Header Ads

Pertolongan Pertama Untuk Anak Kucing yang Sekarat

Pertolongan Pertama Bagi Anak Kucing yang Sekarat, Kasihan kucing ini gan,sekarat gara2 kelaparan,kehujanan, The Black Cat's Diary: Pertolongan Pertama Pada Kucing

Pertolongan Pertama Untuk Anak Kucing yang Sekarat - Memikirkan hidup tanpa dibarengi dengan kucing kesayangan jelaslah bukan sesuatu yang disukai para pecinta kucing. Si manis, terutama jika ia masih kecil tentunya telah memberikan sebuah kebahagian yang tidak akan terlupakan bagi majikannya dan bahkan bisa memberi warna di hari-hari santai sampai hari-hari sibuk.

Baca juga : 3 Cara mudah Merawat Kucing Agar Gemuk dan Bulunya Bagus

Meskipun demikian, anda sebagai pecinta hewan kucing tentunya sangat menyadari betul bahwa si manis juga adalah mahluk hidup yang mungkin bisa mati atnpa harus menunggu tua. Hal ini tentunya dikarenakan oleh banyak faktor, mulai dari usianya yang memang tidak panjang sampai penyakit yang menyerang.

Apakah hal tersebut bisa dihindari?

Tentu saja hal semacam itu tidak bisa dihindari karena hidup dan mati adalah takdir, tetapi pada dasarnya ada beberapa langkah-langkah yang efektif untuk mengatasi anak kucing yang sedang sekarat yang dapat anda lakukan untuk menolongnya. Seperti dilansir oleh sukakucing.com jika penasaran sebaiknya simak selengkapnya dibawah ini:

Temukan dahulu faktor penyebabnya
- Salah satu cara untuk mengatasi si anak kucing yang sedang sekarat pada masa ini yaitu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Terdapat beberapa masalah-masalah yang mungkin menjadi faktor penyebab paling umum si anak kucing sekarat, antara lain;

  1. Hipotermia - Anak kucing, yang terutama baru lahir sangatlah rentan terkena hipotermia sebab mereka masih belum cukup mampu mengatur temperature dan juga sangat tergantung pada si indukan untuk mendapatkan kehangatan. Hipotermia ini adalah kondisi yang cukup berbahaya sebab mampu mengakibatkan peningkatan detak jantung serta pernapasan yang berujung pada kegagalan kardiovaskular. Hipotermia inilah yang bisa menyebabkan si kucing tak mampu mengolah makanan didalam tubuhnya sehingga tidak mempunyai asupan nutrisi cukup.
  2. Hipoglicamia - Anak kucing yang masih kecil mempunyai kemungkinan kadar gulanya rendah karena kurang mendapatkan asupan nutrisi. Masalah gangguan seperti ini bisa dilihat dari beberapa tanda-tandanya seperti hipotermia, lemas, menangis, kesulitan bernapas dan bahkan koma yang berujung pada kematian.
  3. Dehidrasi - Anak kucing pun juga rentan terkena dehidrasi jika tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup lho.

Tiga hal di atas tersebut adalah beberapa penyebab anak kucing sekarat. Tetapi tentu saja terdapat hal-hal lain yang bisa terjadi, mulai dari infeksi parasite sampai gangguan lainnya yang bisa beresiko terhadap kelangsungan hidup si anak kucing tersebut.

Lakukan pertolongan darurat
- Salah satu cara untuk mengatasi anak kucing sekarat ialah dengan melakukan sebuah pertolongan pertama sesuai dengan tanda-tanda penyakit yang ditunjukkan. Anda bisa untuk memberikan susu khusus untuk anak kucing jika ia ternyata mengalami dehidrasi.

- Anda juga bisa memberikannya lebih banyak kain dikandangnya agar memastikan sang anak kucing tetap dalam kondisi yang hangat. Anda yang sudah melakukan beberapa jal di atas tersebut, sebaiknya langsung membawa si anak kucing tersebut ke dokter hewan langganan anda kemudian didiagnosa serta melakukan tindakan tertentu.

Pasrah dan siapkan kondisi terbaik
- Pertolongan pertama dan juga tindakan yang dilakukan dokter hewan mungkin bisa menjadi cara efektif mengatasi anak kucing sekarat tersebut sekaligus membuat harapan hidupnya lebih panjang lagi. Akan tetapi terkadang hal ini juga tetap saja gagal dilakukan sebab kucing menunjukkan tanda-tanda kehilangan gairah hidup serta tidak aktif. Pada fase terakhir, mungkin saatnya anda untuk mencoba menerima kepergian si manis anda.

- Siapkan tempat yang terbaik bagi si anak kucing disaat akhir hidupnya. Kemudian atur penerangan supaya tidak terlalu silau ataupun terlalu redup supaya tak mengganggu si anak kucing. Pada masa seperti itu, usahakan supaya anda dan juga orang-orang disekitar tak menimbulkan keributan sebab akan semakin membuat kucing merasa stress. Anda pun juga bisa memberikannya pain killer supaya si manis tak merasa kesakitan. Dan ucapkan juga selamat tinggal kepada si manis yang mungkin akan segera meninggalkan anda selama-lamanya dalam waktu dekat.

Nah, seperti itulah cara Pertolongan Pertama Untuk Anak Kucing yang Sekarat untuk si manis anda dirumah. Semoga setelah menyimak ulasan ini anda bisa lebih tahu tentang bagaimana cara merawat, cara mengurus dan lain sebagainya pada kucing peliharaan. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.