Header Ads

Contoh Desain Sederhana Rumah Sarang Walet Cepat Huni

Desain Gedung Rumah Walet Yang Cepat Di Huni, Madifa Swiftlet: (Seri 2), Merancang rumah walet, Contoh Desain Rumah Walet Paling Bagus dan Berkualitas
Contoh Sederhana Rumah Sarang Walet Cepat Huni - Burung walet sangat menyukai tempat-tempat yang nyaman dan aman untuk burung walet tersebut. Terlebih lagi sifat burung walet yang hidupnya berkelompok. Contohnya saja ketika burung walet hidup di alam liar. Burung walet yang hidupnya di alam liar biasanya rumah yang mereka temapti adalah gua. Gua-gua yang mereka tempati tidaklah sembarangan. Harus gua yang nyaman dan bisa menjadi tempat tinggal burung walet.

Begitu juga jika burung walet dibudidayakan oleh seorang manusia. Gedung atau rumah untuk sarang burung walet harus dibuat senyaman mungkin agar burung walet mau menempati gedung atau rumah buatan tersebut. Sebelum anda memelihara burung walet, hendaknya anda mendesain terlebih dahulu rumah yang akan dihuni untuk walet tersebut agar burung walet merasa aman dan nyaman. Dalam pembuatan gedung atau rumah walet terdapat beberapa hal yang wajib dipenuhi bagi para pembudidaya burung walet tersebut. Diantaranya ialah :

  • Gedung atau rumah burung walet harus jauh dari adanya aktivitas manusia. Burung walet sangat tidak menyukai kebisingan yang ditimbulkan oleh aktivitas dari manusia.
  • Gedung atau rumah burung walet harus jauh-jauh dari binatang pengganggu yang sekiranya bisa membahayakan keselamatan dari burung walet tersebut.
  • Gedungg atau rumah burung walet harus ditempat suhu yang normal.

Dalam membuat gedung atau rumah walet, anda harus menentukan ukuran gedung atau rumah burung walet tersebut yang akan anda buat. Pada umumnya, untuk burung walet dewasa ukuran rumahnya panjang 5 m x lebar 12 untuk 2 lantai.

Tetapi, saat anda membuat rumah sarang walet terdapat beberapa hal-hal yang paling utama yang wajib anda buat. Diantaranya ialah :

Lubang untuk masuk burung walet.
Saat burung walet hendak masuk kedalam rumah atau gedungnya, ia tentu akan melewati satu lubang. Lubang tersebut dinamakan lubang masuk burung walet. Tanpa adanya lubang tersebut, walet tidak akan bisa masuk kedalam rumah maupun gedung walet. Dalam membuat lubang masuk untuk walet, harus disesuaikan dengan lokasii rumah atau gedung burung walet tersebut dibuat. Apabila rumah burung walet dibuat ditempat yang banyak sekali hewan pengganggu, maka lubang-lubangnya bisa dibuat ukuran kecil. Begitu pula sebaliknya.

Lubang ventilasi rumah burung walet
Lubang ventilasi sangatlah berguna sekali untuk burung walet. Tanpa lubang ventilasi, burung walet tidak akan bisa bernapas dan pada akhirnya walet-walet tidak betah menetap dirumah atau gedung buatan anda tersebut. Selain sebagai wadah keluar masuknya udara, fungsi ventilasi ini juga sebagai pengatur kelembapan didalam rumah maupun gedung walet buatan tersebut.

Pintu masuk kedalam gedung burung walet
Fungsi pintu masuk orang ialah agar saat seseorang ingin memasuki rumah atau gedung sarang walet tersebut, mereka sudah tinggal masuk saja karena terdapat adanya pintu masuk kedalam gedung walet. Disarankan, pintu masuk harus terbuat dari besi agar seseorang yang ingin mencuri sarang walet tidak bisa masuk kedalam rumah maupun gedung sarang walet tersebut.

Seperti itulah informasi perihal Contoh Sederhana Rumah Sarang Walet Cepat Huni tersebut. Bagi anda yang ingin membudidayakan burung walet dan ingin membuat gedung sarang walet sendiri, maka sebaiknya ikuti aturan-aturan di atas ini agar budidaya walet anda berjalan dengan lancar. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.