Header Ads

Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Kucing Keracunan


Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Kucing Keracunan - Kucing adalah hewan yang cukup menjaga kebersihan pada tubuhnya, maka tidak jarang jika anda melihat kucing seringkali menjilat-jilati bulunya sendiri. Namun kebiasaan ini bisa membuat si kucing menelan berbagai macam bahan-bahan yang berbahaya yang bisa menyebabkan keracunan.

Lalu bagaimana cara mengatasi kucing keracunan?
Dan apa saja faktor penyebab kucing keracunan?

Sebelum ahliperawatan.blogspot.com membahas mengenai cara menangani kucing keracunan, anda beserta para pecinta kucing wajib mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor-faktor penyebab gejala kucing bisa keracunan?

Beberapa bahan-bahan yang bisa membuat kucing keracunan biasanya ialah dari makanan manusia yang terkandung zat kimia didalam makanan tersebut sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik. Selain itu juga, obat-obatan manusia, tanaman beracun, insektisida dan bahkan tikus yang terjangkit racun bisa menularkan pada si kucing peliharaan anda.

Jika kucing kesayangan anda sedang mengalami masalah keracunan, maka anda bisa melihat beberapa ciri-ciri dan gejalanya seperti yang ada dibawah ini:

Ciri-ciri Kucing yang Sedang Keracunan

Mencret atau diare
Seperti yang sudah dijelaskan oleh sukakucing.com bahwa salah satu ciri-ciri yang bisa anda perhatikan jika si kucing kesayangan anda mengalami keracunan yaitu mencret atau juga diare. Hal ini terjadi kepada hewan peliharaan bisa jadi disebabkan kurang pengawasan yang cukup. Selain makan ditempat kotor atau makanan sembarangan, faktor penyebab kucing mencret ialah karena sering minum sembarangan dan juga tidak tahu apakah minuman itu higienis atau telah terkontaminasi.

Jika kucing mengalami diare dan anda membiarkannya saja, maka akibatnya kucing mengalami dehidrasi dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada kucing kesayangan anda. Untuk itu, anda segeralah tangani jika kucing anda terlihat mengeluarkan kotoran yang tidak normal seperti diare atau juga mencret.

Muntah
Ciri-ciri kucing keracunan lainnya ialah muntah. Namun jangan terburu-buru untuk menyimpulkan bahwa si kucing muntah karena keracunan, bisa jadi kucing muntah karena makanan pengganti atau jenis baru. Jika kucing tersebut muntah karena makanan, maka terlihat jelas muntahan si kucing akan berupa makanan yang baru saja ia makan dan itu artinya makanan kucing tersebut tidak cocok pada sistem pencernaan si kucing.

  • Tanda-tanda kucing sedang mengalami keracunan lainnya ialah:
  • Kucing terlihat nafasnya tidak begitu lancar atau si kucing susah bernafas.
  • Kucing ingin mengeluarkan sesuatu dari mulutnya dengan batuk atau juga bersin.
  • Kucing terlihat depresi dan kucing menyendiri.
  • Sering buang air kecil.
  • Kucing menggigil, kejang-kejang hingga otot berkedut tanpa disengaja.
  • Air liur si kucing keluar lebih banyak dari biasanya.

Perlu anda ketahui bahwa kucing bisa keracunan tidak hanya masuk kedalam tubuh saja seperti terhirup ataupun makanan, tetapi bisa dikarenakan adanya sentuhan. Dampak negatif kucing yang dibiarkan saja tanpa kandang serta bebas keluar masuk rumah salah satunya bisa kontak langsung dengan zat-zat beracun didaerah kulit, gusi serta bantalan kakinya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kucing keracunan yang bisa dilakukan oleh para pecinta kucing? Simak informasi selengkapnya dibawah ini:

Pertolongan Pertama Mengatasi Kucing Keracunan

Bersihkan dengan air
Jika kucing kesayangan terkena racun karena kontak langsungg atau tersentuh bahan-bahan kimia dan sejenisnya, anda bisa mengatasinya dengan cara mencuci bagian tubuh si kucing yang terkena racun menggunakan air bersih. Usahakan anda mencuci bagian yang terkena itu secara berulang-ulang supaya racun yang menempel bisa dibersihkan secepatnya dan berdampak buruk nantinya.

Memberi penetral racun
Cara lainnya yang bisa anda coba dirumah jika kucing kesayangan terkena racun yaitu dengan cara memberi antidot racun atau penetral racun. Anda bisa membelinya dibberbagai petshop terdekat wilayah anda supaya mengetahui dosisnya yang tepat ketika anda memberikan pada si kucing tersebut.

Membawa kucing ke tempat udara yang segar
Faktor penyebab racun mengenai kucing tak hanya pada sentuhan langsung ataupun makanan saja, akan tetapi udara yang tercemar juga tak baik bagi kesehatan si kucing. Jika keracunan karena menghirup udara yang telah tercemar, maka segeralah anda bawa kucing kesayangan ke tempat yang mempunyai udara segar (udara alami), atau juga membawanya ke tempat yang banyak tumbuh pepohonan disekitarnya supaya kucing anda mendapatkan asupan oksigen yang cukup.

Membaca petunjuk pada kemasan obat
Salah satu faktor penyebab kucing keracunan lainnya ialah karena obat-obatan manusia yang telah anda berikan untuk mengatasi penyakitnya, justru malah memberinya dampak negatif terhadap kucing kesayangan. Cara atasi kucing keracunan karena obat-obatan manusia ialah dengan cara memeriksa kemasan obat tersebut. Biasanya terdapat beberapa tips pertolongan pertama buat menangkal racun akibat meminum obat tersebut.

Kira-kira seperti itulah ulasan perihal Pertolongan Pertama Cara Mengatasi Kucing Keracunan tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat dan berguna untuk dicontohkan para pecinta kucing. Terima kasih banyak dan semoga hewan peliharaan anda sehat selalu...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.