Header Ads

Cara Beternak Lovebird Khusus untuk Pemula

Cara Ternak Burung Lovebird Untuk Pemula Lengkap, Cara Beternak Lovebird Yang Terbukti Berhasil, Begini Cara Ternak Burung Lovebird Bagi Pemula Yang Benar

Cara Beternak Lovebird Khusus untuk Pemula - Burung lovebird tersebut banyak yang mengatakan jika burung peliharaan tersebut masuk dalam kategori jenis burung cinta sesuai namanya, burung lovebird merupakan jenis burung yang pintar dan juga mudah untuk diternak tanpa harus mempunyai pengalaman khusus. Cara beternak burung lovebird itu sebenarnya cukup mudah, namun yang paling penting dan paling utama ialah anda memang benar-benar hobi dalam memelihara burung, agar saat memelihara dan beternak burung lovebird tidak putus ditengah-tengah jalan, maka jadinya semua akan terbengkalai.

Sebelum anda melangkah untuk beternak burung lovebird, mungkin tidak ada salahnya jika anda lebih mengenal dekat mengenai burung lovebird tersebut. Sebab pengetahuan dalam tata cara pemeliharaan pun juga harus anda butuhkan nantinya untuk menjaga sesuatu hal yang tidak anda inginkan.

Burung lovebird mempunyai ukuran kecil mencapai 12-18 cm, dan jenis burung lovebird sendiri berasal dari negara Afrika. Sesuai dengan namanya burung lovebird bisa dikatakan jenis burung yang paling setia terhadap pasangannya.

Tips Beternak Lovebird Khusus untuk Pemula

Untuk beternak burung lovebird sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, hampir sam dengan jenis burung-burung lainnya seperti murai dan juga kenari, sebelum anda melakukan ternak burung sebaiknya carilah dahulu indukan lovebird yang mempunyai kualitas unggul. Sebab jika indukan lovebird berkualitas, maka keturunannya pun juga ikut berkualitas. Pemilihan induk lovebird bisa dilakukan dengan melihat ciri-ciri fisik dari lovebird yang akan ditangkarkan keadaannya sehat dan tak memiliki kecacatan.

Pastikan juga indukan lovebird mempunyai gerak lincah, mata bening bersinar dan juga mampu mengalami pertumbuhan yang sempurna. Akan lebih bagusnya lagi jika membeli indukan lovebird anda langsung saja mendatangi lokasi khusus penangkaran burung lovebird tersebut. Hal ini agar menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Jika anda langsung mendatangi penangkaran lovebird maka anda langsung bisa mengetahui mana lovebird yang berkualitas baik dan poinnya anda bisa mengetahui asal-usul dari indukan lovebird itu sendiri.

Sarab dari tim ahliperawatan.blogspot.com untuk pemula, anda wajib mengetahui kunci sukses dalam beternak burung lovebird yakni kualitas indukan yang digunakan akan semakin bagus dan juga berkualitas indukan lovebird tersebut, maka hasil akhirnya yang akan anda dapatkan ialah sangat memuaskan.

Tata Cara Menjodohkan Lovebird

Jika indukan lovebird sudah anda dapatkan, maka langsung saja kita ke tahap yang selanjutnya yakni ke bagian perkawinan atau penjodohan dari lovebird itu sendiri. Menjodohkan burung lovebird tidak sesulit jenis burung-burung lainnya. Cara yang paling sederhana ialah dengan cara meletakkan kedua indukan lovebird dalam sangkar mereka masing-masing secara berdekatan, dan biarkan kedua indukan tersebut saling melakukan penjajakan untuk pengenalan, amati dan selalu anda perhatikan gerak-gerik dari kedua indukan lovebird saat didekatkan tersebut. Ingat, jangan diletakkan didalam satu sangkar, tetapi sangkar yang berbeda dan anda taruh saling berdekatan.

Proses penjodohan lovebird akan memakan waktu selama satu minggu. Jika kedua indukan sudah ada kecocokan dengan ditandai indukan saling berdekatan, saling berkicau, lovebird jantan kelabakan ingin masuk kedalam kandang lovebird betina, maka bisa dikatakan kedua indukan tersebut sudah waktunya untuk disatukan dalam satu kandang.

Pastikan setelah dilakukannya perjodohan dan tidak ada perkelahian. Namun jika anda masih menemui kedua indukan lovebird saling mengejar dan berkelahi, maka sebaiknya pisahkan kembali keduanya karena itu bisa menyebabkan salah satunya mengalami kematian akibat serangan dari salah satu indukan yang terlalu agresif, biasanya indukan jantan yang melakukan hal tersebut.

Begitu juga dengan sebaliknya, apabila kedua indukan sudah akur dan saling berdekatan, maka masa perjodohan tersebut sudah sempurna dan induk betina tak lama lagi akan melakukan proses bertelur, maka dari itu sebelum anda melakukan perjodohan sebaiknya persiapkan dahulu tempat sarang untuk indukan lovebird betina bertelur.

Seperti kotak sangkar dan juga beberapa perlengkapan lainnya yang nantinya anda butuhkan. Pastikan juga si indukan yang anda gunakan sudah cukup umur, karena itu akan lebih bagus jika kedua indukan lovebird sudah mencapai lebih dari satu tahun. Di masa-masa tersebut reproduksi dan sel-sel telur indukan betina sudah sempurna dan sangat matang.

Perawatan Lanjutan Untuk Indukan Lovebird

Perawatan lanjut ini meliputi jenis-jenis pakan yang akan digunakan untuk kedua indukan lovebird baik pada masa perjodohan dan sampai menetaskan telurna. Sesuai pakan alami untuk lovebird ialah sangat beragam yakni jewawut, milet jagung dan pakan tambahan lainnya seperti buah-buahan.

Dikutip dari trikburung.com, pastikan saat indukan lovebird sudah mulai mengeram dan aman dari segala ancaman yang membuat indukan tidak tenang, misalnya saja seperti suara bising, tempat sangkar yang tidak nyaman yang bisa bikin indukan naik turun dari sangkarnya. Hal itu bisa berdampak pada telurnya yang sedang di engkrami akan gagal menetas akibat suhu dalam proses pengeraman tidak stabil.

Masa penetasan telur memakan waktu selama 21-23 hari, dan itu hampir sama dengan telur-telur dari ayam kampung. Jika telur sudah menetas, pastikan sampai usianya 10 hari anakan lovebird biarkan saja di asuh oleh induknya sendiri. Yang harus anda sediakan ialah pakan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan yang nantinya indukan akan menyuapi anak-anaknya sendiri sampai anakan sudah mampu untuk mencari pakan sendiri.

Jangan lupa air minumnya juga harus anda siapkan setiap harinya dalam kondisi segar dan baru. Setelah anakan lovebird mencapai usia satu bulan, maka jika ingin anda sapih atau pisahkan anakan dari indukan, sudah saatnya agar indukan bisa menghasilkan anakan kembali. Cara ini akan sangat efektif jika anda terapkan khusus di ternak dan jual beli lovebird, yang mana hal tersebut akan lebih cepat menghasilkan anakan lovebird dengan cepat.

Semoga setelah anda menyimak artikel tentang Cara Beternak Lovebird Khusus untuk Pemula ini bisa membantu anda dalam berwirausaha. Dimana jika anda tertarik untuk berbisnis ternak burung lovebird, maka syarat-syarat bagi pemula harus anda ketahui dan pahami agar bisnis berjalan dengan lancar. Terima kasih banyak...

Sumber berita : http://mellazahra.blogspot.com
Diberdayakan oleh Blogger.