Header Ads

Kenali Faktor Penting Membuat Gedung Sarang Walet

Faktor Penting Membuat Rumah Sarang Walet, Hal Penting Sebelum Membuat Rumah Sarang Burung Walet, Teknik Membuat Rumah Sarang Burung Walet

Faktor Penting Membuat Gedung Sarang Walet - Dalam membuat gedung atau rumah sarang walet, ada beberapa faktor-faktor penting yang wajib terpenuhi. Jika faktor-faktor tersebut ini tidak dipenuhi, maka gedung atau rumah sarang walet belum bisa dikatakan layak untuk ditempati oleh burung walet. Saat membuat gedung sarang walet, pertama-tama anda tentukan lokasi gedung waletnya yang strategis, setelah itu desain dari gedung sarang walet tersebut.

Setelah kedua hal di atas sudah terpenuhi, hal-hal yang berikutnya ialah mempersiapkan segala sesuatunya seperti peralatan atau material yang akan dibutuhkan saat membangun gedung sarang walet. Semua material harus terpenuhi supaya pembangunan gedung sarang walet berjalan dengan lancar.

Tim ahliperawatan.blogspot.com akan menjelaskan mengenai peralatan apa saja yang harus terpenuhi untuk membuat gedung walet tersebut. Simak informasi selengkapnya dibawah:

Pengaturan kelembapan ruangan burung walet
Tahukah anda, kelembapan didalam ruangan sarang walet bisa mempengaruhi baik dan buruknya sarang-sarang walet. Jika kelembapan didalam ruangan tersebut terlalu tinggi, maka sarang-sarang walet akan menjadi lembek. Sedangkan untuk kelembapan yang stabil, maka sarang-sarang walet akan bagus dan tidak akan lembek.

Suhu didalam ruangan walet
Dikutip dari trikburung.com, burung walet itu paling tidak bisa berada di suhu yang terlampau dingin. Untuk itulah, sebelum gedung sarang walet dibuat, rancanglah dahulu bagaimana suhu didalam ruangan gedung walet tersebut. Suhu didalam ruangan pun juga perlu stabil dari waktu ke waktu lho. Pada suhu berapakah yang cocok didalam ruangan untuk burung walet? Jawabannya ialah pada suhu 28-30 derajat celcius. Untuk membuat gedung atau rumah sarang walet supaya tetap stabil perlu dilakukan beberapa hal berikutnya lho.

Pengecatan dinding
Dinding yang dicat harus dinding yang diluar saja. Untuk dinding dalamnya anda tidak perlu mencatnya. Kenapa begitu? Sebab pengecatan bisa membantu mengurangi proses penyerapan panas matahari atau jika suhu diluar terlalu dingin. Jadi, jika dinding luar sudah dikurangi penyerapannya suhu panas atau suhu dingin, maka didalam ruangan gedung walet suhunya menjadi stabil.

Pengaturan dinding
Dinding yang baik ialah dinding yang terbuat dari batu bata yang berwarna merah, bukan dari batu lainnya. Ketebalan dinding disuatu daerah memang berbeda-beda. Daerah yang bersuhu dingin, maka dinding yang baik ialah harus memiliki ketebalan antara 15-16 cm. Daerah yang bersuhu dingin dan dengan ketebalan dinding antara 15-16 cm bisa membantu jika suhu diluar dingin dan suhu didalam ruangan menjadi hangat.

Sebaliknya, daerah yang bersuhu panas , maka dinding yang baik itu ialah dinding yang mempunyai ketebalan antar 25-26 cm. Dinding yang berketebalan 25-26 cm tersebut bisa membantu suhu didalam ruangan menjadi sejuk.

Nah, untuk para penangkar burung walet sebaiknya harus mengetahui Faktor Penting Membuat Gedung Sarang Walet tersebut sebelum menangkarkan burung-burung walet kedalamnya agar burung walet betah untuk menempati gedung sarang walet buatan anda. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.