Header Ads

Cara Sederhana Mengobati Kenari Cacingan dan Ciri-cirinya

Cara Mengobati Kenari Cacingan dan Ciri-cirinya, Cara Mudah Mengobati Burung Kenari Cacingan, Gejala cacingan pada burung, jenis cacing yang sering menyerang

Cara Mengobati Kenari Cacingan dan Ciri-cirinya - Burung kenari kesayangan anda nampak lebih kurus dan kurang begitu bergairah? Makan yang banyak dan tercukupi namun tubuhnya tetap saja kurus kering (nyilet). Jika kenari anda mengalami masalah tersebut kemungkinan besarnya kenari terkena cacingan. Cacingan pada hewan jenis unggas memang kerapkali terjadi apalagi bagi jenis hewan unggas yang biasa menempel ke tanah.

Untuk burung kicauan seperti burung kenari ini meskipun tidak menginjak tanah dengan secara langsung namun cacingan bisa saja masuk melalui mana saja misalnya seperti air, makanan atau juga kandang yang lembab. Bahkan menurut artikel ilmiah yang dipublis oleh binatangpeliharaan.org tersebut menyatakan beberapa cacingan itu bisa menyebar melalui udara karena cacing banyak sekali ditemukan ditempat-tempat yang beriklim tropis misalnya pada negara Indonesia.

Burung kenari yang terkena cacingan jika anda biarkan maka bisa saja mengakibatkan kenari pada kematian sebab kenari tak bisa menyerap nutrisi dari tubuhnya sendiri, melainkan terserap oleh cacing tersebut. cacing yang ada didalam tubuh kenari juga bisa tumbuh dan bahkan menggerogoti organ-organ didalam tubuh kenari yang mana bisa mengakibatkan pada kematian pada kenari itu sendiri. Cacing juga mempunyai sifat bisa menular, jika terjadi kontak secara langsung dengan unggas lain dan bahkan pada manusia juga.

Tim ahliperawatan.blogspot.com disini sudah siap menjelaskan mengenai cara-cara dan ciri-ciri burung kenari cacingan tersebut. Simak langsung saja informasinya dibawah ini:

Tips Mengobati Kenari Cacingan

  1. Pisahkan burung kenari cacingan dari burung kenari lainnya, atau setidaknya jangan ditaruh berdekatan.
  2. Beli obat cacing (obat cacing merk anti cacing, herbolan dll) yang mana memang digunakan untuk burung. Pemberian obat tersebut bisa dicampurkan di minuman atau juga bisa secara langsung diteteskan pada burung kenari. Jika menggunakan obat cacing untuk manusia maka sebaiknya anda perhatikan dosisnya. Jika ingin menggunakan obat cacing alami bisa saja, namun membutuhkan waktu yang lumayan lama dan harus telaten. Obat alami untuk cacingan ialah bisa menggunakan biji pepaya, lempuyang, daun kelapa dan lain-lainnya. Pemberian obat silahkan anda atur sendiri, apakah airnya atau anda olah menjadi serbuk.
  3. Selama masa pengobatan sebaiknya hentikan dahulu pemberian pakan sayur dan buah.
  4. Berikan minuma air matang atau air kemasan.
  5. Secara rutin anda bersihkan sangkar serta aksesoris kandang supaya terhindar dari kotoran.

Cacingan memang alami bagi burung dan juga unggas dan datangnya periodik biasanya. Namun jika berlebihan, itu yang harus dihindari. Upaya pencegahannya supaya kenari anda tidak terserang cacingan yakni bisa anda lakukan diantaranya:
  1. Jaga air minum burung kenari, berikan hanya dari sumber yang bersih saja. Gunakan air kemasan asli jika diperlukan.
  2. Berikan pakan yang bersih, sayuran yang masih fres dan dicuci dahulu.
  3. Bersihkan kandang, jangan sampai kandang kenari kotor ataupun lembab sebab bisa jadi sumber cacing berkembangbiak.
  4. Jemur kandang dan burung kenari secara rutin.

Untuk informasi pelajaran yang satu ini sangat berguna sekali, dimana masih banyak informasi mengenai Cara Mengobati Kenari Cacingan dan Ciri-cirinya  tersebut ini belum banyak yang tahu khususnya bagi para pemula. Jadi, intinya informasi diatas sangat bermanfaat sekali lho. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.