Header Ads

Teknik Khusus Pengendalian Hama pada Sarang Walet

Teknik Khusus Pengendalian Hama pada Sarang Walet - Hama dan penyakit adalah sebuah hal yang perlu kita waspadai saat memelihara hewan, termasuk saat kita memelihara burung walet. Hama-hama yang datang dengan secara tiba-tiba akan membuat burung walet kita atau anda menjadi sakit. Hama dari mengakibatkan burung walet jatuh sakit.

Hama yang berada disekitar lingkungan burung walet tidak boleh anda abaikan. Jika hama-hama tersebut di abaikan, maka bisa saja burung-burung walet peliharaan anda akan terkena imbasnya. Ham-hama tersebut bisa dihilangkan dengan cara disemprot menggunakan pestisida.

Apa saja hama-hama yang bisa menyerang burung walet peliharaan anda?

Hama-hama yang akan menyerang burung walet yaitu ada tiga jenis hama. Disini tim ahliperawatan.blogspot.com siap menjelaskan apa saja ketiga hama-hama tersebut. Simak selengkapnya dibawah ini:

3 Hama-hama Yang Dapat Menyerang Burung Walet

Kutu
Kutu yang menjadi hama burung walet ada dua macam yakni kutu burung dan juga kutu busuk. Seperti yang dikutip dari trikburung.com bahwa kutu burung itu sama halnya dengan kutu busuk. Persamaannya ialah sama-sama bisa menghisap darah burung walet dewasa atau juga burung walet anakan. Kutu tersebut sangat berbahaya sekali bagi burung walet. Jangan menyepelekan jika terdapat kutu-kutu didialam gedung atau rumah sarang walet. Karena kutu bisa menghisap darah dari burung walet yang bisa mengakibatkan walet akan menjadi mati.

Teknik Pengendalian Hama Pada Sarang Walet, Metode Pencucian Sarang Walet Dengan Benar, Teknik Panen Sarang Walet Secara Benar

Bisa dikatakan kutu itu merupakan jenis hama yang sangat paling berbahaya bagi burung walet. Jika hiduppun tubuh burung walet akan mengering dan akhirnya burung walet pun juga akan mati. Kutu yang tidak segera anda basmi akan cepat berkembangbiak didalam gedung sarang walet. Nantinya kutu tersebut akan mematikan seluruh burung-burung walet yang berada didalam gedung atau rumah sarang walet jika tidak segera anda basmi.

Bagaimana sih cara membasmi kutu? Cara membasmi kutu pada gedung burung walet dengan menyemprotkan cairan pestisida diseluruh gedung sarang walet.

Semut
Tidak seperti hama kutu yang menyerang burung walet dewasa ataupun walet anakan. Semut menyerang burung walet anakan saja. Sama halnya seperti kutu, semut pun juga mampu mengakibatkan kematian pada burung walet anakan. Tetapi, biasanya semut--semut tersebut akan menyerang sarang-sarang burung walet dan kemudian mereka menyerang anakan burung walet tersebut.

Teknik Pengendalian Hama Pada Sarang Walet, Metode Pencucian Sarang Walet Dengan Benar, Teknik Panen Sarang Walet Secara Benar

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka sebaiknya anda periksalah kondisi sekitar gedung atau rumah sarang walet tersebut supaya semut-semut ini tidak bisa menyerang anakan burung walet. Jika hama semut sudah terlanjur ada didalam sarang walet, maka anda segeralah basmi semut dengan cara menaburi kapur jenis kapur semut disekeliling gedung sarang walet tersebut. Hal ini bisa membuat hama semut-semut pergi meninggalkan gedung sarang walet.

Kecoa
Kecoa adalah hama yang bisa menyerang sarang burung walet. Sarang burung walet bisa hancur karena ulah kecoa tersebut. Jika kecoa sudah berkembangbiak didalam gedung atau rumah walet, kemungkinan besarnya mereka akan menghabisi semua burung-burung yang ada didalam gedung sarang walet tersebut.

Teknik Pengendalian Hama Pada Sarang Walet, Metode Pencucian Sarang Walet Dengan Benar, Teknik Panen Sarang Walet Secara Benar

Bukankah hal itu akan merugikan anda jika gedung sarang walet dihabisi semua oleh kecoa? Untuk itulah hama kecoa harus dibasmi dengan cara menyemprotkan obat racun pembasmi kecoa. Namun harus anda ingat jangan berlebihan dalam menyemprotkan racun tersebut karena bisa mengakibatkan sarang burung walet menjadi basah dan tak layak untuk dipakai.

Dengan adanya Teknik Khusus Pengendalian Hama pada Sarang Walet tersebut ini, anda kini lebih mendapatkan tips-tips baru untuk mengatasi hama-hama yang akan menyerang gedung maupun rumah sarang walet anda kapan saja. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.