Header Ads

Cara Sederhana Mengobati Kenari Mencret, Berak Kapur & Berak Hijau

Cara Mengobati Kenari Mencret, Berak Kapur, Berak Hijau, Cara Mengobati Burung Kenari Sakit Mencret / Berak Kapur, Cara Mengobati Kenari Mencret dan sesak Nafas

Cara Mengobati Kenari Mencret - Dalam memelihara burung kenari itu terkadang kita selalu menemui beberapa kasus pada burung kenari yang mempunyai masalah dengan sistem pencernaannya yakni burung kenari macet. Kotorannya seperti air, dan beraknya pun putih seperti kapur bahkan terkadang juga kotorannya berwarna hijau pekat. Jenis penyakit tersebut dinamakan 'Fowl Cholore' atau nama lain dari berak kapur, berak hijau dan mencret.

Penyakit tersebut ini biasanya menyerang burung merpati yakni dengan nama berak hijau. Penyebab utama berak hijau yaitu bakteri-bakteri yang banyak berkembang didalam kandang atau juga kondisi kandang burung yang tidak bersih, sehingga burung pun secara tak sengaja menginjak   atau juga memakan kotorannya sendiri yang menempel dengan makanan maupun minuman yang ada didalam kandang.

Biasanya jika burung kenari sudah terkena penyakit tersebut, maka apabila kita perhatikan dibagian temboloknya si makanan tidak akan turun. Hal ini adalah bentuk dari daya tahan tubuh burung kenari, tujuannya supaya makanan yang telah tercemar bakteri tak terserap oleh tubuhnya, maka dari itulah kotoran yang keluar dari kenari akan lebih cair dengan warna putih terkadang warna hijau yang mengandung empedu.

Untuk mencegah supaya kenari terhindar dari masalah mencret dan juga serangan bakteri-bakteri jahat yakni dengan cara membersihkan selalu kandangnya dan juga tempat minum atau makanan dan tangkringan burung tersebut juga. Memang kebanyakan dari kita terkadang biasanya malas untuk membersihkan kandangnya, apalagi jika burung kenari yang dipelihara sudah sangat banyak.

Oleh karena itulah kita harus menjaga jumlah burung kenari yang dipelihara supaya semua terawat dengan sangat baik. Lalu bagaimana jika burung kenari kita sudah terlanjur terserang mencret-mencret dan berak kapur?

Sebelum mengobati tentunya kita sudah paham apa faktor penyebab penyakit tersebut itu, penyebabnya yaitu karena bakteri jahat. Solusi yang sangat tepat untuk mengobati jenis penyakit tersebut ialah dengan memberikan obat-obatan yang mengandung antibiotik menurut tim ahliperawatan.blogspot.com tersebut.

Mengobati Kenari Berak Hijau

Menurut situs binatangpeliharaan.org yang membicarakan tentang cara-cara mengobati burung kenari mencret atau berak hijau, anda harus mengikuti beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan agar kenari anda cepat sembuh seperti semula.
  1. Pisahkan kenari yang sedang sakit dengan kenari yang lainnya. Penyakit tersebut sangat menular.
  2. Bersihkan tempat makanan serta aksesoris ditempat terpisah, lalu cuci dengan sabun.
  3. Jika burung kenari tak mau makan dan murung saja, maka berikan makanan yang ia sukai. Jika kenari suka kroto dan telur puyuh maka berikanlah makanan tersebut.
  4. Berikan obat-obatan yang mengandung antiobiotik pada burung kenari. Obat-obatan tersebut bisa anda dapatkan di toko pakan atau juga toko burung dengan merk seperti birdbloon, birdy-cillin, tetra clor dan lain sebagainya. Untuk dosisnya anda bisa lihat dibagian kemasannya.
  5. Jemur burung kenari dari jam 7-10 pagi.
  6. Lakukan hal tersebut hingga burung kenari sehat dan juga kotorannya sudah normal kembali.

Begitu dibuatkannya informasi tentang Cara Mengobati Kenari Mencret tersebut ini, semoga saja para pecinta yang memiliki masalah seperti diatas bisa mencoba langkah-langkah yang sudah dijelaskan dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.