hasil yang didapatkannya bisa maksimal atau bahkan bisa juara dalam perlombaan.

Burung kenari sebenarnya tergolong jenis burung yang sangat mudah perawatannya jika dibandingkan dengan jenis burung-burung kicau lainnya lho. Burung kenari juga memiliki tingkat stres yang sangat rendah, jadi pemulihan kenari ketika nge-drop lebih cepat. Sehingga burung kenari memiliki keunggulan tersendiri, kita bisa menggunakan keunggulannya untuk membentuk burung kenari kita nantinya.

Setelah tim ahliperawatan.blogspot.com melihat (survei) sharing-sharing dari pada penangkar atau pecinta burung kenari dan membacanya diberbagai referensi, maka bisa disimpulkan bahwa ternyata untuk mendapatkan kenari juara atau juga bisa mengeluarkan performa suara yang maksimal dari burung kenari itu sendiri, maka kita harus bisa menyesuaikan perawatan kenari itu sendiri berdasarkan dari karakter burung kenari tersebut.

Memang tidak sebentar sih untuk mengetahui karakter dari burung kenari kita. Tentunya kita perlu melakukan suatu uji coba perawatan bagi kenari yang tepat, sehingga nantinya akan mendapatkan perawatan untuk burung kenari lomba yang tepat dengan burung kenari kita. Untuk selengkapnya simak saja sajian tahapan-tahapan dibawah ini agar mudah untuk dipahami.

Tips Perawatan Khusus Kenari Lomba

Untuk memudahkan penyampaiannya tim 'ahliperawatan' sudah membagi beberapa tahapan-tahapannya. Sebelumnya memang tidak sebentar dalam hal membuat perawatan yang tepat dengan menyesuaikan burung kenari kita, misalnya saja ada kenari yang setelah diberi pakan kroto jadi bersuara terus, dan ada juga yang sukanya telur puyuh maupun lain sebagainya. Jadi, intinya kita harus menyesuaikan dari kesukaan kenari itu sendiri.

Perhatikan karakter kenari saat sebelum lomba
Jauh-jauh hari saat sebelum perlombaan perhatikan dahulu karakter dari kenari itu sendiri, lakukanlah percobaan perawatan atau istilahnya seperti trial and error terlebih dahulu. Misalnya saja kita berikan pakan telur puyuh lalu apa efeknya, kemudian berikan pakan kroto dan efeknya seperti apa setelahnya. Ketika sedang birahi, lakukan berbagai macam cara mengatasi kenari over birahi dan lihat cara mana yang cukup efektif untuk burung kenari kita.

Apakah dengan mandi secara rutin? Atau pemberian sayuran? Atau digandeng dengan kenari betina supaya kawin? Nah, kita sesuaikan dengan burung kenari kita dan cari metode yang paling efektifnya sesuai dengan karakter kenari itu sendiri. Setelah kita memahaminya, maka kita tidak akan kesulitan untuk melakukan setelan pada kenari nantinya.

Pola perawatan kenari untuk perlombaan
Setelah mengetahui karakter kenari kesayangan kita, maka bisa dipadukan dengan perawatan kenari sebelum lomba yang telah banyak dilakukan oleh para kicau mania. Perawatan tersebut dimulai dari H-7 atau seminggu sebelum perlombaan kenari.

  1. H-7 burung kenari diisolasi dari melihat burung kenari lain atau juga mendengarkan suara kenari lainnya. Kenari disendirikan dahulu.
  2. Setiap pagi kenari semprot dengan air hingga basah, terkecuali saat cuaca sedang dingin sebaiknya dihindari dulu untuk memandikan kenari.
  3. Jemur burung kenari hingga kering atau tergantung seberapa kuat burung kenari bertahan, sesuaikan untuk masing-masing dari kenari itu sendiri.
  4. H-3 sebelum lomba, beri kenari pakan tambahan seperti buah apel dengan diselingi kroto ataupun telur puyuh. Sesuaikan saja.
  5. H-2 sampai H-1 saat sebelum lomba, burung kenari jangan dijemur berlama-lama cukup 30 menit saja. Selain itu berikan juga vitamin jika diperlukan.
  6. 1 jam sebelum kenari digantang, berikanlah telur puyuh atau juga kroto sesuaikan dengan kenarinya.
  7. Ketika di arena perlombaan, semprot kenari sedikit saja, jika nampak terlihat birahi semprotkan kenari sampai basah. Sesuaikan penggantangan kenari dengan karakternya.

Langkah-langkah diatas tersebut sesuai apa yang dikutip dari sumber infonya dari situs binatangpeliharaan.org.

Nah, seperti itulah kira-kira tips Perawatan Khusus Persiapan Kenari untuk Lomba tersebut. Semoga dengan dibuatkannya artikel tentang perawatan-perawatan untuk burung kenari ini bisa bermanfaat banyak bagi para kicau mania. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.